Bisnis  

10 Juta Gen Z Menganggur, Target Indonesia Emas 2045 Kian Sulit Dicapai

Tingginya jumlah pengangguran Untuk kalangan muda meredupkan pencapaian cita-cita Indonesia Emas 2045. FOTO/Ilustrasi

JAKARTA – Indonesia digadang-gadang Memiliki Potensi Sebagai melesat menjadi Negeri maju Di 2045 ditunjang Dari bonus demografi, Di mana 70% penduduknya Untuk usia produktif. Tetapi, fakta terkini Menunjukkan bahwa Bisa Jadi Akansegera butuh waktu lebih lama Sebagai mewujudkan cita-cita tersebut.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), setidaknya ada 10 juta generasi Z Di Indonesia ditemukan tidak bekerja, Malahan tidak mengenyam Belajar. Kemakmuran yang dialami generasi yang Di Untuk puncak masa produktif itu disebut membuat visi Indonesia Emas 2045 meredup. Ekonom senior Indef Tauhid Ahmad menilai, Kemakmuran itu membuat Indonesia Lebih jauh Untuk pencapaian target Indonesia Emas 2045.

“Syarat tercapainya Indonesia emas 2045 itu kan ada dua, pertama Perkembangan ekonomi Di 6-7%. Kedua, kita keluar Untuk middle income trap. Keduanya masih berat Sebagai dicapai Pada ini,” ujar Tauhid Ahmad, Sabtu (25/5/2024).

Tauhid mengatakan, 10 juta pengangguran tersebut menyebabkan kemunduran Bagi ekonomi Indonesia, Kendati masih mencatatkan Perkembangan Di angka 5%. Menurut Tauhid, jutaan pengangguran yang harusnya menjadi bonus demografi tersebut kini justru menjadi beban.

“Artinya bonus demografi terkini tidak bisa dimanfaatkan sebagai tenaga kerja produktif Supaya memperbesar middle income trap. Ini perlu ditangani secara serius,” cetusnya. Konsekuensi Untuk tidak berkurangnya jutaan pengangguran ini, tegas dia, adalah visi Indonesia emas 2045 Akansegera membutuhkan waktu lebih lama lagi Sebagai bisa dicapai.

Diketahui, BPS menyebutkan hampir 10 juta penduduk usia muda atau Gen Z Bersama rentang usia 15-24 tahun menganggur. Untuk angka tersebut, sebanyak 5,73 juta Di antaranya merupakan perempuan dan 4,17 juta lainnya laki-laki.

Deputi Bidang Kependudukan dan Ketenagakerjaan Bappenas/Kementerian PPN Maliki menyebut, ada beberapa langkah yang seharusnya diambil Dari pemerintah Sebagai mengatasi masalah ini. Salah satu yang utama menurutnya adalah Bersama memperbaiki sistem Belajar.

“Kami menekankan satu, sistem Belajar itu tentunya harus Memperbaiki Inspirasi mereka. Bisa melihat cita-cita mereka apa, mau bekerja seperti apa, dan sebagainya,” kata Maliki, belum lama ini.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: 10 Juta Gen Z Menganggur, Target Indonesia Emas 2045 Kian Sulit Dicapai