Apa Itu Mie Ongklok? Sajian Masakan Khas Wonosobo yang Gurih Mantap

Jakarta

Mie ongklok adalah hidangan otentik khas Wonosobo yang disajikan Di irisan kol, daun kucai, dan tempe kemul. Ketika Berwisata Di Daerah Jawa Di, jangan sampai melewatkan Masakan ini.

Sajian mie ongklok Lebihterus menggugah selera tatkala disiram Di kuah kental yang rasanya gurih nan mantap Penasaran Di Masakan khas Wonosobo ini? Yuk, intip ulasan selengkapnya Di artikel berikut.

Asal-usul Masakan Mie Ongklok

Dikutip Di laman Di-Di khas Wonosobo, hidangan mie ongklok ditemukan seorang juru masak yang Sebelumnya Itu bekerja Di warung bakmi. Setelahnya berkali-kali bereksperimen mengolah mie,akhirnya berhasil diciptakan mie ongklok.


Setelahnya menemukan mie ongklok, juruk masak tersebut menjual sendiri masakannya. Di luar dugaan, mie ongklok justru disukai Kelompok dan menjadi Dibagian Di Masakan legendaris Daerah Wonosobo.

Kata ongklok Di mie ongklok berasal Di peralatan yang digunakan Di memasak. Ongklok adalah keranjang kecil Di anyaman bambu yang berfungsi Sebagai mengaduk mie. Di situlah, Masakan mie ini pun disebut sebagai mie ongklok.

Proses Pembuatan Mie Ongklok

Bahan-bahan yang diperlukan Sebagai membuat mie ongklok cukup sederhana. Proses pembuatan mie ini biasanya menggunakan mie, irisan daun kucai, dan sayur kol. Lalu, mie diolah Di cara dicelupkan beberapa kali Di air mendidih hingga matang.

Mie ongklok yang sudah matang disajikan bersama siraman kuah kental Di campuran udang kering, saripati singkong, serta campuran gula merah dan bubuk kacang. Sebagai menambah cita rasa, mie ongklok biasa disajikan Di tambahan tempe kemul, sate daging sapi, dan keripik tahu.

5 Rekomendasi Tempat Makan Mie Wonosobo

Untuk detikers yang penasaran Di kelezatan mie ongklok asli Wonosobo, berikut sederet tempat makan mie ongklok yang bisa menjadi pilihan:

1. Mie Ongklok Pak Muhadi

Mie Ongklok Pak Muhadi termasuk tempat makan mie ongklok legendaris Di Wonosobo yang selalu ramai pengunjung. Berdiri Dari tahun 1966, kios Mie Ongklok Pak Muhadi terletak Di jalan Ahmad Yani No.1. Di harga yang ramah Di kantong, kamu sudah bisa mencicipi semangkuk mie ongklok hangat bersama sate sapi yang rasanya nampol Di lidah.

2. Mie Ongklok Longkrang

Tak jauh Di objek wisata Dieng, ada kedai Mie Ongklok yang sudah berjualan Dari tahun 1975, namanya Mie Ongklok Longkrang. Sebagai menikmati 1 porsi mie ongklok, kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp 12.000 saja. Lokasi Mie Ongklok Longkrang berada Di Jalan Pasukan Ronggolawe No. 14. Kedai klasik ini buka Di jam 9 pagi hingga jam 10 malam.

3. Mie Ongklok Bu Umi

Tempat makan mie ongklok ini juga bisa menjadi alternatif Di lagi berkunjung Di Daerah Wonosobo. Mie Ongklok Bu Umi berlokasi Di Jalan Masjid Kauman Utara, Wonosobo, Jawa Di. Mengutip Di laman Instagram @menumakanjogja, warung mie ini tak hanya menjual mie ongklok, tetapi juga menawarkan berbagai variasi menu sate seperti sate sapi, ayam, dan kelinci. Harga menunya pun relatif terjangkau mulai Di Rp 10.000.

4. Mie Ongklok Bu Kris Khas Wonosobo

Mau coba mie ongklok tapi nggak bisa pergi langsung Di Wonosobo? Damai saja, kamu bisa mencobanya Di kedai Mie Ongklok Bu Kris yang beralamat Di jalan Percetakan Negeri IV, Johar Terbaru, Jakarta Pusat.

Mie ongklok racikan bu Kris yang dihidangkan Di topping saus kacang dan sayuran dijamin nggak kalah nendang Di rasa mie ongklok yang ada Di Wonosobo. Melihat Di rating Di Google, banyak pelanggan yang cukup puas Di rasa mie ongklok yang disajikan Di kedai ini.

5. Mie Ongklok Pak Bejo

Mie Ongklok Pak Bejo termasuk warung mie terkenal Di Bogor yang sering Karena Itu langganan Seniman-Seniman, lho. Untuk warga bogor dan sekitarnya, kamu bisa langsung menjajal Mie Ongklok Pak Bejo yang berlokasi Di jalan Pangeran Sogiri, Tanah Terbaru, Bogor Utara.

Menu mie ongklok Di warung ini juga nggak Akansegera bikin kantong bolong. Sebagai seporsi mie ongklok original dibanderol seharga Rp 10.000. Sedangkan mie ongklok bakso dan pangsit dibanderol Rp 15.000.

Nah, itu dia ulasan seputar mie ongklok, Masakan mie gurih yang menjadi ikon Wonosobo. Apakah kamu tertarik mencoba hidangan mie lezat ini?

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Apa Itu Mie Ongklok? Sajian Masakan Khas Wonosobo yang Gurih Mantap