5 Bahaya Starlink Di Indonesia, Bisa Monopoli Pasar hingga Buat Banyak Perusahaan Bangkrut

Starlink bisa membawa dampak buruk Di industri Komunikasi Di Indonesia, jika tidak diregulasi Didalam baik. Foto: Sindonews/Danang Arradian

JAKARTA – Bahaya Starlink Di Indonesia kini Ditengah Dari Sebab Itu topik yang hangat diperbincangkan. Terlebih Setelahnya Elon Musk Terbaru saja Merasakan karpet merah Sebagai berjualan Starlink Di Indonesia.

Starlink merupakan proyek Pembaruan konstelasi satelit yang Lagi dijalankan Dari perusahaan Amerika Serikat bernama SpaceX. Proyek ini bertujuan Sebagai Menampilkan sebuah sistem komunikasi Jaringan berbasis satelit yang Memiliki Penampilan tinggi serta Didalam harga yang sangat terjangkau.

Keberadaan Starlink Di Indonesia ini diharapkan dapat membuat Lokasi-Lokasi terpencil bisa terjangkau Jaringan. Ini tentunya merupakan prospek yang baik, Tetapi Di sebuah Pembaharuan pastilah selalu ada pro dan kontra.

Malahan Anggota Komisi VI Wakil Rakyat RI Evita Nursanty cukup khawatir Akansegera kemunculan Starlink Di Indonesia yang menurutnya dapat mematikan pasar perusahaan Komunikasi lokal. Berikut ini beberapa bahaya Starlink Di Indonesia.

5 Bahaya Starlink Di Indonesia

1. Starlink Bisa Monopoli Pasar

Di kanal yotube Teknobie, disebutkan jika Starlink Memiliki unfair advantage atau keuntungan Di persaingan yang tidak adil. Mengingat Pada ini seluruh perusahaan penyedia Jaringan Di Indonesia harus melakukan berbagai hal Sebagai membangun jaringan Jaringan Agar Memiliki cost atau biaya yang lebih mahal.

Regulasi yang tidak cukup ketat Yang Berhubungan Didalam layanan Jaringan satelit seperti Starlink dapat menyulitkan operator Komunikasi lokal Sebagai bersaing Didalam perusahaan Asing yang Memiliki kemampuan besar.

Jika biaya langganan Starlink turun drastis seperti yang direncanakan Dari perusahaan, dikhawatirkan operator Komunikasi lokal Di Indonesia Akansegera kesulitan bersaing Di hal harga layanan Jaringan. Hal ini dapat mengarah Di penurunan jumlah pelanggan yang beralih Ke Starlink.

2. Tidak Memiliki Kantor Di Indonesia

Meski Starlink sudah menjual produknya Ke Indonesia, Tetapi sampai Pada ini perusahaan tersebut masih belum Memiliki kantor Di Indonesia.

Hal ini Akansegera membuat User Starlink kesulitan jika terjadi masalah Di produk yang dimiliki. Di Di Itu, produk SpaceX ini juga tidak menjamin fasilitas yang diberikan Akansegera selalu lancar.

3. Bangsa Bisa Kehilangan Kontrol atas Infrastruktur Komunikasi

Ketergantungan Di layanan Jaringan satelit seperti Starlink yang dioperasikan Dari perusahaan Asing dapat mengakibatkan Bangsa kehilangan kontrol langsung atas infrastruktur komunikasi, membatasi kemampuan Sebagai Memutuskan tindakan darurat atau koordinasi Di situasi konflik.

Semua alat sadap milik KPK, BIN, Polri, Kejaksaan Akansegera tidak berguna Lantaran tidak ada akses Ke Starlink. Terdapat pula kemungkinan campur tangan Asing Di operasional komunikasi.

4. Kemungkinan Terjadi Tindak Kejahatan Penyalahgunaan Data

Tak hanya itu, ancaman akses yang tidak diinginkan Dari Bangsa Asing atau entitas jahat Di infrastruktur satelit dapat mengakibatkan serangan siber seperti mata-mata atau penyalahgunaan data, yang dapat merugikan Perlindungan nasional.

Hal ini dikarenakan Starlink tidak mengikutsertakan NOC (Network Operation Center) dan NAP (Network Access Provider) lokal Agar dapat menghambat kemampuan pemerintah Di mengawasi dan Menantikan potensi ancaman Perlindungan siber.

5. Perusahaan Komunikasi dan Jaringan Di Indonesia Bisa Bangkrut

Hal ini saling berhubungan Didalam monopoli yang besar kemungkinan bisa dilakukan Dari Starlink. Jika memang perusahaan Jaringan ini mampu memonopoli pasar Di Indonesia, bukan tidak Mungkin Saja jika seluruh Komunitas nantinya hanya Akansegera menggunakan layanan Starlink saja.

Mengingat apa yang dimiliki Starlink Pada ini memang tidak dimiliki Dari seluruh penyedia jasa Komunikasi dan Jaringan Di Indonesia. Hal ini jugalah yang Lagi disorot Dari banyak pihak Yang Berhubungan Didalam pro kontraStarlink.

(dan)

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: 5 Bahaya Starlink Di Indonesia, Bisa Monopoli Pasar hingga Buat Banyak Perusahaan Bangkrut