Kencing Suka Netes-netes? Post-Void Dribble Namanya, Bisa Bersama Sebab Itu Masalah Prostat


Jakarta

Adanya masalah Di prostat kerap tidak disadari, padahal gejalanya mudah sekali dikenali. Mulai Untuk sering kencing, hingga susah kencing dan kadang-kadang kencing tidak tuntas.

“Bukan nyeri, justru paling sering 70 persen gejalanya kencing malem, kebangun malem. Lalu sering kencing day time, kebiasaan sering kencing, sulit nahan kencing, kadang sampai ngompol,” kata dr Adistra Imam Satjakoesoemah, SpU, FICS, Praktisi Medis urologi Untuk RS Abdi Waluyo, Untuk perbincangan Bersama detikcom Mutakhir-Mutakhir ini.

Di Umumnya, masalah Di prostat dapat ditandai Bersama Tanda-Tanda yang disebut LUTS (lower urinary tract symptoms). Selain yang sudah disebut Di atas, Tanda lain seperti sering ngeden Pada kencing dan weak flow atau kencing lemah juga bisa menandakan adanya obstruksi Di saluran kemih atau uretra.


“Bisa juga, udah kebelet kencing nih, pas buka celana kagak keluar. Namanya hesitancy, ragu-ragu Untuk kencing, sulit Untuk mulai kencing. Itu juga Tanda,” terang dr Adistra.

Tanda lain yang kerap ditemui adalah kencing yang tidak tuntas. Kencingnya sih bisa-bisa saja, tetapi selalu terasa ada sisa.

“Dan yang terakhir namanya post void Dribble, Bersama Sebab Itu udah kencing netes-netes. Pakai celana Untuk, keluar itu juga bisa,” jelasnya.

Tanda-Tanda yang dikategorikan sebagai LUTS tersebut dapat menyertai gangguan prostat yang memicu obstruksi Di uretra, atau disebut Bladder Outlet Obstruction (BOO). Bisa berupa Benign Prostatic Hyperplasia (BPH) atau perbesaran prostat jinak, maupun kanker prostat yang disertai obstruksi Di uretra.

“Bukan nyeri ya. Nggak ada tuh, kalau nyeri kita ngomong pasti ada sesuatu Untuk luka atau radang,” tegas dr Adistra.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Kencing Suka Netes-netes? Post-Void Dribble Namanya, Bisa Bersama Sebab Itu Masalah Prostat