Anak Telanjur Kecanduan Jajan Manis? Begini Cara Mengatasinya Kata Pakar Gizi


Jakarta

Pakar gizi Kelompok dr Tan Shot Yen, Mhum menuturkan ada beberapa cara yang bisa dilakukan orang tua Bagi mengatasi ‘kecanduan’ gula Ke anak. Terlalu banyak mengonsumsi jajanan manis dapat Memperbaiki risiko berbagai Gangguan seperti diabetes tipe dua Ke masa Didepan.

dr Tan menuturkan umumnya anak Merasakan ‘kecanduan’ gula Lantaran tidak ada pilihan alternatif lain yang diberikan Ke anak. Ia juga mengingatkan bahwa orang tua harus berhati-hati apabila ingin Memperkenalkan rasa manis Ke anak.

Daripada menggunakan jajanan Di tambahan gula Bagi Memperkenalkan rasa manis, dr Tan menyarankan cara-cara lain yang bisa dilakukan misalnya menggunakan buah-buahan segar yang sehat.


“Kelompok kita serba mengguyub itu anak jatuh Di kecanduan belum tentu Lantaran ibunya yang ngasih, bisa Karena Itu misalnya neneknya iseng membelikan wafer. Itu tantenya kalau pulang kantor, ‘Nih ada coklat’ gitu,” kata dr Tan Untuk sebuah konferensi pers virtual, Rabu (22/5/2024).

“Supaya disayang Di keponakannya. Karena Itu orang kita itu punya kebiasaan kalau mau disayang sama anak itu harus diupahin sama yang namanya Konsumsi dan nggak ada yang lain,” sambungnya.

Terdapat dua cara yang bisa dilakukan orang tua Bagi mengatasi kecanduan gula Ke anak. Langkah pertama adalah Di menciptakan ‘kecanduan’ lain Di kebiasaan lebih baik.

Hal ini perlu dilakukan agar anak lebih fokus Ke hal lain yang Bisa Jadi lebih bermanfaat. Ke Di Itu, ganti juga hadiah Konsumsi Di hal lain sebagai bentuk apresiasi Ke anak. Seperti yang diketahui, Konsumsi sering digunakan sebagai hadiah Bagi anak.

“Ciptakanlah kecanduan yang Terbaru seperti misalnya kecanduan belanja buah, kecanduan bikin kudapan. Kan anak-anak itu suka diajak berinteraksi diajak bareng gitu,” jelasnya.

Cara kedua yang bisa dilakukan Bagi mengatasi kecanduan jajanan manis Ke anak adalah komitmen penuh Untuk orang tua Bagi membatasi konsumsi manis, khususnya Ke Tempattinggal. Terlebih kebiasaan jajan manis biasanya dikenalkan terlebih dahulu Di orang tua.

Lantaran itu, jika orang tua juga Memperoleh kebiasaan konsumsi Konsumsi atau minuman manis, sebaiknya dihentikan secara total agar anak juga bisa ikut mencontohnya.

“Tempattinggal harus kerja keras, harus sepakat bahwa kita nggak bicara lagi tentang gula. Karena Itu kalau misalnya mamanya sudah kecanduan coklat, ayahnya sudah kecanduan es Minuman Kafein pakai kental manis, itu kental manis itu harus sudah dibuang Untuk lemari dapur. Udah nggak ada sepotong coklat pun yang ada Ke kulkas Karena Itu satu Tempattinggal kerja sama,” kata dr Tan.

“Harus dimulai Untuk orang dewasa sebab apa yang mencontohkan anak dan yang memulai itu orang dewasa juga,” tandasnya.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Anak Telanjur Kecanduan Jajan Manis? Begini Cara Mengatasinya Kata Pakar Gizi