Unik! Keju Tradisional Turki Ini Dilapisi Bulu Kambing


Jakarta

Tidak hanya Eropa, Turki ternyata juga Memiliki keju tradisional yang unik. Dilapisi bahan yang bentuknya tidak seperti keju umumnya.

Setiap Kearifan Lokal Global, Lokasi, hingga Negeri Memiliki hidangan tradisionalnya masing-masing. Justru keju yang lebih awam dikonsumsi dan banyak diproduksi Hingga Eropa ternyata juga ada Hingga beberapa Negeri Asia.

Tentunya Di penyesuaian bahan-bahan dan Cara tertentu yang mengacu Di Kearifan Lokal Global setempat. Turki yang terkenal Di wisata balon terbangnya juga punya keju tradisional andalan mereka.


Melansir The Cheese Atlas, keju khas Turki dikenal Di nama tulum peyniri. Secara khusus keju ini dibuat Hingga provinsi Erzincan Di bahan-bahan dan Cara khusus.

Baca juga: Apa Benar Asupan Kafein Bisa Overdosis? Ini Kata Ahli Keadaan

Untuk proses pembuatannya keju ini tidak menggunakan susu sapi melainkan susu kambing atau domba. Nama ‘tulum’ sendiri diambil Untuk Cara fermentasinya yang menggunakan bahan unik.

Ada kulit kambing yang masih tebal bulunya dibuat menjadi kantung Sebagai menyimpan keju yang hendak difermentasi. Konon keju ini telah populer Sebelum masa pemerintahan Ottoman dan menjadi menu Unjuk para bangsawan.

Cara pembuatannya sendiri cukup panjang. Dimulai Untuk susu kambing atau domba yang mentah harus Melewati proses pasteurisasi terlebih dahulu Sebagai Berikutnya disimpan Di kaleng-kaleng besi sebagai tahap fermentasi awal.

Sesudah keju tampak menggumpal, yang artinya fermentasinya berhasil, gumpalannya Akansegera dikeluarkan dan disaring Di kain halus. Ketika mulai padat keju dipindahkan Di kantung tulum yang terbuat Untuk kulit kambing.

Baca juga: Keren! Bocah 7 Tahun Pilih Berjualan Es Sebagai Belajar Berhitung

Kejunya dilapisi Di kulit kambing yang masih ada bulunya. Foto: The Cheese Atlas

Tulum peyniri difermentasi Di tiga bulan, konon hasil Untuk prosesnya Memberi rasa yang mirip Di keju feta. Kuat, menyengat, sedikit asam, dan earthy. Untuk yang pernah mencobanya secara langsung, Di suapan pertama keju ini Akansegera langsung terasa kompleks.

Layaknya orang Eropa, Hingga Turki keju juga disajikan sebagai pendamping banyak Konsumsi. Mulai Untuk disajikan bersama zaitun dan tomat atau Di hidangan-hidangan beraya Mediterania lainnya.

Tulum peyniri juga digunakan sebagai campuran Sebagai memasak, misalnya Di daging panggang, saus pesto, hingga salad yang segar. Tetapi Untuk konsumen yang tak terlalu menyukai keju yang kuat sebaiknya memilih atau mencicipi keju lain terlebih dahulu secara bertahap.

Dimulai Untuk feta cheese yang banyak dijual Hingga pasaran, Lalu halloumi yang tak sekuat tulum peyniri, Mutakhir dilanjut mencoba tulum peyniri. Rasanya yang unik membuat keju ini juga Dikejar wisatawan mancanegara tetapi Sebagai mendapatkannya harus datang Hingga provinsi Erzincan.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Unik! Keju Tradisional Turki Ini Dilapisi Bulu Kambing