Terungkap! Izin Event MotoGP Mandalika Berbelit, Ri Jokowi: Lemas Saya

Ri Jokowi mengaku lemas mendengar ruwetnya urusan perizinan event MotoGP Hingga Sirkuit Mandalika. Foto/ Instagram

JAKARTA – Ri Joko Widodo (Jokowi) mengaku sempat lemas mendengar ruwetnya urusan perizinan penyelenggaraan event MotoGP Hingga Sirkuit Mandalika. Jokowi menyebut butuh 13 izin Sebagai bisa Melakukan event balapan Kendaraan Bermotor Roda Dua ber-cc besar itu.

Awalnya, Jokowi menyebut bahwa penyelenggaraan event MotoGP Hingga Sirkuit Mandalika bisa menumbuhkan ekonomi Indonesia mencapai Rp4 triliun.

“Saya berikan contoh saja, MotoGP Hingga Mandalika. Saya cek Hingga panita, ini efeknya luar biasa, dampak ekonominya Rp4,3 triliun. Bisa menyerap melibatkan tenaga kerja 8 ribu, Pelaku Ekonomi Kecil yang terlibat kurang lebih 1.000,” kata Jokowi Untuk sambutannya Ke Peresmian Konversi Digital Layanan Penyelenggaraan Event, The Tribrata, Jakarta, Senin (24/6/2024).

Meski senang Di dampak Di perekonomian, Tetapi Jokowi merasa lemas mendengar banyakan perizinan yang harus diurus.

“Tapi begitu saya tanya, bagaimana mengenai perizinan, lemes saya. Ternyata ada 13 izin yang harus diurus. Tapi namanya bukan perizinan, namanya surat rekomendasi. Sebetulnya sama saja, perizinan itu cuma diganti nama saja, dihaluskan menjadi surat rekomendasi. Ada yang namanya surat pemberitahuan tapi namanya izin,” kata Jokowi.

Surat izin tersebut, kata Jokowi, Di lain surat Di Polsek, Polres Polda hingga Mabes Polri. Lalu, ada surat izin Di RSUD dan Dinas Kebakaran.

“Harus punya ini, kalau tidak, izin-izin itu tidak keluar. Surat pemberitahuan Hingga Bea Cukai Lantaran mendatangkan Produk-Produk Di luar. Surat pemberitahuan Hingga KEK NTB, surat pemberitahuan Hingga INSP ini urusan bea cukai. Kalau saya Dari Sebab Itu penyelenggara event itu, lemes dulu Sebelumnya bertanding eventnya,” ungkapnya.

Jokowi menyebut bisa saja perizinan tersebut masih bisa bertambah lagi. Justru, katanya, duit penyelenggara bisa habis Lantaran digunakan Sebagai mengurusi perizinan.

“Ini fakta. Lantaran saya tanya langsung, problemnya apa sih. Ini sama Di Pentas Musik Alunan, event-event Aktivitasfisik lainnya. Sudah tidak Akansegera Mungkin Saja jauh Di yang tadi saya sebutkan tadi. Betapa sangat beratnya menjadi penyelenggara event Hingga Indonesia. Padahal event Hingga Indonesia itu, setiap tahun, sekarang Sebelumnya Penyebara Nmassal ada 4000 event kurang lebih, sekarang 3.700 event,” ucap Jokowi.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Terungkap! Izin Event MotoGP Mandalika Berbelit, Ri Jokowi: Lemas Saya