Wisata  

Mitos-mitos Ke Mata Air Cigempol, Konon Bisa Bikin Awet Muda



Sumedang

Mata air Cigempol Ke Sumedang menyimpan mitos-mitos yang dipercayai Dari warga setempat. Konon, mata air ini bisa bikin awet muda lho!

Mata air yang terletak Ke Dusun Jemo, Desa Nagrak, Kecamatan Buah Dua, Kabupaten Sumedang ini menyimpan mitos yang membuat para wisatawan datang Ke sana, Malahan Di malam hari.

Sekretaris Desa Nagrak, Hendra Juanda menceritakan, tidak sedikit warga Di hingga warga luar Lokasi, sering mendatangi mata air Cigempol hanya Untuk mandi Di malam hari.


“Di malam tertentu banyak yang mandi Ke lokasi ini, warga Di tidak pernah mengetahui kalau ada orang luar yang suka mandi Ke situ,” ujar Hendra Di berbincang belum lama ini.

Menurut Hendra, Bersama laporan yang ada, warga datang hanya sekadar mandi Ke mata air Cigempol rata-rata Di malam Jumat Kliwon.

Tetapi, ia memastikan bahwa yang melakukan hal tersebut bukan hanya warga Di saja, melainkan terdapat warga Bersama luar Desa Nagrak hingga luar Sumedang.

“Soalnya pasti mereka mandinya kayak Ditengah malam Dari Sebab Itu tidak diketahui Dari warga Di. Mereka datangnya pasti setiap malam Jumat Kliwon,” katanya.

“Kadang emang pernah juga warga jauh datang terus datang bawa galon besar atau botol minuman buat ngambil air yang banyak,” sambungnya.

Yang Berhubungan Bersama Bersama mitos itu, Hendra sendiri pun ikut merasakannya. Ia mengaku terdapat perbedaan yang dirasakan jika mencuci wajah Ke Rumah sendiri Bersama Ke mata air Cigempol tersebut.

“Awet muda, efek udah mandi kayak lebih segar sama berbeda aja kalau mandi Ke Rumah. Saya juga memang merasakan hal sama cuci muka Ke Rumah atau cuci muka Ke sini beda aja,” pungkasnya.

Seperti diketahui, keberadaan mata air Cigempol, Buah Dua, Sumedang ini sudah ada Sebelum ratusan tahun. Terdapat beberapa manfaat seperti membantu warga Di wilayahnya dilanda musim kemarau hingga dapat membantu mengaliri air Ke area persawahan warga.

——-

Artikel ini telah naik Ke detikJabar.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Mitos-mitos Ke Mata Air Cigempol, Konon Bisa Bikin Awet Muda