Susu Almond Belum Tentu Menyehatkan, Ini Kata Ahli Gizi

Jakarta

Susu almond kini menjadi alternatif populer Bagi susu sapi. Apakah beralih sepenuhnya minum susu almond menyehatkan? Begini penjelasan ahli gizi.

Selain susu oat atau gandum, kini banyak orang mengonsumsi susu almond. Alasannya bisa Lantaran Bagi Kesejajaran, lingkungan, atau memang Merasakan intoleransi laktosa Agar tidak bisa minum susu sapi.

Susu almond Malahan sekarang jamak tersedia Di kafe dan coffee shop sebagai alternatif susu sapi. Pelanggan bisa mengubah racikan Minuman Kafein susunya memakai susu almond yang tentunya Bersama tambahan harga.


Di sisi rasa, susu almond juga disukai banyak orang Lantaran Memperkenalkan rasa gurih khas kacang (nutty) yang khas. Di pasaran, susu ini tersedia Di pilihan Bersama pemanis atau tanpa pemanis.

Apa saja kandungan susu almond?

Mengutip Eat This, Not That! (12/6/2024), kandungan susu almond dan fakta nutrisinya bisa bervariasi, bergantung merek dan jenis yang dibeli Di pasaran.

Di bentuk paling murninya, susu almond hanya mengandung air dan almond. Tidak ada tambahan gula, bahan pengisi, atau bahan lain yang meragukan.

Kelemahannya, susu almond tidak mengandung vitamin dan mineral penting, seperti vitamin D, E, A, dan kalsium, yang sering ditemukan Di produk susu lainnya.

Akan Tetapi tak ada salahnya minum susu almond murni yang hanya mengandung sari almond dan air. Ahli gizi Elizabeth Shaw mengaku sering merekomendasikan susu almond Bagi kliennya yang mencari susu rendah kalori Bagi dicampur Di smoothies atau Minuman Kafein.

Perlu diingat susu almond tidak setara Bersama susu sapi atau susu nabati lainnya, seperti susu kedelai, Di hal protein dan kandungan Konsumsi Bergizi secara keseluruhan.

Profil Konsumsi Bergizi susu almond

Foto: Getty Images/iStockphoto/sutlafk

Di tiap 1 cup (236 ml) susu almond, mengandung Di:Kalori: 40
Lemak: 2.5 gram (lemak jenuh: 0.2 gram)
Sodium: 190 mg
Karbohidrat 3.4 gram (serat: 0.5 gram, gula: 2 gram)
Protein: 1 gram

Susu almond murni dibuat Bersama cara merendam almond Di air, mencampurnya, lalu mengalirkan cairan Melewati kain tipis Bagi membuang Pada yang lebih kental. Proses ini menghasilkan konsistensi sari almond yang encer dan lembut, seperti susu sapi.

Susu almond Di pasaran bisa mengandung Konsumsi Bergizi lain jika produsen memfortifikasi produk mereka. Misalnya campuran vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

Akan Tetapi, Kendati fortifikasi susu almond umum dilakukan Bagi menambahkan vitamin dan mineral, cara ini tetap tidak bisa membuat kandungan protein Di susu almond setara Bersama susu sapi atau susu kedelai.

Jika ingin menjadikan susu almond Pada Di pola makan bergizi seimbang, maka seseorang harus memperhatikan asupan gizinya secara keseluruhan. Susu almond tidak bisa diandalkan sendirian sebagai sumber protein, vitamin, maupun mineral.

Minum susu almond punya manfaat sehat. Baca halaman Lanjutnya.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Susu Almond Belum Tentu Menyehatkan, Ini Kata Ahli Gizi