7 Manfaat Daun Kelor Sebagai Keadaan, Salah Satunya Menjaga Keadaan Jantung

Jakarta

Daun kelor atau Moringa oleifera merupakan salah satu tanaman yang banyak tumbuh Di Daerah tropis, termasuk Indonesia. Tanaman ini Memperoleh bentuk bulat oval dan warna hijau hingga kecoklatan.

Daun kelor pun sering disebut sebagai ‘tanaman ajaib’. Pasalnya, biji dan daun Bersama tanaman ini kaya Berencana Gizi dan senyawa aktif. Kandungan Gizi tersebut membuat daun kelor kerap dimanfaatkan Sebagai Terapi tradisional.

Dikutip Bersama Healthline, satu cangkir daun kelor mengandung Gizi berupa:


  • Protein: 2 gram
  • Vitamin B6: 19 persen Bersama kebutuhan harian
  • Vitamin C: 12 persen Bersama kebutuhan harian
  • Zat besi: 11 persen Bersama kebutuhan harian
  • Riboflavin (B2): 9 persen Bersama kebutuhan harian
  • Magnesium: 8 persen Bersama kebutuhan harian

Dikutip Bersama berbagai sumber, berikut sederet manfaat daun kelor yang perlu diketahui.

1. Mengandung Antioksidan Tinggi

Daun kelor termasuk tanaman yang tinggi antioksidan. Antioksidan adalah senyawa yang berfungsi melindungi tubuh akibat efek radikal bebas.

Radikal bebas dapat memicu Beban oksidatif, yang Setelahnya Itu dapat Meningkatkan risiko beragam Penyakit kronis, seperti Penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Sebuah studi menemukan wanita yang mengonsumsi 7 gram daun kelor bubuk setiap hari Pada tiga bulan Merasakan peningkatan kadar antioksidan Untuk darahnya.

Manfaat daun kelor Sebagai Keadaan lainnya adalah membantu menurunkan kadar gula darah. Khasiat ini berasal Bersama senyawa antioksidan bernama asam klorogenat (chlorogenic acid) dan isothiocyanate yang ada Di daun kelor.

Sebuah studi yang dilakukan kepada 30 orang wanita menemukan konsumsi 7 gram daun kelor bubuk setiap hari Pada tiga bulan dapat menurunkan kadar gula darah puasa hingga 13,5 persen.

Studi lain juga menemukan bahwa Bersama menambahkan 50 gram daun kelor Di Konsumsi, kenaikan gula darah dapat ditekan hingga 21 persen.

3. Memangkas Peradangan

Peradangan merupakan respon alami tubuh Pada Infeksi atau Kerusakan. Akan Tetapi, mekanisme perlindungan ini dapat menjelma menjadi gangguan Keadaan jika terjadi secara terus menerus.

Justru, peradangan yang terus berlanjut dapat memicu masalah Keadaan kronis, seperti Penyakit jantung hingga kanker.

Daun kelor dapat membantu mengatasi peradangan berkat isothiocyanate yang terkandung Di dalamnya. Tanaman tersebut juga mengandung niazimicin, yakni zat bioaktif yang berperan Untuk menekan perkembangan sel kanker.

4. Menjaga Keadaan Jantung

Manfaat daun kelor juga dapat membantu menjaga Keadaan jantung Bersama cara menurunkan tekanan darah dan kolesterol Untuk tubuh.

Daun kelor mengandung antioksidan bernama quercetin. Senyawa ini diketahui dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mencegah hipertensi.

Tak hanya itu, beberapa Studi Di manusia dan hewan Menunjukkan daun kelor dapat menurunkan tingkat kolesterol Untuk darah. Kedua hal inilah yang berkontribusi Pada penurunan risiko Penyakit jantung.

5. Meningkatkan Fertilitas Pria

Beban oksidatif dapat berdampak buruk Pada produksi dan Standar sperma. Untungnya, kandungan antioksidan yang ada Di daun dan biji kelor dapat membantu mengatasi dampak tersebut.

Studi Menunjukkan daun kelor dapat Meningkatkan jumlah dan motilitas sperma. Bersama Detail, extrak daun kelor dapat mencegah penurunan jumlah sperma akibat panas berlebihan, kemoterapi, dan paparan radiasi elektromagnetik Bersama telepon genggam.

Kendati demikian, diperlukan Studi Bersama Detail Sebagai benar-benar mengetahui efektifitas daun kelor Untuk Meningkatkan fertilitas pria.

6. Memperkuat Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C yang ada Di daun kelor dapat membantu membangun dan memperkuat daya Konsisten tubuh. Sistem Kekebalan yang kuat sangat berperan penting Untuk melindungi tubuh Bersama Infeksi Mikroba, bakteri, dan zat Foreign lainnya.

7. Melancarkan Produksi ASI

Daun kelor juga bermanfaat Sebagai kehamilan Lantaran dapat mendukung produksi ASI. Tak hanya itu, Gizi yang ada Di daun kelor juga bermanfaat Sebagai menunjang Keadaan ibu hamil dan janin yang Untuk berkembang.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: 7 Manfaat Daun Kelor Sebagai Keadaan, Salah Satunya Menjaga Keadaan Jantung