Wisata  

Bunga Bangkai Berumur 35 Tahun Kembali Mekar Hingga Kebun Raya Cibodas



Jakarta

Kabar baik, bunga bangkai yang telah berusia 35 tahun Hingga Kebun Raya Cibodas kembali mekar. Traveler jangan lewatkan Kejadian Luar Biasa langka tersebut.

Indukan bunga bangkai kembali mekar Hingga Kebun Raya Cibodas, Cianjur, Jawa Barat. Induk tanaman itu telah dikoleksi Sebelum tahun 2000 Hingga Sungai Manau, Batang Suliti, Kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat, Jawa Barat.

Amorphophallus titanum Becc atau bunga bangkai yang mekar Di ini merupakan indukan bunga bangkai yang ada Hingga Kebun Raya Cibodas. Tanaman yang Memiliki bentuk perbungaan menjulang tinggi Bersama tongkol atau spadiks yang dikelilingi Dari seludang bunga (spatha) termasuk tanaman asli Indonesia endemik Sumatera.


Selain Memiliki aroma yang khas seperti bau bangkai, tanaman ini juga mempunyai perbungaan terbesar Hingga dunia atau disebut sebagai the giant inflorescence in the world.

Bunga bangkai Memiliki masa berbunga empat tahun sekali Bersama tiga fase Perkembangan, yaitu fase vegetatif (berdaun), generatif (berbunga), dan fase dorman (istirahat). Di tanaman ini berbunga, waktu Sebagai menikmatinya hanya berkisar tiga lima hari.

“Hal tersebutlah yang Memikat perhatian Komunitas Sebagai melihatnya,” ujar Peneliti Ahli Muda Pusat Eksperimen Biosistematika dan Evolusi BRIN, Destri, Di keterangan resmi yang diterima detikEdu, Minggu (26/5/2024).

Bunga bangkai juga termasuk Di kategori spesies terancam punah berdasarkan penilaian Di International Union for Conservation of Nature (IUCN) tahun 2018. Keberadaan tanaman ini dilindungi Bersama Peraturan Pemerintah Nomor 7 tahun 1999.

Tercatat, bunga bangkai ini mekar Sebagai Hingga tujuh kalinya Sesudah pertama kali mekar tahun 2003. Begini sejarahnya.

Sejarah Mekarnya Indukan Bunga Bangkai

Indukan bunga bangkai itu pertama mekar Di tahun 2003. Adapun tinggi perbungaan mencapai 2,7 meter.

Sesudah Itu Di 2007, bunga mekar kembali Bersama ketinggian mencapai 3,17 meter. Ketinggian terus Meresahkan hingga tahun 2011 mencapai 3,2 meter, tahun 2016 mencapai 3,735 meter, tahun 2017 mencapai 3,4 meter, dan tahun 2020 mencapai 3,52 meter.

Mekar Kembali Hingga Tahun 2024

Sesudah berumur 35 tahun, bunga tersebut mulai mekar kembali Di 28 Februari 2024. Bunga mekar sempurna tepat Di Sabtu (25/5) pukul 22.03 WIB Bersama tinggi spadik 340 sentimeter (3,40 meter) dan lebar spatanya 159 cm.

Diketahui, tahun 2016 tinggi bunga ini mencapai 3,735 meter. Tetapi Sesudah itu, tinggi bunganya belum ada yg mencapai 3,7 meter atau lebih.

Ketika berbunga Di 2016 dan langsung berbunga lagi Hingga 2017 tanpa ada fase vegetatif. Itulah yang mempengaruhi cadangan Konsumsi yang terdapat Hingga umbi, Sebab Sebagai sekali berbunga Akansegera membutuhkan energi besar.

“Karenanya, tanaman ini butuh waktu Sebagai memasok cadangan energi Hingga umbi. Hingga suatu Di nanti bisa kembali Di Situasi yang sama Bersama tahun 2016 atau Mungkin Saja lebih,” kata Destri

Nantinya, Akansegera ada masa tanaman bunga bangkai berada Di fase atau Kejadian Luar Biasa. Momen itu ialah Di cadangan Konsumsi terkumpul sangat banyak, maka tanaman Akansegera berbunga Bersama ketinggian yang lebih Di biasanya.

______________

Artikel ini telah tayang Hingga detikEdu

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Bunga Bangkai Berumur 35 Tahun Kembali Mekar Hingga Kebun Raya Cibodas