Hakim Kabulkan Eksepsi Gazalba Saleh, Wakil Ketua KPK: Ngawur dan Konyol

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata menyebut putusan Majelis Hakim Tipikor Lembaga Proses Hukum Negeri (PN) Jakarta Pusat yang mengabulkan nota keberatan atau eksepsi terdakwa Mantan Hakim Agung Gazalba Saleh ngawur. Foto/SINDOnews

JAKARTA – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Kejahatan Keuangan (KPK) Alexander Marwata angkat bicara perihal putusan Majelis Hakim Tipikor Lembaga Proses Hukum Negeri (PN) Jakarta Pusat yang mengabulkan nota keberatan atau eksepsi terdakwa Mantan Hakim Agung Gazalba Saleh . Putusan itu ngawur dan konyol.

“Waduhh, Mutakhir kali ini hakim tipikor mengabulkan eksepsi terdakwa. Pertimbangannya pun menurut saya ngawur,” kata Alex, Senin (27/5/2024).

“Bersama putusan tersebut kewenangan penuntutan KPK yang diatur Aturantertulis menjadi tidak ada. Ini sangat serius dampaknya Di eksistensi KPK. Perkara Hukum-Perkara Hukum yang ditangani KPK Akansegera terhenti Bersama putusan hakim itu. Sekali lagi menurut saya ini putusan konyol,” tambahnya.

Alex menambahkan putusan ini seakan-Akansegera mencabut kewenangan pimpinan KPK yang mengangkat dan memberhentikan sekaligus mengawasi jaksa-jaksa KPK.

“Pertimbangan hakim sama saja Bersama mencabut kewenangan pimpinan KPK Sebagai mengangkat dan memberhentikan jaksa KPK. Pimpinan KPK tidak Memiliki kewenangan lagi Sebagai mengawasi jaksa-jaksa KPK Sebab mereka bertanggungjawab kepada jaksa agung berdasarkan pendelegasian wewenang,” ujarnya.

Alex menyebut pimpinan KPK Akansegera Membahas sikap atas putusan tersebut Sesudah Memperoleh salinan. Ia juga meminta Badan Pengawas (Bawas) hingga Komisi Yudisial (KY) turun tangan.

“Pimpinan Akansegera Membahas sikap Sesudah Memperoleh salinan putusan aneh ini. Bawas dan KY harus turun Sebagai memeriksa majelis hakim ini. Sekali pun hakim merdeka dan independen Untuk memeriksa dan mengadili, bukan berarti seenaknya sendiri membuat putusan Bersama mengabaikan Aturantertulis dan praktik yang Pada 20 tahun diterima,” ungkapnya.

Sebelumnya, Majelis Hakim Lembaga Proses Hukum Tipikor PN Jakarta Pusat, Memperoleh nota keberatan atau eksepsi yang diajukan Hakim Agung nonaktif Gazalba Saleh. Sidang Tindak Kejahatan gratifikasi dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) yang menjerat Gazalba itu tak lanjut Ke tahap pembuktian pokok Perkara Hukum.

“Mengadili, satu, mengabulkan nota keberatan Bersama Regu penasehat hukum Terdakwa Gazalba Saleh tersebut,” kata ketua majelis hakim Fahzal Hendri Ke ruang sidang PN Tipikor Jakarta, Senin (27/5/2024).

Hakim mengungkapkan surat dakwaan jaksa KPK tidak dapat diterima. Hakim menyebut jaksa KPK Untuk Tindak Kejahatan Gazalba belum Memperoleh surat perintah penunjukan pendelegasian kewenangan Bersama jaksa agung.

“Akan Tetapi jaksa yang ditugaskan Ke Komisi Pemberantasan Kejahatan Keuangan Untuk Situasi Ini Direktur Penuntutan KPK tidak pernah Merasakan pendelegasian kewenangan penuntutan Bersama Jaksa Agung Republik Indonesia selaku penuntut umum tertinggi sesuai Bersama asas single prosecution system,” ujarnya.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Hakim Kabulkan Eksepsi Gazalba Saleh, Wakil Ketua KPK: Ngawur dan Konyol