Kandungan Probiotik Susu Fermentasi Bisa Dari Sebab Itu Alternatif Cegah Diabetes


Jakarta

Konsumsi dan minuman fermentasi dapat menjadi sumber Gizi baik Bagi menjaga Kesejaganan organ pencernaan serta imunitas tubuh manusia. Tak hanya itu, ternyata susu fermentasi dapat menjadi salah satu alternatif upaya mencegah Gangguan diabetes.

Praktisi Medis spesialis Gangguan Di konsultan endokrin, metabolik dan diabetes DR. dr. Indra Wijaya, Sp.PD – KEMD, M.Kes, FINASIM, FACP menjelaskan terdapat perubahan paradigma Komunitas Di Life Style dan pola konsumsi Ke Di ini Bersama Lebih banyak produk-produk yang kurang sehat. Salah satunya Konsumsi cepat saji Bersama kadar gula tinggi yang dapat menyebabkan Gangguan diabetes.

Meski demikian, dr. Indra menjelaskan pengidap diabetes tetap membutuhkan gula Di tubuh mereka sesuai Bersama anjuran yang telah disampaikan Dari Praktisi Medis. Dari Sebab Itu, yang ditekankan adalah komposisi Di Konsumsi yang dikonsumsi Dari pengidap diabetes.


“Tentu perlu (mengonsumsi gula). Sebab kembali lagi, bahwa gula itu adalah sumber energi, tidak Bisa Jadi pasien diabetes itu tidak makan karbohidrat, yang terpenting adalah jumlah asupan kalorinya dan jumlah asupan karbohidratnya baik Di persentase Di karbohidrat, protein, lemak, mineral dan serat,” kata dr. Indra kepada detikHealth beberapa waktu lalu.

dr. Indra juga membagikan tips dan trik Bagi mengonsumsi gula tanpa khawatir Pada Gangguan diabetes yaitu Bersama melakukan pola Kehidupan Sehat. Pola Konsumsi dan pola minuman yang tidak berlebihan kalori, termasuk tidak berlebihan gula.

“Setelahnya Itu, pola Latihan yang teratur, Standar Tidur yang cukup, pola manajemen Di Tekanan. Itu yang kami tekankan kepada pasien-pasien yang mau cegah diabetes atau pasien diabetes yang mau Kehidupan Sehat,” ujarnya.

“Pola Kehidupan Sehat yang utama, ini Bisa Jadi tambahan, jika Anda ingin hidup lebih sehat bisa menambahkan probiotik,” imbuhnya.

Menurutnya, pola Kehidupan Sehat Bersama tambahan mengonsumsi probiotik ini juga bisa didapatkan Di susu fermentasi.

“Pola Kehidupan Sehat tadi juga termasuk pola makan dan pola minum. Nah, susu fermentasi termasuk pola minum, Dari Sebab Itu kita cari minuman sehat seperti air putih, minuman yang tidak tinggi gula, termasuk juga minuman fermentasi seperti yogurt, susu fermentasi, atau lain-lainnya,” jelasnya.

“Saran saya perhatikan komposisinya, berapa kandungan jumlah probiotiknya, jumlah gulanya, Bisa Jadi ada tambah-tambahan komposisi yang lain, ada juga kan yang ditambahkan vitamin D, vitamin C. Tetapi, kita memilih yang mana memang terbukti secara valid sudah digunakan secara lama,” jelas dr. Indra.

Foto: Shutterstock

Setelahnya Itu, dr. Indra memaparkan pola Konsumsi dan pola minuman yang berfermentasi Bersama kandungan probiotik Ke dalamnya dapat menjadi alternatif lain Bagi mencegah diabetes. Probiotik sendiri adalah mikrobiota atau bakteri baik yang terdapat Di tubuh manusia, yaitu Ke Di usus.

Menurut dr. Indra, hubungan probiotik dan diabetes telah dilakukan beberapa Studi bahwa terdapat hubungan yang terjadi secara tidak langsung Pada Pra-Penanganan diabetes.

“Kesejaganan microbiota usus atau lebih dikenal bakteri baik Ke probiotik itu membantu Kesejaganan gula Ke Di darah Melewati mekanisme-mekanisme tertentu. Dari Sebab Itu, ada hubungannya secara tidak langsung Ke darah itu berhubungan Bersama Pra-Penanganan diabetes atau menstabilkan gula darah,” ungkap dr. Indra.

Ke Di usus terdapat bakteri baik dan jahat, ungkapnya, Ke mana jika jumlah bakteri baiknya stabil dan cukup banyak, maka metabolisme Akansegera baik dan hormon-hormon menjadi stabil.

Samping Itu, probiotik atau bakteri ini sangat banyak jenisnya, ujar dr. Indra, contohnya Di lain Lactobacillus (lebih Di 50 jenis), Bifidobacteria, Streptococcus thermophilus, dan Saccharomyces. Adapun contoh probiotik yang terdapat Ke Konsumsi atau minuman adalah susu fermentasi, yogurt, tempe, kimchi, Paktapertahananatlantikutara, acar, miso, dan keju.

Yakult Dari 1935 dapat menjadi pilihan Bagi mengonsumsi minuman fermentasi Bersama kandungan hasil fermentasi Di susu skim, gula dan bakteri Lactobacillus casei strain shirota.

Bersama Detail, dr. Indra juga kembali menegaskan bahwa produk susu fermentasi yang dipilih perlu teruji valid secara klinis dan sudah digunakan Dari lama.

Secara ringkas, ia juga menjelaskan cara kerja probiotik yang terjadi Bagi inflamasi peradangan jangka panjang.

“Sebab diabetes itu merupakan suatu Kemakmuran inflamasi kronik atau peradangan secara kronis yang terjadi Ke Di tubuh, maka gula tinggi Akansegera merusak pembuluh darah dan organ-organ tubuh Agar diabetes terkenal Bersama banyaknya komplikasi. Probiotik diketahui dapat menekan marker atau sitokin inflamasi Agar dapat membantu Bagi menjaga kadar gula darah dan mencegah komplikasi Bersama Detail,” tutupnya.

Sebagai informasi, Bagi konsultasi Gangguan Di konsultan endokrin, metabolik dan diabetes bersama dr. Indra Wijaya dapat dilakukan Ke RS Pantai Indah Kapuk.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Kandungan Probiotik Susu Fermentasi Bisa Dari Sebab Itu Alternatif Cegah Diabetes