Arti dan Makna Baret Ungu Marinir Yang Terkait Di Mitos Jawa dan Nyi Roro Kidul?

Arti baret ungu milik Korps Marinir disebut-sebut Yang Terkait Di mitos Jawa dan Nyi Roro Kidul. Di mitologi Jawa, warna ungu menjadi warna selendang Nyi Roro Kidul. Foto/SINDOnews

JAKARTA – Arti dan makna baret ungu milik Korps Marinir disebut-sebut Yang Terkait Di mitos Jawa dan Nyi Roro Kidul. Di mitologi Jawa, warna ungu menjadi warna selendang Nyi Roro Kidul yang juga menjadi penguasa samudera Hingga Indonesia.

Makna baret ungu Di pasukan elite TNI Angkatan Laut (AL) yang lahir Di 15 November 1945 ini yang dikaitkan Di selendang Nyi Roro Kidul yang berwarna ungu itu Sebab Disorot ampuh Di memberi pengamanan serta perlindungan Untuk Bangsa.

Dikutip Di tni.mil.id, Selasa (28/5/2024), marinir sebagai Pada integral Di Tentara Nasional Indonesia (TNI) Sebelum lahirnya telah mengemban amanat penderitaan rakyat.

Menurut sejarahnya, pertama kali warna ungu Di baret tersebut dikenakan Di Korps Marinir Di Di masih bernama KKO AL. Yang Di Di itu masih berupa pita Di kode pengaman yang digunakan Hingga tahun 1958.

Di itu, pasukan Korps Marinir terlibat Hingga Di operasi 17 Agustus. Yang merupakan suatu Unjuk Rasa Di militer Di memberantas/menumpas pembangkangan yang dilakukan Di PRRI Hingga Sumatra Barat.

Atas peristiwa ini Korps Marinir pun menetapkan warna ungu Di baretnya Hingga tahun 1961. Tepat Di Di Batalyon I KKO AL terlibat Hingga Di operasi yang dilakukan Hingga Aceh yang dinamakan Operasi Alugoro.

Penghayatan Revolusi Kemerdekaan RI yang panjang, berjuang bahu-membahu bersama Di rakyat Di suatu dinamika revolusi, telah menanamkan etos yang memandang dirinya sebagai pejuang prajurit dan prajurit pejuang.

Maka Itu sebagaimana kekuatan perjuangan yang lain, Marinir merupakan Pada yang tidak terpisahkan Di sebutan sebagai Tentara Pejuang, Tentara Rakyat, dan TNI.

Sebagai kekuatan Hankam, Korps Marinir menjalankan fungsi Lini Di Perlindungan nasional Untuk mengamankan Bangsa dan bangsa. Sebagai kekuatan sosial ia juga bertanggungjawab Di segala usaha dan kegiatan Kelompok disemua bidang kehidupan.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Arti dan Makna Baret Ungu Marinir Yang Terkait Di Mitos Jawa dan Nyi Roro Kidul?