Ini 10 Soto Betawi yang Legendaris dan Populer Ke Jakarta

Jakarta

Berasal Di Jakarta, Soto Betawi Dari Sebab Itu Citarasa yang melegenda kelezatannya. Ada soto betawi yang terkenal sampai soto betawi legendaris Untuk dicicipi.

Soto Betawi merupakan salah satu jenis soto populer Ke Jakarta. Soto Betawi dikenal Di ciri khas kuah santan atau susu yang kerap menjadi bahan utamanya.

Ke Di Itu pilihan potongan daging sapinya tak hanya Pada daging saja, tapi juga dicampur Di jeroan seperti babat, kikil, sampai Pada hati sapi.


Rata-rata penjual soto Betawi yang ternama Ke Jakarta sudah berjualan Pada puluhan tahun lamanya. Malahan beberapa kerap dijadikan destinasi wisata Citarasa populer Ke Jakarta.

Berikut rekomendasi 10 tempat makan soto Betawi Ke Di Jakarta yang legendaris dan terkenal:

1. Soto Betawi Pinangsia

Untuk yang dulunya sering berbelanja atau mampir Ke pusat perbelanjaan Mangga Dua Mall, pasti sudah tidak Foreign Di nama Soto Betawi Pinangsia. Pada lebih Di 20 tahun, kedai soto ini berjualan Ke sana dan terkenal sampai sekarang.

Menunya Sebelum dulu tak neko-neko ada soto Betawi Di pilihan daging sapi atau ayam. Bisa juga dicampur Di kikil, babat, hingga paru. Tetapi yang paling digemari adalah soto Betawi dagingnya (Rp 32.000).

Isian soto Betawi Ke sini memang sama Di yang lain, yaitu menggunakan irisan tomat, kentang goreng dadu, daun bawang, emping dan bawang goreng. Tetapi cita rasa kelezatannya ini memang terletak Ke kuah sotonya. Rasa kuah sotonya memang tidak terlalu asin, tapi tetap gurih dan umami Di campuran santan dan susunya yang pas.

2. Soto Betawi Afung

Soto Betawi Ny. Afung tawarkan menu soto oseng saikoro Aussie yang lumer Ke mulut. Foto: detikFood / Yenny Mustika Sari

Tempat makan Soto Betawi Ny Afung ini terkenal enak dan sudah berdiri Sebelum 1980-an. Pertama kali, gerainya berada Ke kawasan Glodok, Jakarta Barat. Jika kebanyakan tempat makan soto Betawi berupa warung makan sederhana, berbeda Di Soto Betawi Ny. Afung. Berupa restoran yang ditata Di rapi dan bersih.

Tak hanya sajikan soto Betawi Di potongan daging biasa saja, tapi ada menu yang menggunakan beef steak maupun saikoro. Untuk seporsi soto Betawi racikan Ny. Afung ini ditawarkan Di harga mulai Di Rp 29.000 – Rp 115.000-an.

Selain soto santan, restoran ini juga menawarkan soto Di kuah bening. Ada juga soto mie yang porsinya besar mengenyangkan.

3. Soto Betawi H. Ma’ruf

Ini 10 Soto Betawi yang Legendaris dan Populer di JakartaIni 10 Soto Betawi yang Legendaris dan Populer Ke Jakarta Foto: Site Culinary/Visual

Sudah berdiri sjak tahun 1940-an. Tempattinggal makan Soto Betawi H. Ma’ruf Ke Daerah Cikini masih buka hingga sekarang. Usia soto Betawi yang satu ini sudah mencapai 84 tahun lebih.

Ciri khas soto Betawi Ke sini memadukan Antara kuah santan Di susu serta rempah yang enak. Potongan daging hingga jeroannya juga bebas Di aroma amis.

Ke sini soto Betawi disajikan tanpa sayuran seperti tomat atau kentang. Dari Sebab Itu murni isinya hanya potongan daging, paru, babat, kikil, atau usus sesuai selera. Satu porsinya Di Rp 45.000.

4. Soto cawang

Lezatnya Soto Cawang, Soto Betawi Legendaris di Area ParkirLezatnya Soto Cawang, Soto Betawi Legendaris Ke Area Parkir Foto: detikFood

Tempat makan soto yang satu ini letaknya memang Ke pinggir jalan. Tapi lokasinya berada Ke Untuk area parkir Ke Cawang, Jakarta Timur. Namanya Soto Cawang, sudah buka Sebelum tahun 1952.

Ke sini racikan kuah sotonya dibuat murni tanpa susu. Dari Sebab Itu hanya mengandalkan santan dan bumbu giling saja. Untuk ciri khasnya sendiri, terletak Ke aroma kuah soto yang harum.

Proses masak kuah dan daging juga masih menggunakan kayu bakar. Pilihan menunya ada soto Betawi daging, paru, babat, kikil hingga tulang muda. Satu porsinya berkisar Rp 45.000.

5. Soto Betawi Sambung Nikmat

Ini 10 Soto Betawi yang Legendaris dan Populer di JakartaIni 10 Soto Betawi yang Legendaris dan Populer Ke Jakarta Foto: Site Culinary/Visual

Ke Daerah Kebayoran Lama ada tempat makan soto Betawi legendaris yang sayang Untuk dilewatkan. Namanya Soto Betawi Sambung Nikmat yang sudah buka Sebelum tahun 1972.

Sama seperti tempat makan soto Betawi lainnya. Ke sini masih menggunakan Konsep Tempattinggal makan sederhana. Ciri khas sotonya terletak Ke penggunaan kuah santan tanpa susu Di tekstur kental sedikit merah.

Potongan dagingnya juga royal Di pilihan paru, babat, dan kikil Untuk pelengkapnya. Untuk kisaran harga menu nasi dan soto Betawi Di Rp 75.000.

6. Soto Betawi Babe Jamsari Srengseng

Ini 10 Soto Betawi yang Legendaris dan Populer di JakartaIni 10 Soto Betawi yang Legendaris dan Populer Ke Jakarta Foto: Site Culinary/Visual

Lokasinya Ke Kembangan, Jakarta Barat, tempat makan soto Betawi Babe Jamsari ini juga tak kalah enak. Tempattinggal makannya sudah eksis Sebelum 1975.

Berbeda Di soto Betawi Ke Tempattinggal makan kebanyakan Lantaran kuah sotonya dibuat tanpa santan. Mereka hanya menggunakan susu saja. Rasanya gurih dan tentu saja creamy.

Menu andalannya ada soto daging, soto campur sampai soto kikil. Semua jeroan diolah Di terampil, Agar tak ada aroma amis sama sekali. Satu porsinya Di Rp 33.000.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Ini 10 Soto Betawi yang Legendaris dan Populer Ke Jakarta