17 Konsumsi yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat agar Tak Kambuh

Jakarta

Penderita asam urat harus menjaga pola konsumsinya agar tidak mudah kambuh. Konsumsi yang harus dihindari adalah yang mengandung purin tinggi. Purin tinggi Berencana menyebabkan tubuh memproduksi asam urat yang lebih banyak.

Untuk artikel ini Berencana kita ulas sejumlah Konsumsi yang harus dihindari penderita asam urat agar tidak kambuh lagi. Tak hanya daging, tetapi ada juga Bersama jenis sayuran dan minuman.

Konsumsi yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

Berikut ini Konsumsi yang harus dihindari penderita asam urat, seperti dilansir Bersama situs Verywell Health dan Mayo Clinic:


1. Daging merah

Daging merah mengandung purin yang lebih tinggi daripada daging putih. Konsumsi daging merah seperti daging sapi Berencana Meningkatkan risiko terkena asam urat.

2. Jeroan

Jeroan, termasuk hati, lidah, paru, dan ginjal, Meningkatkan risiko serangan asam urat yang berulang.

3. Seafood

Sejumlah seafood mengandung purin yang lebih tinggi dan harus dibatasi Untuk mencegah asam urat. Seafood ini termasuk ikan air dingin seperti tuna, trout, herring, sarden, dan ikan teri. Konsumsi laut lainnya juga perlu dihindari, seperti udang, tiram, kepiting, dan lobster.

4. Ekstrak Ragi

Ekstrak ragi ini Di antaranya selai tertentu, seperti Marmite, Vegemite, dan Vitam-R yang diketahui mengandung purin yang tinggi. Hindari Konsumsi ini Untuk Mengurangi kadar asam urat.

5. Roti Putih dan Nasi Putih

Roti putih, nasi putih, biskuit, dan kue adalah karbohidrat yang mudah dicerna dan diserap dan dapat Meningkatkan kadar gula darah. Hal ini dapat Meningkatkan kadar asam urat.

6. Kalkun

Daging kalkun memang baik Untuk menurunkan kolesterol Lantaran rendah lemak. Meski demikian, daging kalkun tetap mengandung purin yang tinggi, terutama hindari kalkun deli yang diproses.

7. Konsumsi Olahan

Hindari berbagai jenis Konsumsi olahan, seperti nugget, sarden kaleng, kornet, abon, atau sosis Lantaran tinggi purin dan natrium. Di Itu, Konsumsi olahan juga mengandung lemak jenuh yang membahayakan Kesejaganan.

8. Konsumsi Tinggi Gula

Konsumsi tinggi gula juga harus dihindari Lantaran bisa memicu produksi asam urat. Konsumsi tinggi gula juga menambah berat badan yang bisa memperparah Tanda-Tanda asam urat.

Minuman yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

Bersama jenis minuman, berikut ini sejumlah minuman yang harus dihindari penderita asam urat, seperti dilansir Bersama situs Cleveland Clinic:

1. Minuman Manis

Selain Konsumsi manis, minuman manis juga sama-sama mengandung gula yang lebih tinggi, Agar dapat memicu produksi asam urat berlebih.

2. Sirup Jagung Fruktosa Tinggi

Ketika membeli minuman kemasan, cek labelnya apakah terdapat sirup jagung fruktosa tinggi, Ini adalah bentuk fruktosa yang terkonsentrasi. Minuman berfruktosa juga memicu tubuh memproduksi asam urat lebih besar.

3. Alkohol

Alkohol Bisa Jadi tidak sepenuhnya mengandung purin yang tinggi. Tetapi alkohol bisa merusak ginjal. Padahal ginjal adalah organ tubuh yang berfungsi membuang asam urat. Ketika ginjal rusak, maka asam urat Berencana mengkristal dan menyebabkan sakit asam urat.

4. Madu

Madu biasanya menjadi Terapi Bersama kebanyakan Penyakit, dan tidak mengandung pemanis buatan. Meski demikian, madu mengandung fruktosa yang tinggi yang memicu asam urat.

Sayuran yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

Dilansir Bersama Livestrong dan SFGATE, berikut beberapa jenis sayuran yang harus dihindari penderita asam urat Lantaran mengandung purin Lagi dan tinggi:

1. Bayam

Bayam Memiliki kandungan vitamin A dan C, serta zat besi, serat, dan folat. Tetapi, bayam juga mengandung purin Untuk jumlah Lagi, Agar tetap harus dibatasi.

Bayam bisa diganti Bersama sayuran lain seperti daun atau selada romaine Untuk salad atau sebagai Dibagian Bersama topping sandwich.

2. Kembang Kol

Kembang kol termasuk sayuran padat Konsumsi Bergizi yang rendah garam dan bebas lemak, serta menjadi sumber folat dan vitamin C yang baik Untuk tubuh. Sayuran ini boleh dimakan sesekali agar purin Untuk tubuh tetap terjaga.

3. Jamur

Jamur sering digunakan sebagai isian sup dan topping pizza. Sayuran ini berkalori rendah dan mengandung Konsumsi Bergizi seperti riboflavin, niasin, dan tembaga. Tetapi jamur juga mengandung purin, Agar lebih baik diganti Bersama paprika.

4. Kacang Hijau

Kacang hijau memang baik Untuk sebagian orang Lantaran mengandung vitamin A dan C, serat dan folat. Tetapi penderita asam urat disarankan tidak mengkonsumsinya Lantaran mengandung purin Untuk jumlah Lagi. Ganti sayuran ini Bersama wortel, zucchini, atau seledri.

5. Asparagus

Terakhir adalah asparagus yang biasa digunakan Untuk Pola Makan sehat Lantaran mengandung vitamin B-6, E dan C serta serat dan asam folat. Tetapi asparagus ini tinggi purin. Gantilah asparagus Bersama Bersama daun bawang atau okra.

Nah, itulah tadi 17 Konsumsi yang harus dihindari penderita asam urat, termasuk aneka minuman dan sayuran tinggi purin, Untuk mencegah asam urat kambuh lagi.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: 17 Konsumsi yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat agar Tak Kambuh