Wisata  

12 Bandara Terbesar Ke Indonesia yang Perlu Diketahui


Jakarta

Kalian para traveler pasti sudah sering menggunakan pesawat terbang Sebagai Berkunjung Hingga destinasi wisata yang ada Ke seluruh pelosok negeri.

Perjalanan Bersama menggunakan pesawat tak lepas Bersama peran penting bandara Di Memberi akses Area Hingga seluruh Nusantara Justru dunia.

Indonesia sendiri tercatat Memiliki 340 bandara Bersama 32 diantaranya berstatus bandara Internasional. Nah Untuk traveler yang penasaran mana bandara terbesar, berikut 12 bandara terbesar yang ada Ke Indonesia.


Daftar Bandara Terbesar Ke Indonesia

Ini dia bandara-bandara terbesar yang ada Ke Indonesia. Pencinta traveling wajib tahu!

1. Bandara Internasional Soekarno-Hatta (CGK)

Bandara Internasional Soekarno-Hatta atau biasa disebut Soetta, merupakan bandara terbesar Ke Indonesia Bersama luas mencapai 2.555 hektar. Nama bandara ini diambil Bersama Soekarno dan Mohammad Hatta, proklamator kemerdekaan Indonesia.

Dibangun sebagai pengganti Bandara Kemayoran, Soetta mulai beroperasi Ke 1985. Pembangunan dimulai Ke 1975-1981 Bersama Ide mencakup 3 landasan pacu, 6 terminal, dan 1 terminal haji. Terminal 3 ultimate, selesai Ke 2016, dirancang modern dan ramah lingkungan.

Sebagai bandara terluas, Bandara Internasional Soekarno-Hatta menyediakan fasilitas yang sangat lengkap Sebagai penumpang dan penerbangan.

2. Bandara Internasional Kertajati (BIJB)

Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Rabu (18/10/2023). Foto: Shafira Cendra Arini

Bandara Internasional Kertajati adalah bandara terbesar kedua Ke Indonesia yang terletak Ke Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Diresmikan Ke 24 Mei 2018 Bersama pendaratan Pesawat Kepresidenan Indonesia sebagai momen peresmiannya.

Bersama luas lahan 1.800 hektar, bandara ini Memiliki landasan pacu tunggal sepanjang 3.000 meter dan dapat menampung hingga 29 juta penumpang per tahun.

3. Bandara Internasional Hang Nadim (BTH)

Bandara Hang Nadim terletak Di 22 km Bersama Kota Batam, Kepulauan Riau, dan menempati lahan seluas 1.762 hektar. Bersama kapasitas penumpang mencapai 5 juta orang per tahun, bandara ini merupakan salah satu bandara internasional terluas Ke Indonesia.

Bandara ini juga Memiliki peran yang sangat penting sebagai pintu masuk utama Untuk wisatawan dan pekerja Asing (ekspatriat) yang datang Hingga Indonesia, Bandara Hang Nadim sangat strategis Sebab Didekat Bersama Singapura dan Malaysia.

4. Bandara Internasional Kualanamu (KNO)

PT Angkasa Pura II melalui anak usaha yakni PT Angkasa Pura Aviasi bersama sejumlah maskapai segera menjadikan Bandara Kualanamu sebagai hub internasional.Bandara Kualanamu. Foto: Dok AP 2

Bandara Kualanamu menjadi salah satu bandara terbesar Ke Indonesia Bersama luas mencapai 1.650 hektar. Luas terminal penumpang Ke bandara ini mencapai 6,5 hektar, Sambil fasilitas kargo menempati 1,3 hektar.

Bersama landasan pacu utama sepanjang 3,75 km, dan terdapat 8 garbarata, Bandara Kualanamu mampu menampung pendaratan pesawat besar seperti Airbus A380, Antonov An-225, dan Boeing 747-8.

Di Itu, Bandara Kualanamu menjadi salah satu Bersama empat bandara Ke Indonesia yang Memperoleh pendaratan pesawat Airbus A380, bersama Bersama Bandar Udara Internasional Kertajati, Jakarta, dan Batam.

5. Bandara Internasional Yogyakarta (YIA)

Beroperasinya Yogyakarta International Airport (YIA) belum dibarengi dengan jadwal penerbangan internasional, sehingga penerbangan internasional dapat tersedia tahun depan.Yogyakarta International Airport (YIA). Foto: Pradito Rida Pertana

Terletak Ke Area Istimewa Yogyakarta, YIA melayani penerbangan domestik dan internasional, termasuk Hingga Kuala Lumpur dan Singapura.

Bersama biaya pembangunan mencapai Rp 12 triliun, bandara ini berdiri Ke atas lahan seluas 600 hektar. Setelahnya pembangunan selesai, YIA Memiliki terminal seluas 210.000 meter persegi Bersama kapasitas hingga 20 juta penumpang per tahun.

Fasilitas penerbangan Ke bandara ini meliputi hanggar seluas 371.125 meter persegi yang dapat menampung 28 unit pesawat berbadan lebar, serta landas pacu sepanjang 3.250 meter.

6. Bandara Internasional Lombok Praya (LOP)

Bandar Udara Internasional Lombok, sering dikenal sebagai Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid, terletak Ke Praya, Lombok Di, Nusa Tenggara Barat.

Bandara ini dioperasikan Dari PT Angkasa Pura I dan diresmikan Dari Kepala Negara RI Susilo Bambang Yudhoyono Ke 1 Oktober 2011.

Dibangun Ke atas lahan seluas 550 hektar Bersama biaya Di Rp 625 miliar, bandara ini Memiliki desain arsitektur yang menampilkan ciri khas Rumah adat Sasak.

Pembangunan landasan pacu dilakukan secara bertahap, dan kini bandara ini Memiliki landasan pacu sepanjang 3.300 meter Bersama lebar 45 meter, cukup Sebagai menampung pesawat berbadan besar.

7. Bandara Internasional Juanda (SUB)

Sejumlah pesawat udara terparkir di apron Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (8/11/2022). Bandar udara internasional Juanda menyiapkan berbagai dukungan berupa penyediaan infrastruktur 17 parking stand untuk penempatan parkir pesawat kepresidenan dan penambahan jam operasional bandara menjadi 24 jam serta sumber daya manusia. ANTARA FOTO/Umarul Faruq/aww.Sejumlah pesawat udara terparkir Ke apron Bandara Internasional Juanda Surabaya Ke Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (8/11/2022). Foto: Di FOTO/Umarul Faruq

Bandara yang mengabadikan nama Perdana Pembantu Kepala Negara Indonesia, Djuanda Kartawidjaja, Memiliki kapasitas Sebagai menampung 8,7 juta penumpang per tahun.

Terletak Ke Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, atau Di 20 km Bersama Kota Surabaya, bandara ini berdiri Ke atas lahan seluas 477 hektar.

Bandara Internasional Juanda merupakan salah satu bandara tersibuk Ke Indonesia, selain Bandara Soekarno-Hatta, Ngurah Rai, Hang Nadim, dan Kualanamu.

8. Bandara Internasional Minangkabau (PDG)

Bandara Internasional MinangkabauBandara Internasional Minangkabau Foto: Istimewa.

Terletak Ke Provinsi Sumatera Barat, Bandara Internasional Minangkabau mulai dibangun Ke tahun 2002 dan resmi beroperasi Ke 22 Juli 2005, menggantikan Bandar Udara Tabing.

Bersama luas tanah mencapai 427 hektar, bandara ini Memiliki landasan pacu sepanjang 3.000 meter dan lebar 45 meter. Awalnya, terminal bandara hanya Memiliki luas 20.568 meter persegi, mampu menampung 2,3 juta penumpang per tahun.

Akan Tetapi, Setelahnya diperluas menjadi 49.000 meter persegi Ke tahun 2017, bandara ini dapat menampung hingga 5,9 juta penumpang per tahun.

Selain ekspansi terminal, bandara ini juga direncanakan Akansegera diperpanjang landasan pacunya Bersama 3.000 meter menjadi 3.600 meter.

9. Bandara Internasional Sultan Hasanudin (UPG)

Bandara Sultan HasanuddinBandara Sultan Hasanuddin Foto: Muhammad Taufiqurrahman/detikcom

Bandara Sultan Hasanuddin menjadi salah satu bandara terbesar Ke Indonesia Bersama luas area Di 381 hektar.

Di ini, bandara ini mampu menampung Di 7 juta penumpang setiap tahunnya, Akan Tetapi ada Ide Sebagai melakukan perluasan terminal Bersama tujuan Meningkatkan kapasitas penumpang menjadi 15 juta per tahun.

10. Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II (PKU)

Bersama luas sebesar 321 hektar, Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II (PKU) menjadi salah satu yang terbesar Ke Indonesia.

Bandara ini melayani penerbangan domestik dan internasional, menjadi salah satu gerbang utama Untuk wisatawan dan pelancong yang masuk Hingga Area Riau dan sekitarnya.

Di Itu, penamaan bandara ini didasarkan Bersama nama Syarif Kasim II, seorang sultan yang pernah memerintah Ke Riau Ke abad Hingga-19.

11. Bandara Internasional Dhoho (DHX)

Proyek pembangunan Bandara Internasional Dhoho Kediri telah menggunakan luas lahan yang besar, mencapai 317 hektar. Lahan tersebut telah diubah menjadi landasan pacu Bersama panjang 3.300 meter dan lebar 45 meter, melibatkan tiga kecamatan.

Di area bandara, dibangun sebuah terminal modern Bersama luas Prediksi Di 18.000 meter persegi. Bandara ini mampu menampung Di 1,5 juta penumpang setiap tahun, Bersama harapan kapasitasnya Akansegera terus Menimbulkan Kekhawatiran hingga mencapai 10 juta penumpang per tahun.

12. Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (BPN)

Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (BPN) terletak Ke Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia, Bersama akses yang strategis Sebagai melayani Area Kalimantan Timur dan sekitarnya.

Bersama dibangun Ke atas tanah seluas 300 hektar membuat bandara ini menjadi salah satu Bersama sekian bandara yang terluas Ke Indonesia.

Kemungkinan bandara ini juga Akansegera menjadi sangat sibuk dan terus dikembangkan Hingga depannya mengingat proyek IKN yang dilakukan Ke Kalimantan Timur.

Itu dia beberapa bandara terbesar Ke Indonesia. Siap berkunjung Hingga mana lagi traveler?

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: 12 Bandara Terbesar Ke Indonesia yang Perlu Diketahui