KBF Indonesia dan Pertamina Gelar Pelatihan Literasi Baca-Tulis Ke Tanah Papua

Kitong Bisa Foundation (KBF) Indonesia bekerja sama Bersama PT Pertamina (Persero) Melakukan Pelatihan Literasi Baca-Tulis Ke Tanah Papua. Foto: Ist

PAPUA – Sebagai komitmen mengatasi rendahnya tingkat literasi Ke Tanah Papua, Kitong Bisa Foundation (KBF) Indonesia bekerja sama Bersama PT Pertamina (Persero) Melakukan Kegiatan Pelatihan Literasi Baca-Tulis Ke Tanah Papua. Pelatihan literasi Sebagai Regu pengajar ini resmi dibuka secara daring Ke Selasa, 9 Juli 2024.

Pembukaan ini dihadiri beberapa stakeholder maupun mitra yang terlibat dan mendukung kegiatan ini yakni Staf Khusus Pemimpin Negara Bidang Pembaharuan, Belajar, dan Daerah Terluar Billy Mambrasar, Manager CSR PT Pertamina (Persero) Dian Hapsari, Kepala Balai Penjaminan Mutu Belajar (BPMP) Provinsi Papua Junus Simangunsong.

Lalu, Staf PAUD Dikmas Dinas Belajar dan Kebudayaan Kota Jayapura Sugi Rahayu, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Kabupaten Merauke Yuliastri Karim, dan Dosen PGSD FKIP Universitas Musamus Yonarlianto Tembang beserta mahasiswa Universitas Musamus.

Billy mengatakan, tingkat buta huruf Ke Daerah-Daerah terluar Indonesia masih sangat tinggi. Sebagai itu, peningkatan literasi baca-tulis sangat penting Untuk Komunitas, khususnya Ke Tanah Papua sekaligus mengapresiasi KBF Indonesia dan Pertamina yang telah Melakukan kegiatan ini.

“Peningkatan literasi ini penting Lantaran merupakan skil pertama Bersama seorang manusia Di mengabsorpsi skill-skill yang lain Ke Lalu hari. Sambil kalau kita melihat tingkat buta huruf Ke provinsi-provinsi terluar Indonesia masih sangat tinggi. KBF Indonesia hadir Bersama Pertamina menciptakan Pembaharuan-Pembaharuan Sebagai Memangkas gap tersebut,” ujar Billy yang juga Duta Pembangunan Ketahanan Nasional (Agenda Global).

Sebagai pendukung utama kegiatan ini, PT Pertamina Melewati Manager CSR Dian Hapsari menyampaikan kegiatan ini disambut baik Bersama Pertamina Lantaran sebagai BUMN yang beroperasi Ke Daerah Timur Indonesia. Upaya Memperbaiki Mutu Belajar Ke Indonesia Timur menjadi salah satu bentuk tanggung jawab Pertamina Di melaksanakan Langkah Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan.

“Pertamina mempunyai 4 Langkah tanggung jawab sosial dan lingkungan yaitu Pertamina Cerdas, Pertamina Hijau, Pertamina Sehat, dan Pertamina Berdikari. Nah, kegiatan ini salah satunya Bersama Pertamina Cerdas Ke bidang Belajar. Kami ingin berkontribusi Di upaya anak-anak ini merupakan Penanaman Modal, anak-anak ini adalah Kandidat pemimpin bangsa Agar Pertamina ingin turut serta berperan Di mendidik dan membangun karakter anak-anak,” kata Dian Melewati Zoom.

Kepala Balai Penjaminan Mutu Belajar (BPMP) Provinsi Papua Junus Simangunsong mengatakan, semua anak-anak khususnya Ke Tanah Papua Memperoleh hak yang sama Di memperoleh Belajar yang berkualitas. Melewati kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan minat baca anak-anak Ke Papua.

“Kita Memperoleh tantangan Ke Papua. Anak-anak kita masih banyak yang belum lancar Malahan belum bisa membaca walaupun sudah lulus Bersama satuan Belajar. Bersama kegiatan bersama ini bisa menumbuhkan minat baca Untuk anak-anak yang seharusnya mereka miliki, mereka bisa membaca, bisa menulis, Agar mereka mengenal atau memahami dunia kontekstual atau dunia nyata Di kehidupan sehari-hari, ini sangat penting,” ujar Junus.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: KBF Indonesia dan Pertamina Gelar Pelatihan Literasi Baca-Tulis Ke Tanah Papua