Waspada! Gelombang Tinggi hingga 4 Meter Di Samudera Hindia Selatan Jateng-Jatim

BMKG Menerbitkan peringatan dini gelombang tinggi hingga 4 meter yang Berpotensi Untuk terjadi Di Samudera Hindia selatan Jawa Ditengah-Jawa Timur Di 19-20 Juli 2024. Foto/SINDOnews

JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Menerbitkan peringatan dini gelombang tinggi hingga 4 meter yang Berpotensi Untuk terjadi Di Samudera Hindia selatan Jawa Ditengah-Jawa Timur Di 19-20 Juli 2024. Hal ini dipengaruhi Di pola angin Di Area Indonesia Pada utara umumnya bergerak Untuk tenggara-barat daya Di Kelajuan angin berkisar 6-25 knot.

Sambil Itu Di Area Indonesia Pada selatan umumnya bergerak Untuk timur-tenggara Di Kelajuan angin berkisar 10-30 knot. Kelajuan angin tertinggi terpantau Di Selat Makassar Pada selatan.

“Kemakmuran ini, dapat menyebabkan peningkatan gelombang tinggi Di kisaran 2,5 hingga 4 meter berpeluang terjadi Di Samudera Hindia Barat Lampung, Samudera Hindia Selatan Jawa Ditengah hingga Jawa Timur,” tulis BMKG Untuk keterangan resminya, Jumat (19/7/2024).

Setelahnya Itu sejumlah perairan Indonesia juga Berpotensi Untuk Merasakan gelombang setinggi 1,25-2,5 meter Di perairan utara Pulau Sabang, perairan barat Aceh-Kepulauan Mentawai, perairan Pulau Enggano-Bengkulu, perairan barat Lampung, Samudera Hindia Barat Aceh-Bengkulu, Selat Sunda Pada barat dan selatan, perairan selatan Jawa-Pulau Sumba, Selat Bali-Lombok-Alas-Sape Pada selatan, Selat Sumba Pada barat, Laut Sawu.

Setelahnya Itu Di Samudera Hindia Selatan Banten-Jawa Ditengah, perairan Kupang-Pulau Rote, Samudera Hindia Selatan Kupang, Laut Natuna, Selat Karimata, Laut Jawa, perairan utara Jawa Timur-Pulau Kangean, Laut Bali, Laut Sumbawa, Laut Flores, Teluk Bone, perairan Baubau-Wakatobi, Teluk Tolo, perairan Keppulauan Banggai-Pulau Sula.

Lanjutnya, Di perairan selatan Sulawesi Utara, Laut Maluku, perairan Kepulauan Sangihe-Talaud, perairan Halmahera, Laut Halmahera, Laut Seram, perairan selatan Papua Barat, perairan Sorong, perairan Fakfak-Kaimana, perairan Pulau Buru-Pulau Seram, Laut Banda, perairan Kepulauan Kai-Aru, perairan Kepulauan Sermata-Tanimbar, Laut Arafuru.

BMKG mengingatkan bahwa potensi gelombang tinggi Di beberapa Area tersebut dapat berisiko Pada keselamatan pelayaran. Untuk itu, BMKG selalu mengimbau Komunitas Untuk selalu waspada, terutama Untuk nelayan yang beraktivitas Di moda transportasi seperti Perahu Nelayan (Kelajuan angin lebih Untuk 15 knot dan tinggi gelombang Di atas 1,25 m).

Kapal Tongkang (Kelajuan angin lebih Untuk 16 knot dan tinggi gelombang Di atas 1,5 m), Kapal Ferry (Kelajuan angin lebih Untuk 21 knot dan tinggi gelombang Di atas 2,5 m), dan Kapal Ukuran Besar seperti Kapal Kargo/Kapal Pesiar (Kelajuan angin lebih Untuk 27 knot dan tinggi gelombang Di atas 4,0 m).

“Dimohon kepada Komunitas yang tinggal dan beraktivitas Di pesisir Di area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada,” imbau BMKG.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Waspada! Gelombang Tinggi hingga 4 Meter Di Samudera Hindia Selatan Jateng-Jatim