Profil Mayjen TNI Djaka Budhi Utama, Jenderal Kopassus yang Ditunjuk Karena Itu Irjen Kemhan

Mayjen TNI Djaka Budhi Utama diangkat menjadi Inspektur Jenderal Kementerian Lini Pertahanan (Irjen Kemhan). Foto/istimewa

JAKARTA – Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto melakukan mutasi Pada 18 perwira tinggi (Pati) TNI. Salah satunya, Mayjen TNI Djaka Budhi Utama yang diangkat menjadi Inspektur Jenderal Kementerian Lini Pertahanan (Irjen Kemhan).

Mayjen TNI Djaka Budhi Utama yang Sebelumnya menjabat sebagai Asintel Panglima TNI ini Akansegera menggantikan Letjen TNI Budi Prijono yang dimutasi menjadi Pati Mabes TNI AD Untuk rangka pensiun.

Penunjukan Mayjen TNI Djaka Budhi Utama sebagai Irjen Kemhan tertuang Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/683/VI/2024 tentang Pemberhentian Untuk dan Pengangkatan Untuk Jabatan Di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia yang ditetapkan Panglima TNI Di 14 Juni 2024 lalu.

Didalam tugas dan jabatan barunya tersebut, Mayjen TNI Djaka Budhi Utama Akansegera Menyambut kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi Untuk Sebelumnya menjadi Letnan Jenderal (Letjen) TNI.

Abituren Akademi Militer (Akmil) 1990 Untuk satuan Infanteri Kopassus ini merupakan prajurit Korps Baret Merah yang Memperoleh karier militer cukup cemerlang. Sejumlah jabatan strategis pernah diembannya, Di lain Danyonif 115/Macan Lauser, Sesudah Itu Dandim 0908/Bontang, dan Danrem 012/Teuku Umar.

Jenderal Kopassus kelahiran Jakarta 9 November 1967 ini Sesudah Itu diangkat menjadi Danpusintelad, Berikutnya Waaspam Kasad, Kasdam XII/Tanjungpura, dan Deputi Bidang Koordinasi Politik Untuk Negeri Kemenko Polhukam.

Di Di Itu, dia juga pernah menjabat sebagai Pa Sahli Tingkat III Bidang Ekkudag Panglima TNI, Staf Khusus Panglima TNI, Pa Sahli Tingkat III Bidang Sosbudkum Hak Fundamental dan Bahaya Narkotika Panglima TNI, Asintel Panglima TNI Sebelumnya akhirnya diangkat menjadi Irjen Kemhan RI.

Selain banyak menduduki jabatan penting Di TNI, dia juga banyak mengikuti Belajar militer. Lulus Untuk Akmil, dia melanjutkan pendidikannya Hingga Sessarcabif, Sesudah Itu Dik PARA Komando, Diklapa I dan II.

Termasuk Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad), Susdanyon, Susdandim, Sekolah Staf dan Komando TNI (Sesko TNI) hingga Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas)

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Profil Mayjen TNI Djaka Budhi Utama, Jenderal Kopassus yang Ditunjuk Karena Itu Irjen Kemhan