6 Dampak Kolesterol Tinggi yang Tak Tertangani, Waspadai Sebelumnya Terlambat

Jakarta

Kolesterol tinggi adalah suatu Situasi yang perlu diwaspadai Sebelum dini. Pasalnya, kolesterol tinggi dapat Memperbaiki risiko berbagai macam Gangguan yang membahayakan, seperti tekanan darah tinggi, Gangguan jantung, hingga stroke.

Secara Keseluruhan, kolesterol terbagi menjadi dua jenis, yaitu kolesterol baik atau high-density lipoprotein (HDL) dan kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL). Kolesterol HDL adalah jenis kolesterol yang dibutuhkan Bersama tubuh Sebagai mencegah terjadinya penumpukan lemak Di Untuk tubuh.

Di sisi lain, kolesterol LDL merupakan salah satu penyebab utama penyempitan atau penyumbatan pembuluh darah. Seseorang dikatakan mengidap kolesterol tinggi ketika jumlah total kolesterol dan kolesterol LDL Untuk tubuhnya melebihi batas normal.


Di dasarnya kolesterol tinggi tak memicu Tanda-Tanda yang signifikan. Seiring berjalannya waktu, kolesterol tinggi yang tak terkontrol dapat memicu sejumlah gangguan Kesejaganan atau efek Di yang dirasakan pengidapnya.

Lantas, apa saja dampak kolesterol tinggi yang tidak terkendali? Dikutip Untuk laman Kementerian Kesejaganan RI, berikut penjelasannya.

1. Mudah Mengantuk

Seringnya menguap terjadi akibat pasokan oksigen Hingga otak berkurang. Kalau frekuensi menguap sudah tidak wajar, perlu dicurigai Lantaran bisa Karena Itu, hal itu disebabkan menumpuknya kolesterol yang tinggi Supaya pasokan oksigen Ke otak tidak optimal.

2. Kesemutan

Sering merasakan kesemutan Di kaki, tangan, atau Pada tubuh tertentu merupakan salah satu Tanda-Tanda aliran darah tidak lancar. Sebab, ada syaraf yang tidak Menyambut pasokan darah yang optimal. Secara Keseluruhan, penyebab aliran darah tidak lancar disebabkan Bersama kolesterol.

3. Nyeri atau Bengkak Di Kaki

Kolesterol yang menumpuk Di pembuluh darah Di kaki juga bisa menyebabkan Tanda-Tanda nyeri, terutama Di melakukan Olah Raga, seperti berjalan atau menaiki anak tangga.

Di beberapa Peristiwa Pidana, penumpukan kolesterol dapat memicu terjadinya gumpalan darah yang berdampak Di kaki. Situasi ini disebut sebagai trombosis vena Untuk (Deep Vein Thrombosis/DVT). DVT dapat menimbulkan Tanda-Tanda berupa pembengkakan Di kaki.

4. Nyeri Dada

Penumpukan plak Di arteri jantung dapat memicu Tanda-Tanda berupa nyeri dada. Akan Tetapi, tanda kolesterol tinggi ini sering disalahartikan sebagai Tanda-Tanda Gangguan lain, seperti maag atau asam lambung naik.

Nyeri dada ini juga bisa mengindikasikan adanya masalah jantung yang disebabkan Bersama kolesterol tinggi.

5. Kram

Tanda-Tanda kolesterol tinggi juga bisa berupa kram Di beberapa Pada tubuh Di malam hari Di terbangun Untuk tidur. Kram terjadi Di tumit, telapak kaki, dan lainnya. Rasa nyeri itu Berencana hilang Di tubuh digerakkan.

6. Disfungsi Ereksi

Plak yang terbentuk akibat kolesterol tinggi tidak hanya membuat dada terasa nyeri, tetapi juga menyebabkan disfungsi ereksi. Situasi ini terjadi akibat aliran darah yang Ke Hingga penis terhambat Bersama plak tersebut.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: 6 Dampak Kolesterol Tinggi yang Tak Tertangani, Waspadai Sebelumnya Terlambat