8 Jenis Rumput Laut yang Populer Dimakan dan Manfaatnya Untuk Kesejajaran

Jakarta

Rumput laut biasanya digunakan Untuk masakan Jepang. Sebagai Hidangan yang bisa dimakan, rumput laut sering disebut sebagai Hidangan super.

Hal ini Sebab manfaat Kesejajaran yang didapat Didalam sayuran hijau tersebut. Ada mineral, antioksidan, serta vitamin A, C, E, dan B12. Yuk, ketahui berbagai jenis rumput laut yang biasanya dipakai Untuk masakan.

Jenis Rumput Laut yang Populer Dimakan

Ada banyak jenis rumput laut yang biasanya dipakai Untuk hidangan masakan. Ada nori, kombu, hingga selada laut.


1. Nori

Nori adalah rumput laut berwarna merah keunguan yang berubah menjadi hijau tua Di dikeringkan. Mengutip Master Class, Untuk menjadi nori yang kering, rumput ini dipanggang dan ditekan agar menjadi lembaran.

Biasanya, restoran Jepang Akansegera menggunakan nori Untuk membungkus sushi dan onigiri. Selain berbentuk lembaran, ada juga nori yang dibuat menjadi bubuk. Nori jenis ini biasanya digunakan sebagai bumbu Untuk masakan tradisional Jepang.

2. Kombu

Kombu menjadi salah satu rumput laut yang paling populer Ke Asia Timur. Pulau terbesar Ke Jepang, Hokkaido merupakan salah satu penghasil kombu terbesar. Meski begitu, kombu juga banyak ditemukan Ke sepanjang pantai California.

Kombu menjadi bahan utama dashi, yaitu kaldu sup Untuk banyak masakan Jepang, seperti miso soup dan ramen. Rumput laut ini juga digunakan Untuk membuat teh Jepang yang disebut Didalam kombucha.

3. Wakame

Hutan rumput laut laminaria menyediakan spesies rumput laut bernama Wakame. Wakame dikenal juga sebagai mustard laut,

Tak hanya kombu, rumput laut berwarna hijau tua ini juga sering digunakan Untuk membuat miso soup. Rasanya halus seperti sutra dan merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik.

4. Dulse

Dulse adalah rumput laut kemerahan yang ada Ke perairan dingin Atlantik Utara dan Samudra Pasifik. Rumput laut ini tumbuh menempel Di bebatuan.

Dulse biasanya dijual Untuk bentuk serpihan kering, diparut atau digiling menjadi bubuk. Biasanya, dulse digunakan Untuk sup, dipanggang menjadi keripik dan digunakan sebagai bumbu daging.

5. Hijiki

Hijiki adalah rumput laut berwarna coklat yang berubah menjadi hitam Di dikeringkan. Tumbuhan ini diambil Ke garis pantai berbatu China, Jepang, dan Korea.

Setelahnya dipanen Didalam laut, Hijiki direbus dan dikeringkan. Seringkali, rumput laut ini dimasak Didalam tumisan atau disajikan Didalam ikan.

6. Selada Laut

Menurut Tasting Table, selada laut dikenal Didalam nama Ulva Lactuca. Bentuk dan warnanya memang mirip Didalam sayuran selada.

Selada laut disajikan Untuk Kebugaran segar atau kering. Cita rasanya agak berbeda, selada laut segar rasanya asin dan agak pedas Didalam aroma segar seperti rumput. Sambil selada laut kering rasanya begitu pekat.

7. Irish Moss

Irish moss adalah alga ungu dan merah yang berasal Didalam garis pantai Atlantik Ke Amerika Serikat dan Eropa. Jenis rumput laut ni menyerupai pohon mini Didalam cabang-cabang yang menyebar Didalam batangnya.

Irish mosh bisa digunakan sebagai pengental Hidangan. Agar, biasanya rumput laut i digunakan Untuk membuat puding dan mengentalkan kaldu.

8. Arame

Arame merupakan rumput laut yang populer lainnya dimasukkan Ke Untuk Hidangan. Sebab, rumput laut ini Memperoleh nilai gizi yang tinggi Didalam rasa agak manis.

Arame berbentuk untaian panjang berwarna coklat yang menyerupai pasta kering. Menurur Fitday, rumput laut ini kaya Akansegera serat, kalsium, zat besi, yodium, magnesium, dan vitamin A.

Manfaat Mengkonsumsi Rumput Laut

Tak hanya Memperoleh cita rasa yang enak, rumput laut mempunyai sejumlah manfaat Kesejajaran. Mengutip Healthline, berikut beberapa Ke antaranya:

Rumput laut mengandung banyak serat dan tidak mengandung kalori. Hal ini dapat membantu membuat rasa kenyang lebih lama, Agar menunda rasa lapar.

2. Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2

Di tahun 2040, sebanyak 642 juta orang Ke dunia diperkirakan menderita diabetes tipe 1 atau tipe 2. Rumput laut menjadi fokus Eksperimen Untuk membantu orang-orang yang berisiko terkena diabetes.

Sebuah Eksperimen Pada 8 minggu melibatkan 60 orang Jepang. Hasilnya, zat Untuk rumput laut coklat bisa membantu Meningkatkan kontrol gula darah.

3. Mendukung Kesejajaran Usus

Rumput laut merupakan sumber serat yang sangat baik dan dikenal bisa Meningkatkan Kesejajaran usus. Jumlah seratnya Disekitar 25%-75% Didalam berat rumput laut kering, lebih tinggi Didalam kandungan serat Di kebanyakan buah dan sayur.

Serat bisa digunakan sebagai sumber Hidangan Untuk bakteri Ke usus besar. Gula yang ditemukan Untuk rumput laut terbukti Meningkatkan Perkembangan bakteri baik Ke usus.

4. Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas berlebih Disorot sebagai penyebab Didalam beberapa Gangguan, seperti jantung dan diabetes. Antioksidan dapat membuat radikal bebas menjadi kurang reaktif.

Rumput laut mengandung antioksidan vitamin A, C, dan E, serta senyawa tumbuhan yang bermanfaat seperti flavonoid dan karotenoid. Kedua senyawa tersebut terbukti melindungi sel-sel tubuh Didalam kerusakan akibat radikal bebas.

5. Mendukung Fungsi Tiroid

Kelenjar tiroid melepaskan hormon tiroid sesuai Didalam jumlah kebutuhan tubuh. Agar, kelenjar ini menjamin Perkembangan dan perkembangan yang normal.

Tak hanya itu, kelenjar tiroid juga mengatur sejumlah fungsi homeostasis tubuh Untuk upaya mempertahankan metabolisme tubuh yang normal. Untuk membuat hormon, tiroid bergantung Di yodium.

Tanpa yodium yang cukup, maka tubuh bisa Merasakan Tanda seperti perubahan berat badan, kelelahan, atau pembengkakan leher seiring berjalannya waktu. Rumput laut mempunyai kemampuan Untuk menyerap yodium Untuk jumlah terkonsentrasi Didalam laut. Kandungan yodiumnya bervariasi, tergantung Di jenis, tempat tumbuh, dan cara pengolahan rumput laut.

Itulah beberapa jenis rumput laut yang populer dimakan beserta manfaat mengkonsumsinya. Apa rumput laut termasuk Hidangan favoritmu?

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: 8 Jenis Rumput Laut yang Populer Dimakan dan Manfaatnya Untuk Kesejajaran