9 Manfaat Daun Sambung Nyawa, Bumbu Masakan Penuh Khasiat Sebagai Kesejaganan

Jakarta

Daun sambung nyawa sering ditemui Hingga dapur sebagai bumbu masakan. Daun ini Memiliki nama Latin Gynura procumbens. Asal-usul daun ini mencakup Area Afrika, Asia Tenggara, dan Tiongkok.

Di bahasa lain, daun sambung nyawa Memiliki nama yang juga merujuk Di berbagai manfaatnya Sebagai Kesejaganan. Misalnya Di bahasa Inggris, tanaman ini disebut longevity spinach.

Lalu, apa saja manfaat daun sambung nyawa Untuk Kesejaganan? Simak Hingga artikel berikut.


Manfaat Daun Sambung Nyawa Sebagai Kesejaganan

Berikut ragam manfaat daun sambung nyawa Sebagai Kesejaganan.

1. Mencegah Hipertensi dan Melindungi Jantung

Daun sambung nyawa Memiliki sifat antihipertensi dan melindungi area kardiovaskular. Berdasarkan studi tahun 2011 yang dilakukan Bersama University of Malaya, konsumsi daun sambung nyawa efektif menurunkan tekanan darah.

Hal ini Lantaran daun sambung nyawa menghalangi kinerja enzim yang membentuk hormon angiotensin, hormon yang berperan Meningkatkan tekanan darah.

Kajian lain yang dilakukan Bersama School of Pharmaceutical Sciences, Malaysia Di tahun 2012 Menunjukkan bahwa ekstrak daun sambung nyawa Memiliki dampak positif Di Kegiatan kardiovaskular. Tak heran jika tanaman ini sudah lama dipakai sebagai Terapi tradisional Sebagai mengobati hipertensi.

2. Melawan Diabetes

Salah satu kegunaan daun sambung nyawa sebagai tanaman Terapi adalah mengobati diabetes. Studi tahun 2000 yang dilakukan Bersama Department of Pharmacology, National University of Singapore, menemukan bahwa ekstrak daun sambung nyawa mampu menurunkan level glukosa secara signifikan.

3. Bersifat Antioksidan

Kajian tahun 2021 yang dilakukan Bersama Research Institute of Life Science and College of Veterinary Medicine, Gyeongsang National University menemukan setidaknya ada 9 senyawa polifenol yang terkandung Di daun sambung nyawa.

Polifenol sendiri adalah senyawa Di tumbuhan yang berperan sebagai antioksidan alami. Ini Menunjukkan bahwa daun sambung nyawa kaya Berencana antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.

4. Mencegah Peradangan

Kajian yang sama juga mendapati bahwa kandungan senyawa fenol Di ekstrak daun sambung nyawa Memiliki sifat antiinflamasi. Sifat ini membantu sistem Kekebalan melawan Gangguan yang disebabkan Bersama peradangan, seperti rematik dan sinusitis.

5. Meningkatkan Kesuburan

Bukan hanya mengobati diabetes, daun sambung nyawa juga membantu mengobati infertilitas yang merupakan salah satu dampak Bersama diabetes. Karena Itu, tanaman ini membantu Meningkatkan kesuburan pria.

Studi tahun 2018 yang dilaksanakan Bersama Universiti Kebangsaan Malaysia Menunjukkan bahwa ekstrak daun sambung nyawa memicu produksi protein yang berperan Di pematangan sperma dan Komitmen sperma Bersama sel telur.

6. Melawan Bakteri Penyebab Penyakit Menyebar

Daun sambung nyawa Memiliki sifat antimikroba. Kajian tahun 2012 yang diterbitkan Hingga jurnal Sains Malaysiana Menunjukkan bahwa daun sambung nyawa Memiliki sifat antimalaria.

Kajian lain yang dilakukan Bersama Jashore University of Science and Technology Menunjukkan bahwa ekstrak daun sambung nyawa Memiliki sifat antibakteri Di beberapa patogen, seperti Escherichia coli yang menginfeksi usus serta Staphylococcus aureus yang menginfeksi kulit serta jaringan tubuh.

7. Melawan Kanker

Daun sambung nyawa pun telah lama digunakan sebagai Terapi herbal Sebagai mengobati berbagai jenis kanker, seperti leukimia, kanker rahim, dan kanker payudara.

Berdasarkan review tahun 2016 yang terbit Di jurnal Frontiers in Pharmacology, tanaman ini melawan kanker Bersama beberapa cara. Yang pertama adalah daun sambung nyawa menghalangi fase awal karsinogenesis, yaitu proses Kemajuan kanker Bersama sel normal menjadi sel ganas.

Daun sambung nyawa juga melawan kanker Bersama menghambat pembelahan sel-sel kanker, Agar sel ganas tidak menyebar Bersama cepat.

Lalu, daun sambung nyawa menghambat rute-rute angiogenesis, yaitu pembentukan pembuluh darah Mutakhir. Dampaknya, Kemajuan dan penyebaran sel-sel tumor terhambat.

8. Melindungi Sistem Pencernaan

Daun sambung nyawa juga ampuh melindungi berbagai jaringan tubuh, salah satunya lambung. Berdasarkan Kajian tahun 2010 yang terbit Di Journal of Medicinal Plants Research, daun sambung nyawa mampu melindungi sistem pencernaan, secara khusus dinding lambung.

Di Kajian tersebut, tikus diberi ekstrak daun sambung nyawa, Lalu diberikan ethanol murni Sebagai menimbulkan luka Di mukosa lambung. Hasilnya, kelompok tikus yang diberi ekstrak daun sambung nyawa tidak Merasakan luka yang signifikan. Sambil Itu tikus yang tidak diberi ekstrak daun sambung nyawa Merasakan luka mukosa lambung yang cukup parah.

9. Melindungi Kulit

Mengutip Kajian tahun 2022 yang diterbitkan Di Journal of Dermatology, Venereology, and Aesthetic, paparan sinar ultraviolet memicu peningkatan regulasi matrix metalloproteinase (MMP). MMP yaitu enzim yang berperan Di proses photoaging, alias penuaan kulit akibat cahaya yang ditandai Bersama keriput dan penipisan kulit.

Maka Itu, regulasi MMP merupakan salah satu strategi Upaya Mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari. Hingga sinilah kegunaan daun sambung nyawa Di melindungi kulit.

Studi tahun 2011 yang diterbitkan Hingga Journal of Ethnopharmacology menemukan bahwa ekstrak daun sambung nyawa mampu menghambat produksi MMP sebanyak 70%. Ini Memangkas proses photoaging akibat paparan sinar UV.

Itu dia segudang manfaat daun sambung nyawa. Daun ini bisa dimakan mentah sebagai lalapan, diolah menjadi lauk, maupun dijadikan rebusan seperti teh. Semoga bermanfaat!

Simak Video “Temuan Peneliti soal Orang Utan Sembuhkan Lukanya Sendiri Pakai Tanaman Terapi

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: 9 Manfaat Daun Sambung Nyawa, Bumbu Masakan Penuh Khasiat Sebagai Kesejaganan