8 Penyebab Sariawan Di Mulut dan Penyakit Terkaitnya

Jakarta

Sariawan atau stomatitis Di dasarnya adalah radang Di mulut yang terasa nyeri atau perih. Radang ini menjadi Penyakit yang umum terjadi Di setiap orang.

Walaupun kadang bentuknya kecil, sariawan sangat mengganggu ketika kita Lagi makan, minum, berbicara, hingga tidur. Sariawan sering muncul Di gusi, lidah, bibir, dan langit-langit mulut.

Biasanya sariawan bisa sembuh sendirinya Pada 1-2 minggu. Tetapi tahukah kamu? Ada sariawan yang sangat parah, banyak, dan tidak kunjung sembuh Di waktu yang lama. Bersama Detail mengenai sariawan, berikut jenis dan penyebab sariawan, serta Penyakit yang Yang Terkait Bersama.


Jenis Sariawan

Sariawan Memperoleh beberapa jenis mulai Untuk minor, mayor, hingga yang paling parah yaitu hipertiform. Berikut penjelasan lengkapnya.

Sariawan Minor

Sariawan minor adalah berbentuk oval atau bulat kecil berukuran kurang Untuk 5 milimeter. Sariawan minor bisa sembuh Untuk waktu 1 hingga 2 minggu dan tidak meninggalkan bekas luka.

Menurut Healthline, 80% orang Bersama sariawan Memperoleh sariawan minor, menjadikannya jenis yang paling umum.

Sariawan Mayor

Sariawan mayor lebih besar dan lebih Untuk daripada sariawan minor. Ukurannya sering lebih Untuk 10 milimeter.

Sariawan mayor memerlukan waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan Untuk sembuh. Ini juga menyebabkan bekas luka Di waktu yang lama

Sariawan Herpetiform

Sariawan herpetiform berbentuk sangat kecil seperti titik, muncul Untuk kelompok, dan sering muncul Di lidah. Kadang-kadang kelompok ini bisa bergabung membentuk satu luka besar. Sariawan herpetiform Memperoleh tepi yang tidak beraturan dan sering sembuh Untuk waktu 1 bulan tanpa meninggalkan bekas luka.

Penyebab Sariawan

Nah Sebab jenisnya juga beragam, penyebab sariawan juga sangat beragam. Berikut 8 penyebab sariawan.

1. Iritasi Dari Citarasa Pedas atau Asam

Citarasa asam atau pedas dapat mengiritasi jaringan lunak Di Untuk mulut, menyebabkan sariawan atau memperburuk yang sudah ada.

2. Menggigit Lidah atau Pipi Pada Untuk

Kerusakan kecil seperti menggigit lidah atau pipi dapat menyebabkan luka Di Untuk mulut, yang Setelahnya Itu bisa menjadi sariawan. Luka tersebut tidak hanya berasal Untuk gigitan, tapi juga hal lainnya misalnya menggosok gigi terlalu keras.

3. Kawat Gigi, Gigi Palsu, atau Tambalan Gigi yang Tidak Pas

Kawat gigi, gigi palsu, atau tambalan yang tidak pas bisa menggesek atau menekan jaringan mulut, menyebabkan iritasi dan sariawan.

4. Stress atau Kecemasan

Tekanan emosional dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan peradangan Di Untuk mulut, memicu sariawan

5. Efek Samping Terapi

Beberapa efek Samping Terapi-obatan dapat memicu timbulnya sariawan jika digunakan Untuk jangka panjang. Misalnya kemoterapi, Terapi anti-epilepsi, antibiotik, dan kortikosteroid.

6. Perubahan Hormonal Pada Kehamilan, Pubertas, atau Menopause

Perubahan hormon dapat mempengaruhi Kesejaganan mulut dan membuat seseorang lebih rentan Di sariawan.

7. Kurangnya Asupan Citarasa Bergizi

Kekurangan Citarasa Bergizi seperti zat besi, asam folat, zinc, dan vitamin B2 juga dapat menyebabkan sariawan Di bibir. Untuk mencegah Situasi ini, penting Untuk memastikan tubuh Memperoleh asupan vitamin yang cukup setiap hari.

8. Berhenti Merokok

Berhenti merokok secara tidak langsung juga bisa menyebabkan sariawan Sebab bisa menyebabkan Tekanan fisik dan emosional dan memicu timbulnya sariawan.

Sariawan Merupakan Penyakit Tertentu?

Sariawan kecil Di umumnya Bisa Jadi Berencana sembuh Bersama sendirinya Untuk 1-2 minggu. Tetapi Untuk Peristiwa Pidana yang sudah parah, sariawan bisa Dari Sebab Itu merupakan Tanda Penyakit tertentu. Berikut penjelasannya

Herpes

Herpes adalah jenis Gangguan Menyebar Mikroba yang menimbulkan luka berisi cairan Di kulit atau selaput lendir. Gangguan Menyebar herpes disebabkan Dari Mikroba herpes simpleks (HSV). Penyakit ini juga menyebabkan sariawan Di mulut

HIV

Sariawan bisa menjadi salah satu Tanda awal atau tanda Gangguan Menyebar HIV. Gangguan Menyebar HIV mengakibatkan penurunan sistem kekebalan tubuh, yang membuat tubuh lebih rentan Di Gangguan Menyebar dan Penyakit lainnya, termasuk sariawan.

Penyakit Autoimun

Penyakit autoimun adalah Situasi ketika sistem kekebalan tubuh seseorang menyerang tubuhnya sendiri. Salah satu Penyakit autoimun yang menyebabkan sariawan adalah Lichen planus.

Penyakit ini menyebabkan ruam gatal Di Untuk mulut atau bercak leukoplakia yang mempengaruhi selaput lendir mulut dan menyebabkan sariawan.

Demikianlah penjelasan mengenai jenis-jenis dan penyebab sariawan. Semoga bermanfaat.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: 8 Penyebab Sariawan Di Mulut dan Penyakit Terkaitnya