Pengurus HAPPI Diminta Aktif Untuk Pembangunan Kelautan dan Kemaritiman

Ketua Umum Himpunan Ahli Pengelolaan Pesisir Indonesia (HAPPI) Muh. Rasman Manafi mengajak para pengurus berperan dan ambil Dibagian Untuk Keputusan pembangunan kelautan dan kemaritiman Indonesia. Foto/Istimewa

JAKARTA – Ketua Umum Himpunan Ahli Pengelolaan Pesisir Indonesia (HAPPI) Muh. Rasman Manafi mengajak para pengurus berperan dan ambil Dibagian Untuk Keputusan pembangunan kelautan dan kemaritiman Indonesia. Terutama Untuk penetapan Keputusan 5 hingga 20 tahun Hingga Didepan.

“Mainstream pembangunan kelautan dan maritim itu menjadi arus utama Untuk pembangunan kita Hingga Didepan. Karena Itu HAPPI harus ada dan memang perannya sangat ditunggu,” kata Rasman Pada melantik pengurus HAPPI periode 2023-2028 Di Swiss-Belresidences Kalibata, Jakarta Selatan, Sabtu (28/7/2024).

Sebelumnya, Rasman Manafi terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum HAPPI periode 2023-2028 Untuk Kongres Nasional HAPPI Hingga-IV Di 2023 yang diselenggarakan Di Balai Petitih, Kantor Gubernur Kalbar, Kota Pontianak, Di Senin, 27 November 2023.

Selain ketua umum, Kongres Nasional HAPPI Hingga-IV juga menetapkan Syarif Iwan Taruna Alkadrie sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen). Pelantikan pengurus HAPPI periode 2023-2028 yang didukung PT Pertamina Patra Niaga, berlangsung Bersama seminar nasional.

Untuk kesempatan itu, Rasman juga menekankan, jika bicara penataan ruang, Pada ini tidak lagi terpisah Di tata ruang darat dan laut. Tata ruang darat dan laut butuh terintegrasi. Sebab, jika tidak selaras Berencana terjadi konflik. “Yang Terkait Bersama ruang sudah terintegrasi Untuk satu dokumen. Misalnya Di Lokasi, sudah Untuk satu peraturan Lokasi,” ucapnya.

Rasman menyebut, HAPPI adalah miniatur sesungguhnya integrasi disiplin ilmu. “Di sini kesempatan HAPPI Bagi mengimplementasikan ilmu-ilmu dan kepakarannya. Bagaimana mengintegrasikan pemanfaatan yang ada Di darat dan Di laut bisa bersinergi,” katanya.

Rasman menambahkan, Langkah HPPI Hingga Didepan pertama memastikan sertifikasi keahlian. Rasman berharap Untuk waktu Didekat ahli pesisiran yang dinaungi HAPPI bisa terwujud meski membutuhkan energi, waktu dan perhatian yang juga amanah Bersama pengurus Sebelumnya.

“Kedua, diharapkan peran HAPPI bisa tampil baik Di tingkat nasional maupun Di Lokasi. Kalau kita sudah punya standar keahlian, maka Bersama keahlian itu harus dapat mendampingi pemerintah baik pusat maupun Lokasi Malahan sampai Hingga level swasta yang menyiapkan dokumen pengelolaan pesisirnya,” katanya.

Ketiga, kata Rasman, kolaborasi itu Untuk digagas. Untuk waktu Didekat pihaknya Berencana memulai berkolaborasi Bersama organisasi sejenis. “Sebab tidak Bisa Jadi kita bicara misalnya pengolahan hasil laut kalau misalnya kita tidak bicara bagaimana mengonservasi laut. Tidak Bisa Jadi kita bicara bagaimana mengonversi laut kalau kita tidak kendalikan daya dukung yang ada Di laut. HAPPI Memperoleh keahlian Di situ, kita Berencana coba masuk,” paparnya.

Rasman mengungkapkan, kinerja HAPPI berorientasi panjang Hingga Didepan. “Masa pergantian ini kan sesungguhnya Berencana terus berlangsung setiap lima tahun, Berencana ada perubahan Di Lokasi dan pusat. Untuk pandangan kami Di HAPPI masa ini sangat penting Sebab kita Berencana merencanakan pembangunan 20 tahun Hingga Didepan.”

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Pengurus HAPPI Diminta Aktif Untuk Pembangunan Kelautan dan Kemaritiman