Tekanan Darah Tak Terkendali? 5 Minuman Ini Cocok Sebagai ‘Jinakkan’ Hipertensi

Jakarta

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan Situasi yang harus diwaspadai. Hal ini Sebab hipertensi dikenal sebagai Penyakit ‘silent killer’ atau dapat membunuh secara diam-diam.

Mereka yang Memiliki hipertensi disarankan Sebagai memulai Life Style yang lebih sehat seperti rajin Latihan, Memangkas rokok, dan rutin mengonsumsi Terapi penurun tekanan darah.

Samping Itu, ada beberapa Minuman sehat yang dapat membantu menjaga tekanan darah agar tetap Di batas aman. Dikutip Didalam Healthline, berikut adalah beberapa Minuman sehat yang cocok dikonsumsi pengidap hipertensi.


1. Telur

Sebuah studi tahun 2023 Di Amerika Serikat membuktikan bahwa mereka yang makan lima butir telur atau lebih per minggu dikaitkan Didalam tingkat tekanan darah sistolik 2,5 mm Hg lebih rendah dibandingkan orang yang makan kurang Didalam setengah telur per minggu.

Mereka yang rutin mengonsumsi telur ternyata berisiko lebih kecil Sebagai terkena Situasi darah tinggi Di jangka panjang.

2. Brokoli

Antioksidan flavonoid yang ada Di brokoli diketahui dapat menurunkan tekanan darah. Kandungan ini dapat Meningkatkan fungsi pembuluh darah dan meningkatkankan kadar oksida nitrat Di tubuh.

Sebuah Eksperimen membuktikan mereka yang mengonsumsi empat porsi brokoli atau lebih per minggu Memiliki kemungkinan lebih rendah terkena tekanan darah tinggi. Orang-orang yang jarang mengonsumsi brokoli justru lebih rentan terkena darah tinggi.

3. Wortel

Senyawa nabati yang ada Di wortel ternyata dapat Menyediakan dampak baik kepada tubuh. Salah satunya adalah mengatur tekanan darah seseorang.

Sebuah studi tahun 2023 menemukan bahwa kemungkinan tekanan darah tinggi turun 10 persen Sebagai setiap 100 gram wortel (Di 1 cangkir wortel mentah parut) yang dimakan setiap hari.

4. Bayam

Senyawa nabati nitrat Di bayam ternyata mampu menurunkan tekanan darah seseorang. Samping Itu, bayam juga mengandung beberapa kandungan bermanfaat lain seperti antioksidan, potasium, kalsium, dan magnesium, yang dapat mendukung Kesejaganan jantung.

Sebuah Eksperimen membuktikan mereka yang mengonsumsi setidaknya 16,9 ons (500 mililiter) sup bayam tinggi nitrat setiap hari Di 7 hari Merasakan penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik dibandingkan Didalam mereka yang mengonsumsi sup asparagus rendah nitrat.

5. Jeruk

Selain dikenal kaya Berencana vitamin C, jeruk ternyata dapat membantu mengelola tekanan darah seseorang. Kandungan-kandungan vitamin, mineral, dan senyawa tumbuhan Di jeruk dapat menjaga Kesejaganan jantung, dan menurunkan risiko hipertensi.

Para peneliti menemukan bahwa makan Di 530 hingga 600 gram buah per hari (Di empat buah jeruk) bermanfaat Sebagai pengelolaan tekanan darah.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Tekanan Darah Tak Terkendali? 5 Minuman Ini Cocok Sebagai ‘Jinakkan’ Hipertensi