Wisata  

Ini 7 Gunung yang Disebut Paling Angker Ke Jawa Timur, Penasaran?


Jakarta

Di berakhir pekan, tak ada salahnya Untuk mencoba hal Mutakhir seperti mendaki gunung. Selain menikmati pemandangan alam dan udara segar, kamu juga bisa healing sejenak.

Meski begitu, ternyata ada sejumlah gunung Ke Jawa Timur yang disebut angker. Hal itu berdasarkan cerita horor Untuk para pendaki yang terkadang sulit diterima akal sehat.

Untuk cerita tersebut, akhirnya kerap disangkut-pautkan Bersama mitos atau legenda Kelompok setempat. Alhasil, tersebar cerita mistis tentang sejumlah gunung angker Ke Jawa Timur.


Penasaran, apa saja sih gunung Ke Jawa Timur yang disebut paling angker? Simak ulasannya Untuk artikel ini.

Gunung Paling Angker Ke Jawa Timur

Ada sejumlah gunung Ke Jawa Timur yang disebut paling angker. Biar nggak penasaran, simak daftarnya Ke bawah ini yang telah dirangkum detikTravel.

1. Gunung Kelud

Gunung Kelud merupakan gunung berapi paling aktif yang terletak Ke perbatasan Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, dan Kabupaten Malang. Ketinggian Gunung Kelud mencapai 1.731 mdpl.

Kawasan gunung ini dijadikan sebagai objek wisata Bersama atraksi utama kubah lava. Akansegera tetapi, beberapa orang menyebut kalau Gunung Kelud tergolong sebagai gunung angker.

Soalnya, jika kamu melihat seorang manusia berkepala kerbau, konon katanya hal itu menjadi pertanda gunung tersebut Akansegera meletus. Berdasarkan legenda Kelompok setempat, makhluk tersebut dipercaya sebagai Lembusura.

Ada juga kisah mistis lainnya tentang Gunung Kelud, yaitu keberadaan Keris Mpu Gandring yang dikubur Ke Untuk Gunung Kelud. Sebab, keris itu dipercaya Memperoleh kekuatan magis yang dapat mempengaruhi seseorang Untuk bertindak jahat.

2. Gunung Bromo

Gunung Bromo menjadi salah satu destinasi wisata alam Unjuk ketika berkunjung Di Malang. Salah satu daya tarik utamanya adalah melihat pemandangan sunrise yang memukau Untuk atas bukit.

Akansegera tetapi, ada kisah mistis yang cukup terkenal mengenai Gunung Bromo, yakni keberadaan kerajaan gaib yang dipercayai sebagai tempat berhuninya dewa-dewi Untuk ajaran Hindu.

Lalu, ada juga kisah tentang pasir hisap yang dipercaya Memperoleh kekuatan hisap yang dapat menenggelamkan siapapun Di dalamnya. Hiii seram!

Akansegera tetapi, lokasi pasir hisap ini hanya diketahui para tetuah Suku Tengger. Di Itu, Suku Tengger juga disebut-sebut kerap membuang benda pusaka Ke Disekitar Gunung Bromo.

3. Gunung Ijen

Foto: Ardian Fanani/detikJatim

Selain Bromo, Gunung Ijen juga merupakan salah satu destinasi wisata alam Unjuk Ke Jawa Timur. Gunung ini terkenal Bersama Kejadian Luar Biasa alam yang disebut blue fire atau api biru Ke Untuk kawahnya.

Meski punya keindahan alam yang mempesona, terdapat kisah mistis Ke balik Gunung Ijen. Sejumlah pendaki mengaku melihat penampakan sosok nenek yang suka menolong, penampakan segerombolan tentara pejuang, dan tanah para pemberontak berdasarkan legenda Kerajaan Blambangan.

4. Gunung Arjuno

Gunung Arjuno merupakan gunung berapi kerucut yang terletak Ke perbatasan Kota Batu, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Pasuruan. Gunung Arjuno Memperoleh ketinggian Disekitar 3.339 mdpl.

Ada tiga jalur pendakian yang cukup terkenal Ke Gunung Arjuno, mulai Untuk Lawang, Tretes, dan Batu. Ke sepanjang jalur pendakian, travelers bisa menemukan banyak petilasan peninggalan Kerajaan Majapahit dan Singasari.

Nah, mitos yang beredar mengatakan kalau Daerah petilasan dijaga Bersama Bambang Wisanggeni. Lalu, orang-orang yang bertapa Ke tempat tersebut Akansegera menghilang Bersama jasadnya.

Di Itu, ada kisah mistis lain mengenai Pasar Setan atau Pasar Dieng. Menurut kisah para pendaki, Di terdengar suara ramai dan gamelan itu artinya kamu sudah memasuki kawasan Pasar Setan.

Gunung Arjuno juga Memperoleh kawasan yang disebut Alas Lali Jiwo. Sejumlah warga setempat percaya kalau pendaki yang Memperoleh niat jahat Akansegera tersesat Ke area ini. Sebab, Alas Lali Jiwo dipercaya sebagai tempat hunian makhluk halus dan golongan jin.

5. Gunung Kawi

Gunung Kawi merupakan gunung berapi tidak aktif yang Memperoleh ketinggian 2.551 mdpl. Gunung ini terletak Ke sebelah barat daya Kabupaten Malang dan berbatasan Bersama Kabupaten Blitar.

Ada sejumlah kisah horor mengenai Gunung Kawi, salah satunya yang terkenal adalah terdapat makam dua tokoh yang dipercaya Memperoleh kekuatan magis.

Di Itu, Ke Disekitar makam juga terdapat pohon dewandaru yang Disorot sebagai pohon keramat. Lokasi itu kerap dijadikan sebagai tempat pengadaan ritual pesugihan Untuk sebagian orang Bersama sejumlah tujuan, salah satunya Merasakan kekayaan.

6. Gunung Wilis

Selain Gunung Kawi, terdapat juga gunung berapi non-aktif Ke Jawa Timur, yaitu Gunung Wilis atau Pegunungan Wilis. Gunung yang Memperoleh ketinggian mencapai 2.563 mdpl terletak Ke enam kabupaten dan satu kota Ke Jawa Timur.

Konon katanya, banyak cerita mistis yang menyelimuti Gunung Wilis, mulai Untuk penampakan ular raksasa tak kasat mata, lalu ada penampakan sosok putri Kerajaan Mataram yang mengenakan Pengganti khas kerajaan.

Tak hanya itu, ada juga penampakan sosok lelaki berwajah hitam dan menyerupai monyet yang Untuk bertapa Ke goa gaib yang dipercaya terletak Ke bawah puncak Pada barat Gunung Wilis.

7. Gunung Raung

Daftar gunung paling angker Ke Jawa Timur yang terakhir adalah Gunung Raung. Sedikit informasi, Gunung Raung merupakan gunung berapi kerucut yang terletak Ke tiga kabupaten Ke Jawa Timur, yakni Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember.

Gunung tertinggi ketiga Ke Jawa Timur ini Memperoleh ketinggian mencapai 3.344 mdpl. Gunung yang kerap menjadi tujuan pendakian ini ternyata Memperoleh sejumlah cerita mistis.

Salah satu mitos yang beredar adalah keberadaan Kerajaan Macan Putih yang dipimpin Bersama Pangeran Tawangulun. Beberapa pendaki mengaku pernah melihat Kerajaan Macan Putih Ke malam hari Di Jumat Kliwon.

Itu dia tujuh gunung Ke Jawa Timur yang disebut paling angker. Meski banyak kisah mistis, jangan membuat travelers Karena Itu patah semangat Untuk mendaki gunung, ya!

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Ini 7 Gunung yang Disebut Paling Angker Ke Jawa Timur, Penasaran?