Wisata  

Borobudur Menyala.. Ratusan Lampion Hiasi Langit Malam Waisak 2024



Magelang

Ratusan lampion mengudara hiasi malam Wasiak 2568 Ke Candi Borobudur. Ribuan peserta Di berbagai Lokasi dan agama antusias mengikuti prosesi puncak tersebut.

Prosesi puncak perayaan berlokasi Ke Lapangan Marga Utama Candi Borobudur. Kegiatan berlangsung Didalam indah ditutup Didalam Perayaan Seni Lampion Waisak yang diorganisir Dari Majelis Agama Buddha Mahanikaya Indonesia (MBMI).

“Tema Waisak Nasional Ke tahun 2024 ini adalah ‘Sebagai Hidup Sejahtera Sebagai Makhluk dan Manusia, Marilah Kita Memperbaiki Kesadaran Yang Diajarkan Dari Sang Buddha, Didalam sub-tema Hindarilah Keserakahan Duniawi, Kebodohan, Kemarahan dan Kebencian,” kata Hartati Murdaya, Ketua Umum DPP WALUBI yang juga Ketua Panitia Waisak Nasional 2024, Kamis (23/5/2024).


Ratusan lampion melayang Ke udara, Didalam satu lampion diterbangkan Dari 4-5 orang. Adapun Sebelumnya melepas lampion para umat melakukan sesi Bermeditasi terlebih dahulu dibimbing Dari Bhikkhu Sangha, Setelahnya itu para umat diperlihatkan tata cara melepaskan lampion.

Tahun ini Perayaan Seni Lampion terbagi menjadi dua sesi pelepasan Sebagai mengakomodir tingginya minat Komunitas yang ingin berpartisipasi.

Sesi 1 dijadwalkan pukul 19.00 – 21.00 WIB dan sesi 2 pukul 21.30 – 22.30 WIB. Meski terpantau gerimis mengguyur Tanah Borobudur, Akan Tetapi Kegiatan tetap berlangsung lancar dan selesai 30 menit lebih lama dibanding yang dijadwalkan.

“Pelepasan Lampion Waisak merupakan Kegiatan yang sangat ditunggu-tunggu setiap tahunnya Dari Komunitas. Pelepasan Lampion ini sudah menjadi ikon Waisak Nasional Ke Candi Borobudur. Setiap tahunnya, Komunitas Di seluruh Indonesia dan mancanegara, baik umat Buddhis yang melakukan ritual maupun turis hadir Ke Candi Borobudur,” ujar Fatmawati, Koordinator Lampion Waisak Nasional 2024 yang juga Ketua Umum Wanita Buddha Mahanikaya Indonesia.

Diketahui lampion yang diterbangkan berbahan Kertas dan ramah lingkungan, Supaya ketika diterbangkan Berencana terurai Dari api seiring tingginya lampion terbang. Hal ini terbukti Di pelepasan lampion waisak tahun 2023 lalu Ke mana tidak ada klaim asuransi atau aduan Komunitas.

MBMI sendiri telah Menantikan berbagai hal Didalam teliti seperti Merencanakan asuransi, pemadam kebakaran, ambulans dan lainnya.

Lampion Waisak 2024 Ke Candi Borobudur Foto: Arawinda Dea Alisia/detikTravel

Prosesi diawali Didalam Bermeditasi dilanjutkan tata cara pelepasan lampion Dari para biksu. Lalu disambung rengan penyerahan api abadi dan penyalaan api abadi Ke lilin utama.

Kegiatan mendekati detik-detik Waisak yang jatuh tepat Ke hari Kamis, 23 Mei 2024 pukul 20.52.42 WIB. Lalu proses penyerahan api abadi Di Biksu kepada Koordinator Lampion Waisak Nasional 2024. Para tamu undangan mengawali penyalaan lilin diikuti Dari seluruh peserta.

Sebagaimana diketahui, Tri Suci Waisak memperingati tiga peristiwa penting yakni kelahiran Pangeran Siddharta, Pangeran Siddharta mencapai Penerangan Agung dan menjadi Buddha, serta Buddha Gautama parinibbana (wafat).

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Borobudur Menyala.. Ratusan Lampion Hiasi Langit Malam Waisak 2024