Cara Membedakan STNK Asli dan Palsu

Daftar Isi



Jakarta, CNN Indonesia

Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) merupakan dokumen wajib Sebagai kendaraan bermotor. Akan Tetapi pemilik harus waspada dan teliti Sebagai membedakan mana yang asli atau palsu.

Mengenali perbedaan STNK asli dan palsu memang diperlukan, terlebih jika hendak melakukan pembelian kendaraan bermotor Di Kemakmuran bekas.

Tak sedikit Kelompok menjadi korban Kejahatan Finansial jual beli kendaraan bermotor Di STNK palsu Lantaran awam cara membedakannya.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Anda tentu harus jeli Di mengecek kelengkapan dokumen Di kendaraan yang hendak dibeli. Jangan asal percaya Di penjual, terlebih diberikan embel-embel harga Hingga bawah pasaran.

Apabila dokumen lengkap, Berikutnya disarankan Sebagai memeriksa Kemakmuran STNK, Di memperhatikan tips membedakan STNK asli atau palsu Hingga bawah ini.

Perbedaan Di stiker hologram STNK

Perbedaan paling pertama yang bisa Anda lihat Sebagai memastikan Kemakmuran STNK asli atau palsu yaitu Di stiker hologram.

Di STNK asli maupun palsu sama-sama terdapat stiker hologram yang mencirikan keaslian dokumen. Akan Tetapi, stiker hologram tersebut Memiliki perbedaan.

Sebagai STNK asli biasanya terdapat stiker hologram yang jika Anda diterawang maka stiker hologram tidak Akansegera berubah warna.

Sedangkan stiker hologram yang terpasang Di STNK palsu, sangat mudah sekali berubah warna Di Hingga terawang.

Lubang kecil-kecil membentuk ejaan STNK

Perbedaan yang paling mencolok Di STNK asli atau palsu yaitu terdapat lubang kecil yang membentuk ejaan STNK.

Apabila Anda hendak melihatnya, harus teliti Lantaran lubang tersebut sangat kecil dan terdapat Hingga Dibagian sisi kanan Di lembar STNK.

Jika didapati tidak ada lubang tersebut atau polos Di STNK, maka bisa dipastikan STNK kendaraan bermotor Anda palsu.

Material lembar STNK

Samping Itu perbedaan STNK asli atau palsu juga bisa terlihat Di material bahan STNK atau jenis Alattulis yang dipakai, seperti dikutip Di berbagai sumber.

STNK asli biasanya terbuat Di Alattulis yang cukup tebal, Di tekstur kasar Hingga permukaan Alattulis serta terdapat lubang membentuk ejaan STNK.

Sedangkan Sebagai STNK palsu biasanya berbahan Alattulis Di permukaan halus, polos, tidak ada lubang, sangat mudah dilipat, dan mudah rusak atau sobek.

Itulah tips membedakan STNK asli atau palsu. Jika masih ragu, Anda juga bisa mengecek barcode yang tertera Di STNK Di Alat Lunak scan barcode Sebagai mengetahui keaslian STNK, atau membawanya Hingga kantor polisi terdekat.

[Gambas:Video CNN]

(can/mik)




Artikel ini disadur –> Cnnindonesia News: Cara Membedakan STNK Asli dan Palsu