Bisnis  

Menperin Targetkan Emisi Nol Bersih Ke Sektor Industri Ke 2050

Indonesia berada Ke Pangkat Hingga-12 Leading Manufacturing Countries Ke dunia Ke tahun 2023.Foto/Dok

JAKARTA – Kementerian Perindustrian terus fokus Di Meningkatkan nilai tambah Pabrik Ke Indonesia, salah satunya ditempuh Bersama berpedoman Ke prinsip-prinsip industri hijau yang berkelanjutan Sebagai menciptakan masa Didepan tanpa karbon. Kemenperin menargetkan industri Pabrik Ke Indonesia dapat mencapai Net Zero Emission (NZE) Ke tahun 2050, sepuluh tahun lebih awal Bersama target nasional tahun 2060.

Apabila dibandingkan Bersama Bangsa peers Ke dunia, Indonesia berada Ke Pangkat Hingga-12 Leading Manufacturing Countries Ke dunia Ke tahun 2023, Ke atas Rusia dan Turki. Ke Di Itu, nilai Manufacturing Value Added (MVA) Indonesia Ke tahun 2023 mencapai USD255 miliar, Menimbulkan Kekhawatiran USD14 miliar (5,83%) Bersama nilai MVA Indonesia Ke tahun 2022. Di lima tahun terakhir (2019-2023), Nilai MVA Indonesia terus Menunjukkan peningkatan Bersama Gaya sebesar 4,47%. Gaya MVA Indonesia ini berhasil mengungguli Amerika Serikat, Jepang, Jerman, Korea, Prancis, dan Inggris.

“Upaya penerapan prinsip-prinsip industri hijau Ke Indonesia terlihat perkembangannya Bersama data The Green Future Index 2023. Indonesia berada Ke Pangkat Hingga-49 dunia sebagai Bangsa yang bertransisi Di energi, industri, Pertanian, dan Kelompok yang ramah lingkungan Melewati Penanaman Modal Ke Energi Hijau, Pembaharuan, dan Keputusan ramah lingkungan. Pangkat Indonesia ini naik 21 Pangkat Bersama posisi 70 Ke tahun 2022,” jelas Pembantu Pemimpin Negara Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita Di membuka Annual Indonesia Green Industry Summit (AIGIS), Ke Jakarta, Kamis (19/9/2024).

Upaya dekarbonisasi sektor industri tentunya memerlukan Pemberian Bersama berbagai pihak, khususnya Bersama para pelaku industri. Kemenperin Memberi apresiasi kepada sembilan asosiasi industri atas deklarasi Pemberian mereka Di mencapai target NZE Ke tahun 2050.

“Tentunya kami juga mengharapkan Pemberian Bersama seluruh subsektor industri lainnya Di mendukung pencapaian target penurunan emisi sektor industri hingga mencapai Net Zero Emission Ke tahun 2050,” ujar Menperin.

AIGIS yang digelar perdana Ke tahun 2024 Memutuskan tema “Transformation into Greener Industry for Sustainable Economy” dan merupakan langkah awal yang mengukuhkan komitmen Kemenperin Di memperkuat ekosistem Sebagai memfasilitasi transformasi industri hijau tanah air Melewati berbagai Pembaharuan yang mendukung percepatan dekarbonisasi. Bersama fokus Ke Pembaharuan, strategi dekarbonisasi industri, Pembaruan Keahlian ramah lingkungan dan potensi pembiayaan hijau, AIGIS dirancang Sebagai memfasilitasi diskusi tentang percepatan pencapaian target NZE Ke sektor industri Ke tahun 2050.

Menperin menjelaskan, Di ekosistem tersebut juga Akansegera dikembangkan opsi pembiayaan hijau, yaitu Green Industry Service Company (GISCO), Sebagai membantu perusahaan Di pendanaan, perancangan, dan implementasi Keahlian hijau Ke perusahaan. “Agar, peran pemerintah, Di Kontek Sini Kementerian Perindustrian, tidak hanya menetapkan regulasi yang Akansegera memaksa pelaku industri Sebagai bertransformasi Di industri hijau, Akan Tetapi juga hadir Memberi solusi Sebagai menjawab permasalahan yang dihadapi Dari para pelaku industri,” ungkap Agus.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Menperin Targetkan Emisi Nol Bersih Ke Sektor Industri Ke 2050