Ketahui Tanda-tanda Hamil Sesudah Lepas KB Pada 3 Bulan

Jakarta

KB atau keluarga berencana merupakan salah satu Langkah Sebagai menunda kehamilan. Ada sejumlah alat KB (disebut juga alat kontrasepsi) yang digunakan Sebagai menghindari terjadinya kehamilan, mulai Di pil KB, KB suntik, hingga KB spiral.

Jika kamu dan pasangan sudah siap Memiliki momongan, kini saatnya Sebagai berhenti Langkah KB. Akan Tetapi, banyak wanita yang merasa khawatir kapan bisa segera hamil Sesudah melepas alat KB.

Sebenarnya, ada tanda-tanda kehamilan yang muncul Sesudah melepas alat KB. Apa saja tanda-tanda tersebut? Simak penjelasannya Di artikel ini.


Kapan Bisa Segera Hamil Sesudah Lepas KB?

Menjalani Langkah KB sangat ampuh Sebagai menunda kehamilan Sambil Itu waktu. Akansegera tetapi, muncul kekhawatiran jika alat kontrasepsi yang digunakan dapat mempengaruhi seorang wanita Sebagai hamil.

Dilansir situs Web MD, Di beberapa Peristiwa Pidana dibutuhkan waktu lebih lama Sebagai bisa hamil Sesudah berhenti menggunakan suntik KB. Bisa Jadi diperlukan waktu 10 bulan atau lebih Untuk wanita agar bisa hamil.

Di banyak Peristiwa Pidana, wanita bisa hamil Di 1-3 bulan Sesudah berhenti menggunakan pil KB. Apabila menggunakan alat kontrasepsi IUD (intrauterine device) atau KB spiral, kemungkinan besar butuh waktu Di 1-6 bulan agar bisa hamil.

Akansegera tetapi, jika pasanganmu menggunakan alat kontrasepsi kondom, maka kemungkinan besar Potensi Sebagai hamil jauh lebih cepat Sesudah melakukan hubungan intim.

Perlu diingat, cepat atau lambatnya seorang wanita bisa hamil Sesudah berhenti KB juga dipengaruhi Dari beberapa hal, mulai Di Cara Kehidupan Sehat, faktor genetik, dan kesuburan.

Tanda-tanda Hamil Sesudah Lepas KB

Ada sejumlah tanda-tanda hamil yang bisa dirasakan Sesudah lepas Langkah KB. Mengutip laman Healthline, berikut sejumlah tanda-tanda hamil:

1. Mual

Tanda-tanda yang pertama adalah sering mual. Jangan khawatir, Tanda ini umum dialami Dari wanita Di masa kehamilan.

Ke umumnya, wanita Akansegera merasa mual Di pagi hari. Akan Tetapi, Di sejumlah Peristiwa Pidana bisa Merasakan mual Di sore atau malam hari.

2. Telat Menstruasi

Periode menstruasi yang telat bisa menjadi salah satu tanda-tanda hamil. Meski begitu, telat menstruasi tak selalu Merasakan kehamilan. Ada faktor Keadaan lain yang dapat menyebabkan telat atau terlewatnya periode menstruasi.

3. Muncul Bercak

Beberapa wanita Bisa Jadi Merasakan pendarahan ringan dan muncul bercak Di awal kehamilan. Pendarahan tersebut umumnya terjadi Sebab implantasi. Biasanya, implantasi terjadi Di 1-2 minggu Sesudah proses pembuahan.

4. Merasakan Kram

Tanda-tanda lainnya adalah merasakan kram Di Di area perut. Tak hanya itu, kram juga bisa menyerang Dibagian tubuh lainnya seperti panggul dan punggung bawah.

Akan Tetapi, kram juga dapat dirasakan Dari wanita Di memasuki periode menstruasi. Sebagai itu, penting mengetahui perbedaan Di kram menstruasi Bersama kram hamil.

Kram menjelang menstruasi biasanya berlangsung cukup lama dan dapat menimbulkan sensasi nyeri. Sambil Itu kram hamil muda terjadi Di waktu singkat dan cenderung tidak terlalu sakit.

5. Sakit Kepala

Sakit kepala sering dialami Dari wanita ketika memasuki masa hamil muda. Hal itu Sebab meningkatnya hormon secara mendadak dan mempengaruhi aliran darah.

Di Di Itu, ada sejumlah Kebugaran lainnya yang Akansegera dialami Di masa-masa hamil mudah, mulai Di ngidam Konsumsi tertentu, suasana hati yang berubah-ubah (mood swing), perut kembung, dan sembelit.

6. Bentuk Payudara Berubah

Tanda-tanda Lanjutnya adalah bentuk payudara mulai berubah. Di memasuki awal kehamilan, payudara mulai terlihat lebih besar. Hal ini Sebab meningkatnya produksi hormon estrogen dan progesteron.

Lalu, payudara juga Akansegera terasa lebih lembut dan Memiliki rasa sensitif yang lebih tinggi, Agar muncul rasa nyeri ketika dipegang. Puting susu juga lebih membesar dan warnanya Lebihterus gelap.

7. Warna Kulit Berubah

Ibu hamil kerap Merasakan perubahan Ke warna kulitnya. Hal ini Sebab meningkatnya volume darah dan hormon ketika hamil yang membuat darah lebih banyak Masuk Di pembuluh darah. Alhasil, kulit Akansegera tampak lebih merah dan bercahaya.

Demikian penjelasan tentang tanda-tanda hamil Sesudah lepas KB Pada 3 bulan. Semoga artikel ini dapat membantu detikers.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Ketahui Tanda-tanda Hamil Sesudah Lepas KB Pada 3 Bulan