Hati-hati, 6 Konsumsi Tinggi Oksalat Ini Bisa Picu Batu Ginjal

Jakarta

Konsumsi adalah salah satu faktor yang dapat memengaruhi Kesejaganan ginjal kita. Mengonsumsi Konsumsi tertentu dapat Memperbaiki risiko gangguan ginjal, salah satunya adalah batu ginjal.

Batu ginjal adalah Situasi yang terjadi akibat adanya endapan mineral dan garam Di Di ginjal. Endapan ini dapat menghalangi saluran kemih dan menimbulkan sejumlah Tanda, mulai Di nyeri hingga gangguan buang air kecil.

Batu ginjal dapat disebabkan Dari kebiasaan mengonsumsi Konsumsi tertentu, seperti Konsumsi tinggi oksalat. Oksalat adalah senyawa kimia yang berperan Di proses metabolisme dan perbaikan sel-sel tubuh.


Tetapi jika jumlahnya terlalu tinggi, oksalat dapat Memperbaiki risiko terbentuknya endapan batu ginjal. Batu ginjal yang disebabkan Dari oksalat disebut juga Di batu ginjal kalsium oksalat (calcium oxalate stone).

Lantas, apa saja Konsumsi tinggi oksalat yang dapat memicu batu ginjal? Dikutip Di WebMD, berikut daftarnya.

1. Bayam

Sayuran berdaun hijau, seperti bayam, memang kaya Akansegera vitamin dan mineral. Tetapi, bayam juga tinggi oksalat.

Faktanya, setengah cangkir bayam matang dapat mengandung hingga 755 miligram oksalat. Seseorang yang berisiko tinggi terkena batu ginjal disarankan Sebagai hanya mengonsumsi 50-100 miligram oksalat per hari.

2. Produk Kedelai

Produk yang terbuat Di kedelai merupakan sumber protein yang sangat baik, terutama Untuk orang yang menjalani pola makan nabati. Tetapi, produk kedelai juga mengandung oksalat tinggi.

Misalnya saja tahu. Satu porsi tahu keras seberat tiga ons saja bisa mengandung hingga 235 miligram oksalat. Di sisi lain, satu cangkir susu kedelai atau yogurt dapat mengandung Di 336 miligram oksalat.

3. Kacang Almond

Kacang almond tak hanya kaya Akansegera berbagai vitamin dan mineral, tapi juga tinggi oksalat. Satu ons susu almond (setara Di 22 butir kacang) mengandung Di 122 miligram oksalat.

4. Kentang

Sumber karbohidrat yang sering dikonsumsi sebagai pengganti nasi ini juga termasuk Konsumsi tinggi oksalat. Kentang panggang berukuran Di dapat mengandung Di 97 miligram oksalat.

Kandungan oksalat tersebut sebagian besar terdapat Di kulit kentang, yang juga kaya Akansegera Gizi seperti serat, vitamin C, dan vitamin B.

5. Bit

Bit adalah sumber Gizi yang sangat baik, seperti folat dan mangan. Bit pun sering dikonsumsi sebagai Terapi alami Sebagai mengatasi tekanan darah tinggi.

Tetapi, bit juga tinggi oksalat. Satu cangkir bit dapat mengandung Di 152 miligram oksalat, menjadikannya salah satu sayuran Di kandungan oksalat tertinggi.

6. Raspberry

Seperti halnya buah beri lain, raspberry merupakan sumber vitamin, mineral, dan antioksidan yang bermanfaat Sebagai Kesejaganan. Tetapi, raspberry ternyata termasuk buah Di kandungan oksalat tertinggi loh.

Sebab, satu cangkir buah raspberry bisa mengandung hingga 48 miligram oksalat. Jumlah ini jauh lebih tinggi jika dibandingkan Di buah lain, seperti alpukat, jeruk, dan jeruk bali.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Hati-hati, 6 Konsumsi Tinggi Oksalat Ini Bisa Picu Batu Ginjal