Hari Sepeda Sedunia 3 Juni, Ini Manfaat Mengayuh Sepeda Sebagai Kesejaganan

Jakarta

Hari Sepeda Sedunia atau World Bicycle Day diperingati Di tanggal 3 Juni setiap tahun. Momentum ini bertujuan Sebagai Merangsang penggunaan sepeda sebagai alat transportasi yang murah, sehat, dan ramah lingkungan.

Dikutip Didalam National Today, Hari Sepeda Sedunia ternyata sudah diperingati Sebelum 2018. Penetapan Hari Sepeda Sedunia ditentukan lewat resolusi Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (Perserikatan Bangsa-Bangsa) yang dipelopori Didalam Pemerintah Turkmenistan.

Lahirnya Hari Sepeda Sedunia berasal Didalam seorang sosiolog Amerika Serikat yang bernama Leszek Sibilski. Lewat tulisan Di blognya, dia mempromosikan tentang manfaat Mengayuh Sepeda dan mempertanyakan kenapa tidak ada Hari Sepeda Sedunia.


Gagasan Sibilski Merasakan perhatian Didalam berbagai kalangan. Akhirnya Di 12 April 2018, Perserikatan Bangsa-Bangsa Menerapkan resolusi Hari Sepeda Sedunia setiap 3 Juni yang disepakati Didalam 193 Bangsa anggota Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Manfaat Mengayuh Sepeda Sebagai Kesejaganan

Selain sebagai moda transportasi yang murah meriah, Mengayuh Sepeda juga Memberi banyak manfaat Sebagai Kesejaganan. Aktivitasfisik ini pun bisa dilakukan Didalam berbagai kalangan, mulai Didalam anak-anak hingga orang usia lanjut.

Adapun beberapa manfaat yang bisa diperoleh Didalam rutin Mengayuh Sepeda Di lain:

Mengayuh Sepeda merupakan Aktivitasfisik kardio yang dapat membantu memangkas lemak dan menjaga berat badan tetap ideal.

2. Memperkuat otot kaki

Mengayuh Sepeda juga dapat Meningkatkan fungsi menyeluruh Didalam tubuh Dibagian bawah, khususnya kaki, tanpa membebani persendian.

Mengayuh Sepeda dapat membantu mengelola kadar kolesterol Di tubuh, Agar Meningkatkan Kesejaganan kardiovaskular serta melindungi Didalam risiko serangan jantung dan stroke.

4. Meningkatkan Kesejaganan otak dan mental

Mengayuh Sepeda juga bisa menjadi salah satu cara menyenangkan Sebagai menghilangkan Beban, depresi, dan kecemasan. Eksperimen juga Menunjukkan Mengayuh Sepeda dapat Meningkatkan fungsi kognitif Di orang dewasa yang sudah berusia lanjut.

5. Meningkatkan Kesejaganan, postur, dan koordinasi

Postur Pada Mengayuh Sepeda dapat membantu Meningkatkan Kesejaganan dan koordinasi secara keseluruhan, termasuk gaya berjalan. Manfaat ini sangat penting Untuk orang lanjut usia yang cenderung Merasakan masalah Kesejaganan akibat pertambahan umur.

6. Membantu mencegah atau mengelola Situasi medis

Rutin beraktivitas fisik, seperti Mengayuh Sepeda, dapat membantu mencegah atau mengatasi Situasi medis tertentu. Aktivitasfisik teratur dapat membantu mencegah Penyakit jantung, serangan jantung, tekanan darah tinggi, dan stroke.

Mengayuh Sepeda juga dapat membantu mencegah dan mengelola diabetes tipe 2.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Hari Sepeda Sedunia 3 Juni, Ini Manfaat Mengayuh Sepeda Sebagai Kesejaganan