5 Fakta Bawang Bombai Vidalia yang Tak Bikin Nangis Pada Dipotong

Jakarta

Bawang bombai Vidalia punya keistimewaan yang membuatnya tak bikin mata seseorang perih Pada dipotong. Bersama mana bawang bombai Vidalia berasal dan apa yang membuatnya istimewa?

Bawang bombai tergolong bumbu dapur yang banyak dipakai Sebagai menambah aroma sekaligus rasa manis umami Ke masakan. Seperti ‘keluarga’ bawang lainnya, Pada memotong bawang bombai pun kerap membuat mata seseorang perih hingga Mengintroduksi air mata.

Secara ilmiah, hal ini terjadi akibat gas propanethial S-oxide yang dilepaskan bawang bombai menyentuh organ penglihatan seseorang. Gas propanethial S-oxide Berencana berubah Karena Itu asam sulfat Pada bersentuhan Bersama lapisan air yang melindungi bola mata.


Akan Tetapi, rupanya tak semua bawang bombai bisa memicu mata perih Pada dipotong. Ternyata ada jenis bawang bombai yang sifatnya lebih lembut.

Namanya bawang bombai Vidalia yang juga punya sejarah Menarik Perhatian. Berikut faktanya seperti dirangkum Bersama Mashed (1/6/2024):

1. Vidalia diambil Bersama nama tempat

Nama Vidalia ini diambil Bersama nama Daerah pertama kali bawang bombai ini banyak dibudidayakan yaitu Vidalia, Georgia, Amerika Serikat. Tahun 1940, petani Ke sana berlomba-lomba menanamnya.

Semua berawal Bersama kisah petani Ke kota kecil bernama Moses Coleman. Ke 1931, ia memanen bawang bombai, tapi ternyata hasilnya lebih manis Bersama yang biasa. Ia pun berjuang lebih keras Sebagai menjual bawang bombai itu Ke pasaran.

Awalnya Disorot aneh Lantaran lebih manis, tapi bawang bombai Vidalia pun akhirnya disukai. Di beberapa dekade setelahnya, petani lokal Malahan mulai memasarkan bawang bombai Vidalia Hingga seluruh penjuru Amerika Serikat. Permintaannya pun tak berhenti sampai sekarang.

2. Asal-usul rasa manis bawang bombai Vidalia

Foto: Mashed

Bawang bombai Vidalia ditanam tak seperti jenis bawang lain. Waktunya adalah Pada musim gugur, tumbuh Pada musim dingin, dan dipanen Pada musim semi.

Situasi penanaman, baik Bersama waktu, cuaca, tanah, dan air Ke Daerah selatan Georgia membuat bawang bombai Vidalia punya rasa manis yang khas. Cita rasanya disebut-sebut lebih lembut Bersama bawang bombai Ke umumnya Lantaran kandungan sulfur Ke tanahnya yang lebih rendah.

Di Itu, hujan musim dingin Ke selatan Georgia juga berperan penting Di menciptakan rasa manis khas Ke bawang bombai ini. Kandungan air yang tinggi juga berkontribusi Ke betapa manis dan lembutnya rasa bawang bombai Vidalia.

3. Bawang bombai Vidalia tak Berencana bikin mata perih

5 Fakta Bawang Bombai Vidalia yang Tak Bikin Mata Perih Saat DipotongFoto: Mashed

Untuk kamu yang sensitif Pada memotong bawang bombai hingga Mengintroduksi air mata, maka bisa coba bawang bombai Vidalia. Berkat kandungan sulfur-nya yang rendah, maka jenis bawang ini tidak begitu membuat mata perih Pada dipotong.

Artinya, masak Bersama bawang bombai Vidalia Berencana lebih nyaman. Akan Tetapi perlu diperhatikan bahwa masa simpan bawang bombai Vidalia lebih pendek dibanding bawang bombai lain. Kalau biasanya bawang bombai bisa bertahan 6 bulan Pada disimpan Bersama benar, maka bawang bombai Vidalia hanya bertahan 2 bulan.

Hal ini lantaran kandungan airnya yang lebih tinggi. Efek lainnya, bawang bombai Vidalia Berencana lebih mudah memar Supaya Mengurangi umur simpan rata-ratanya. Jika sudah tidak bagus, permukaan bawang bombai Vidalia Berencana berjamur atau muncul bercak hitam.

Selengkapnya Ke halaman Berikutnya.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: 5 Fakta Bawang Bombai Vidalia yang Tak Bikin Nangis Pada Dipotong