5 Perbedaan Tepung Terigu dan Tepung Gandum yang Serupa Tapi Tak Sama

Jakarta

Tepung bisa Karena Itu salah satu bahan pokok yang mudah ditemui Hingga semua Konsumsi Hingga seluruh dunia. Salah satu jenis tepung yang sangat populer adalah tepung terigu dan tepung gandum.

Walaupun sama-sama terbuat Di biji gandum dan sekilas terlihat sama, sebenarnya tepung terigu dan gandum adalah dua bahan yang berbeda.

Nah agar tidak salah pilih, simak perbedaan kedua tepung ini yang serupa tapi tak sama Ke artikel berikut ini.


Perbedaan Tepung Terigu dan Tepung Gandum

Jika dilihat sekilas tepung gandum dan tepung terigu Memiliki bentuk dan tekstur yang sama. Nah agar tidak bingung, beberapa perbedaan Di tepung terigu dan gandum berikut ini perlu kamu ketahui.

1. Proses Pengolahan

Walaupun sama-sama terbuat Di biji gandum, tepung terigu dan tepung gandum berasal Di proses pengolahan yang berbeda.

Tepung gandum terbuat Di seluruh Pada biji gandum, termasuk lapisan dedak, endosperma, dan germ. Ke Di Yang Sama Tepung ini terbuat Di endosperma biji gandum saja, tanpa lapisan dedak dan germ.

2. Perbedaan Tekstur dan Warna

Mengutip Di Matthews Cotswold Flour, Sebab perbedaan Di pengolahannya, tepung gandum utuh dan tepung putih Memiliki warna dan tekstur yang berbeda.

Tepung gandum utuh cenderung Memiliki tekstur yang lebih kasar dan warna yang lebih gelap dibandingkan Bersama tepung putih biasa. Sebagai Alternatif, tepung putih biasa Memiliki tekstur yang lebih halus dan warna yang lebih putih.

3. Perbedaan Rasa

Selain warnanya yang berbeda, tepung terigu dan gandum Memiliki perbedaan Ke rasanya. Terbuat Di inti biji gandum, Tepung terigu menghasilkan adonan yang lebih ringan dan Memiliki rasa yang lebih netral.

Ke Di Yang Sama Sebab mengandung Pada kulit biji, tepung gandum juga Memiliki rasa yang lebih khas dan bisa membuat adonan lebih berat.

4. Penggunaan Tepung Terigu dan Gandum Ke Masakan

Ke Umumnya, tepung gandum lebih cocok Untuk resep yang membutuhkan tekstur lebih berat dan rasa yang kaya. Sambil tepung terigu lebih disukai Untuk hasil yang lebih ringan dan serbaguna, Di berbagai jenis Konsumsi panggang.

5. Kandungan Gizi Tepung Terigu dan Gandum

Sebab berasal Di gandum yang utuh, tentu tepung gandum Memiliki Gizi yang lebih. Pada luar biji gandum mengandung banyak serat, vitamin B, dan mineral.

Ke Di Yang Sama tepung terigu Memiliki kandungan Gizi yang lebih rendah daripada tepung gandum Sebab lapisan luar biji gandum yang kaya Gizi dihilangkan.

Hingga Di Itu melansir Di Food52, tepung gandum juga Memiliki kandungan protein yang lebih tinggi daripada tepung terigu (hingga 15 persen), serta lebih banyak serat, Gizi, dan rasa.

Manfaat Tepung Terigu dan Gandum Untuk Tubuh

Merangkum Di laman Sriboga, tepung gandum dapat membantu menjaga Kesejaganan pencernaan, Mengurangi risiko Gangguan jantung, dan mengatur kadar gula darah Sebab mengandung serat lebih tinggi.

Hingga Di Itu, tepung gandum juga mengandung vitamin dan mineral penting Untuk Kesejaganan tubuh, serta antioksidan alami yang dapat melawan radikal bebas.

Walaupun Memiliki kandungan Gizi yang lebih rendah, tepung terigu tetap bisa menjadi sumber energi yang baik Di membantu memenuhi kalori sehari-hari.

Beberapa produsen tepung terigu juga menambahkan Gizi seperti zat besi, asam folat, dan vitamin B kompleks Hingga Di tepung terigu, Agar membantu Di menjaga Kesejaganan gizi.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: 5 Perbedaan Tepung Terigu dan Tepung Gandum yang Serupa Tapi Tak Sama