Sensasi Menikmati Gorengan Multikultur Hingga Di Masjid Nabawi


Jakarta

Pada Hingga Madinah, jamaah Indonesia bisa mengobati kangen gorengan Di jajan panganan serupa Hingga sana. Pilihannya lengkap, Di bakwan sampai onde-onde!

Hingga Di deretan hotel-hotel bintang lima yang berjarak Di seratusan meter Di Masjid Nabawi, berderet keda-kedai Konsumsi tradisional Nusantara. Mereka menggunakan nama-nama Negeri berpenduduk mayoritas muslim, seperti Turki, Malaysia, Pakistan, Afghanistan, Indonesia, dan lainnya.

Tetapi para pelayannya mayoritas adalah WNI yang telah bertahun-tahun bekerja Hingga Arab Saudi. Konsumsi yang dijual pun ternyata hampir semuanya sudah dikenal Dari sebagian Jemaah Kandidat haji yang menginap Hingga hotel-hotel bintang lima Didekat Nabawi. Ada bala-bala (bakwan), tempe dan tahu goreng, kue onde, klepon, lontong sayur dan lain-lain. Harganya berkisar Di 3-10 Riyal atau Di Rp 13 ribu hingga Rp 43 ribu.


“Kalau rasa sih menurut saya biasa ya, enakan Hingga Indonesia lah. Cuma ukuran bakwan, tempe dan tahu jauh lebih besar dan harganya juga kalau dirupiahkan lumayan mahal,” kata Erni, 38 tahun. Jemaah asal Cianjur itu menginap Hingga Maden Hotel yang berdampingan Di Hilton dan Andalusia, Di 150 meter Di Masjid Nabawi.

Ia sengaja ngeluyur Hingga area m Sebagai mencari sensasi Terbaru Sesudah berhari-hari menyantap hidangan restoran bintang lima. Erni menyebut kawasan tersebut sebagai kawasan street food multikultur, multietnis, dan multibangsa. Sebab setiap kedai setidaknya melibatkan tiga unsur tersebut.

Hingga kedai Afghanistan tempat dia membeli gorengan, misalnya, pemiliknya asal Suriah, pelayan asal Sukabumi, Jawa Barat, dan produk yang dijual asal Sunda dan Jawa. “Ya, mumpung ini hari terakhir kami Hingga Madinah, Berikutnya Berencana Hingga Mekkah,” kata Erni.

Sambil Maryam Abdul yang menginap Hingga Hilton menyebut kue klepon yang dijual Hingga street food itu cukup lezat. “Kamu harus coba deh benar-benar endes, legit banget,” ujar Jemaah yang menginap Hingga Hilton Madinah itu.

Potret jamaah yang Di menikmati aneka Konsumsi yang ditawarkan Hingga kedai Didekat Masjid Nabawi. Foto: Sudrajat/detikcom

Hingga sebelah kedai Afghanistan ada kedai Turki yang menjual lontong sayur, mi goreng, seblak ceker, dan tom yum yang merupakan menu khas Thailand. Harganya rata-rata 20 riyal (Rp 86 ribuan) dan bisa dibayar Di Uang Negara Indonesia.

“Silahkan dicoba ya, dijamin enak Sebab saya sendiri yang masak,” kata Aliya yang mengaku sudah 10 tahun tinggal Hingga Madinah. Dia menikah Di seorang Praktisi Medis dan telah dikaruniai 5 anak. Dia Hingga kedai setiap pagi Sesudah mengantar anak-anak sekolah, dan menjelang siang sepenuhnya ditunggui Dari stafnya.

Perempuan asal Cimahi itu mengaku hampir setiap tahun mudik Hingga Indonesia, terutama Pada lebaran Idul Fitrni atau pas anak-anak lbur panjang sekolah. “Biar mereka kenal juga Di cita rasa asli menu-menu yang dijual umminya,” kata Aliya.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Sensasi Menikmati Gorengan Multikultur Hingga Di Masjid Nabawi