Mau Usus Sehat dan BB Turun? Konsumsi 5 Minuman Tinggi Serat Larut ini

Jakarta

Mengonsumsi Minuman berserat memang bermanfaat, terlebih ketika memilih Minuman yang kaya Akansegera serat larut seperti 5 Minuman ini.

Konsumsi Minuman tinggi serat dianjurkan Lantaran serat dapat mendatangkan manfaat Ke sistem pencernaan. Akan Tetapi, serat pun dibagi menjadi dua tipe, yaitu serat larut (soluble) dan serat tidak larut (insoluble).

Perbedaannya, serat larut mudah larut Di air dan dipecah menjadi zat, seperti gel Hingga usus besar. Serat ini bisa membantu menyerap kelebihan cairan Di usus. Sedangkan serat tidak larut tidak dapat larut Di air dan Akansegera dibiarkan utuh Pada makan bergerak Melewati saluran pencernaan, lapor klikdokter.com.


Konsumsi dua jenis serat ini sebenarnya sama-sama mendatangkan manfaat baik Untuk sistem pencernaan. Akan Tetapi, jika fokusnya ingin lebih menyehatkan usus sekaligus menurunkan berat badan, bisa memilih Minuman kaya serat larut.

Melansir slurrp.com (28/05/2024), berikut 5 Minuman yang mengandung serat larut.

1. Terong

Terong juga mengandung serat larut yang baik Untuk pencernaan. Foto: iStockphoto

Terong Mungkin Saja terdengar seperti Minuman yang tidak punya banyak manfaat Untuk tubuh. Padahal, jenis sayuran ini merupakan sumber serat larut yang luar biasa.

Menurut USDA (Departemen Pertanian Amerika Serikat), segenggam terong atau Disekitar 100 gram terong matang mengandung Disekitar 2,5 gram serat larut. Kandungan serat ini dapat membantu menjaga pergerakan usus secara teratur dan menjaga kadar kolesterol sehat.

Selain rendah kalori, terong juga kaya Akansegera mineral penting, seperti mangan, folat, dan potasium.

Ingat, mengupas terong dapat Memangkas serat tidak larut Supaya terong lebih mudah dicerna. Kamu bisa mengolah terong Di cara memanggangnya Di Energi zaitun.

2. Gandum

Cereal grains and seeds,beans on sackcloth, agriculture products .job's tears ,corns ,soybeans ,oat flakes ,barley flakes ,pearls barley ,red beans ,Gandum atau oat juga mampu membantu menurunkan tekanan darah dan pencernaan. Foto: Getty Images/iStockphoto/bookzaa

Gandum merupakan Minuman yang kaya Akansegera serat larut dan bermanfaat Di menyehatkan jantung.

Menurut studi Hingga Journal of Food Science and Technology, gandum membantu menurunkan kolesterol jahat dan mengatur kadar gula darah. Gandum juga kaya Akansegera antioksidan yang Berpotensi Untuk menurunkan tekanan darah.

Mangan, vitamin B1, dan potasium adalah beberapa vitamin dan mineral yang terkandung Hingga Di gandum.

Lebih baik mengonsumsi gandum yang sudah dimasak Lantaran membuatnya lebih mudah dicerna.

Daftar Minuman Di serat larut lainnya bisa dilihat Ke halaman Lanjutnya!

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Mau Usus Sehat dan BB Turun? Konsumsi 5 Minuman Tinggi Serat Larut ini