Soda Kue dan Baking Soda Sama atau Beda Ya? Ini Jawabannya

Jakarta

Soda kue merupakan bahan dapur yang seringkali digunakan Untuk membuat kue. Biasanya, bahan ini digunakan agar kue mengembang.

Banyak Kelompok yang menyebut soda kue Didalam baking soda. Lantas, apakah keduanya merupakan bahan yang sama atau berbeda?

Apakah Soda Kue dan Baking Soda Beda?

Soda kue dan baking soda adalah bahan yang sama. Baking soda adalah penyebutan soda kue Untuk bahasa Inggris.


Soda kue juga dikenal sebagai natrium bikarbonat atau bubuk kristal putih yang secara alami bersifat basa atau netral. Bubuk ini menjadi aktif Di dikombinasikan Didalam bahan asam dan cairan.

Mengutip All recipes, Di soda kue digabungkan Didalam asam seperti buttermilk atau jus lemon, maka Akansegera menghasilkan karbon dioksida. Hal ini membantu adonan mengembang.

Meski soda kue dapat membuat adonan mudah mengembang, Tetapi detikers harus menggunakan secukupnya. Lebihterus banyak soda kue digunakan Untuk adonan, hasilnya belum tentu baik.

Terlalu banyak soda kue berisiko Memberi rasa pahit atau getir. Kandungan natrium bikarbonat Untuk soda kue Akansegera bereaksi Didalam sodium asam pirofosfat dan bahan pengemulsinya.

Lantaran itu, soda kue harus digunakan sesuai takaran yang telah ditentukan Untuk resep. Agar adonan kue bisa mengembang Didalam baik dan menghasilkan rasa yang enak.

Perbedaan Baking Soda (Soda Kue) dan Baking Powder

Jika baking soda dan soda kue adalah bahan yang sama, lain halnya Didalam baking powder. Meski baking soda dan baking powder mempunyai bentuk yang sama dan membuat Konsumsi mengembang, tapi ada perbedaan Hingga Di keduanya.

Menurut Healthline, baking powder adalah bahan ragi lengkap tidak seperti baking soda. Artinya, bahan Konsumsi ini mengandung basa dan asam yang dibutuhkan agar produk mengembang.

Agar, baking powder bisa Menyusun adonan kue secara sendiri tanpa Pemberian campuran asam. Berbeda Didalam soda kue yang Mutakhir mengembang Di dicampur Didalam bahan asam. Berikut perbedaan baking soda dan baking powder:

1. Sifat

  • Baking soda: Basa.
  • Baking powder: Asam dan basa.

2. Kegunaan

  • Baking soda: Digunakan Untuk resep yang mengandung bahan asam.
  • Baking Powder: Digunakan Di resep yang tidak mengandung bahan asam.

3. Contoh Konsumsi

Baking soda: Muffin, brownies, cookies hingga roti.

Baking powder: Roti jagung, kue kering, pancake, dan biskuit.

4. Rasa

Penggunaan baking soda Di kue Akansegera membuat rasanya sedikit pahit. Hal ini Lantaran kandungan baking soda yang murni Untuk Natrium bikarbonat.

Asam Untuk baking powder berasal Untuk krim tartar. Agar, penggunaan baking powder tidak menimbulkan rasa pahit.

Itulah informasi mengenai soda kue dan baking soda. Dapat disimpulkan bahwa keduanya sama ya detikers, Tetapi lain halnya Didalam baking powder.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Soda Kue dan Baking Soda Sama atau Beda Ya? Ini Jawabannya