4 Cara Membekukan Ikan agar Tidak Mudah Hancur dan Tetap Enak

Jakarta

Cara membekukan ikan yang tepat memungkinkan bahan ini tidak mudah hancur Pada diolah. Umur simpan dan Mutu ikan juga terjaga Di baik Supaya menghasilkan rasa yang enak.

Sebagai Gantinya, tahap pembekuan yang salah berisiko menyebabkan ikan berbau tengik dan hancur Pada dimasak. Sebab, rasa masakan menjadi tidak enak.

4 Cara Membekukan Ikan Segar agar Tidak Hancur Pada Dimasak

Dilansir Untuk laman Meat Eater, berikut langkah yang harus dilakukan Sebelumnya mulai membekukan ikan:


  • Memilih ikan yang benar-benar segar (mata terlihat jernih dan daging masih empuk).
  • Membersihkan dan membuang isi perut sekaligus insang ikan.
  • Menguliti ikan jika kulitnya berlendir.
  • Memotong ikan sesuai porsi hidangan.
  • Mencuci dan menjaga daging ikan tetap bersih.

Tahap ini harus dilakukan Untuk mencegah kerusakan ikan Pada dibekukan. Persiapan yang baik mencegah ikan rusak dan tetap berkualitas Pada dibekukan hingga dimasak.

Jika langkah persiapan ini sudah selesai, ikan bisa dibekukan Di metode berikut:

1. Dibungkus Di Vakum

Membungkus Di vakum adalah cara efektif membekukan ikan agar tidak mudah hancur dan tetap rapi. Cara ini juga simpel, Lantaran cukup Di memilih kantong vakum sesuai ukuran ikan.

Ikan yang dibekukan Di cara ini perlu dicek berkala Untuk menjamin ujung es tidak merobek kantong atau segel. Udara yang masuk lewat kantong atau segel yang bolong berisiko menyebabkan ikan busuk dan terkontaminasi.

2. Dibungkus Menggunakan Kertas Freezer

Dikutip Untuk the Spruce Eats, Kertas freezer Memiliki lapisan plastik dan Kertas biasa. Pada plastik berfungsi mengunci kelembaban, sedangkan Kertas menjadi tempat menuliskan nama Konsumsi.

Kertas freezer cocok digunakan Untuk mesin pembeku Di berbagai jenis Konsumsi. Cara ini diklaim membantu ikan beku Bertahan lebih lama Di Mutu lebih baik daripada metode vakum.

3. Ikan Dibungkus Di Plastik

Membungkus ikan Di plastik dapat mencegah kontaminasi jamur dan bakteri. Ikan yang telah dibersihkan dan dibungkus plastik dijamin awet Di Untuk freezer Di pembungkusnya tidak rusak.

4. Mencelupkan Ikan Hingga Untuk Air Es

Membekukan ikan segar Di cara ini dilakukan Di cara mencelupkan Hingga Untuk air dingin, lalu memasukkannya Untuk freezer. Ikan disusun Untuk loyang dan dibekukan Di suhu paling dingin agar kualitasnya terjaga.

Sesudah membeku, ikan dicelupkan lagi Untuk air es hingga Memiliki ketebalan 3,175-6,35 mm. Metode ini hanya bisa dilakukan Di freezer Di suhu paling dingin dan stabil.

Berapa Lama Ikan Beku Bisa Disimpan Untuk Kulkas?

Ikan segar yang dibekukan sebetulnya bisa Bertahan hingga satu tahun. Tetapi, ikan beku yang Berencana dikonsumsi sebaiknya tidak disimpan lebih Untuk 6 bulan. Terutama Untuk ikan Di kandungan lemak tinggi, misal salmon dan sarden.

Jika Berencana diolah, ikan beku sebaiknya tidak langsung dipaparkan Di suhu ruangan. Dikutip Untuk laman Fresh Seafood, berikut tipsnya agar ikan beku tidak hancur Pada dimasak:

  • Pindahkan Untuk freezer Hingga kulkas biasa lebih dulu.
  • Ikan beku bisa dicairkan Di wadah berisi air Datang Di 20 menit-1 jam.
  • Sebaiknya ikan dikeluarkan Di 24 jam Untuk freezer Sebelumnya dimasak.
  • Sesudah es mencair, ikan bisa dikeluarkan Untuk pembungkus lalu diolah.

Artikel cara membekukan ikan ini semoga dapat memperluas wawasan detikers Yang Terkait Di metode penyimpanan dan pengolahan ikan. Jika disimpan Di baik, ikan dapat bertahan lama Di Mutu dan rasa yang baik.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: 4 Cara Membekukan Ikan agar Tidak Mudah Hancur dan Tetap Enak