Beda Kaca Tempered dan Laminated Sebagai Kendaraan Pribadi

Daftar Isi



  • Beda kaca tempered dan laminated

  • Cara merawat kaca tempered dan laminated agar tetap awet

Kaca Ke Kendaraan Pribadi punya banyak fungsi, termasuk sebagai ruang visibilitas sopir dan penumpang Ke luar kabin, melindungi Didalam benturan benda Asing Di berkendara, Memangkas efek panas matahari, menangkal hujan dan menjaga Kepribadian. Selain transparan, kaca juga mesti kuat sebagai perlindungan dan aman agar tak Karena Itu sumber malapetaka ketika terjadi kecelakaan. 

Tidak semua jenis kaca bisa dipasangkan Ke Kendaraan Pribadi. Setidaknya terdapat dua jenis kaca yang umum digunakan Dari pabrikan Kendaraan Pribadi, yakni kaca tempered dan laminated. Keduanya Memiliki keunggulannya sendiri-sendiri, Sebagai itu setiap pabrikan punya standar sendiri soal kaca yang dipasangkan Ke Kendaraan Pribadi produksinya.

Kaca tempered sudah ada Dari tahun 1660, Akan Tetapi Terbaru Ke 1874 seseorang berkewarganegaraan Prancis, Francois Barthelemy Alfred Royer de la Bastie, mengajukan hak patennya. Kaca tempered ini Memiliki bentuk seperti air mata atau butiran jagung.

Sedangkan kaca laminated Terbaru ditemukan Ke 1903 Dari seorang ahli kimia asal Perancis, Edouard Benedictus. Kaca ini memanfaatkan sebuah lapisan tertentu yang diletakkan Ke Di dua buah kaca. Adanya lapisan inilah yang membuat kaca tidak langsung berhamburan Di pecah.

Beda kaca tempered dan laminated

Selain kaca tempered dan laminated, sebenarnya masih terdapat satu jenis kaca Kendaraan Pribadi lagi, yakni kaca partially tempered. Berbeda Didalam tempered maupun laminated, kaca partially tempered ini cukup jarang digunakan. Dilansir Didalam UK Car Glass, berikut ini perbedaan Di kaca tempered Didalam kaca laminated yang digunakan Ke Kendaraan Pribadi:

Penggunaan

Kaca tempered Ke umumnya digunakan Ke Dibagian sisi Samping dan juga Dibagian Di Kendaraan Pribadi. Sedangkan kaca laminated lebih sering digunakan Ke Dibagian Di Kendaraan Pribadi.

Konstruksi

Ditempa Didalam suhu mencapai 650 derajat celcius membuat kaca tempered Memiliki konstruksi sangat keras. Kaca ini Terbaru Akansegera pecah jika Merasakan tekanan 1/6 Didalam ketebalannya. Ke Di pecah, kaca ini Akansegera hancur menjadi butiran kecil seperti butiran jagung dan tidak tajam.

Kaca laminated dibentuk Didalam dua buah lapisan kaca dimana Ke Dibagian tengahnya terdapat sebuah lapisan Layar Lebar elastis berjenis Polyvinyl Butiral Layar Lebar atau PVB. Ke Di pecah, lapisan Layar Lebar ini Akansegera menahan pecahan kaca, Supaya kaca tidak Akansegera mengenai pengemudi atau penumpang Ke Dibagian Di.

Perlindungan UV

Sebab terdapat lapisan Layar Lebar, maka kaca laminated juga mampu menolak paparan sinar ultraviolet (UV) hingga 96 persen. Berbeda Didalam kaca tempered yang tidak Memiliki lapisan Layar Lebar, Supaya pemilik kendaraan harus menambahkannya sendiri Sebagai menghalau sinar matahari yang mengandung UV.

Kekuatan

Kaca tempered lebih kuat lima kali dibanding laminated, Supaya kaca ini lebih susah dipecahkan.

Cara merawat kaca tempered dan laminated agar tetap awet

Keawetan Didalam dua jenis kaca ini erat kaitannya Didalam Perawatan Medis yang dilakukan pemilik Kendaraan Pribadi. Berikut ini beberapa cara Sebagai merawat kaca tempered dan laminated agar tetap awet.

Segera bersihkan noda

Meski terlihat sepele, Akan Tetapi membersihkan noda sesegera Bisa Jadi ternyata bisa membuat kaca tempered dan laminated lebih awet serta tak lekas pudar. Membersihkan noda Didalam cara menyiramnya memakai air Datang dan lap Didalam kain kering secepatnya.

Gunakan lap bersih

Memastikan lap yang dipakai Sebagai mengelap kaca Di Kemakmuran bersih merupakan sebuah keharusan. Sebab jika tidak, lap yang kotor Didalam debu atau kotoran lainnya justru bisa menimbulkan goresan Ke kaca.

Selalu keringkan kaca

Mengeringkan kaca Sesudah dicuci merupakan sebuah keharusan, Sebab jika tidak, sisa air yang tertinggal Akansegera mengakibatkan deposit mineral atau kerap disebut jamur kaca yang bisa menyebabkan kaca menjadi kusam.

Cek karet wiper

Faktanya, Kemakmuran karet wiper sangat memengaruhi Kemakmuran Kendaraan Pribadi Anda. Karet wiper yang sudah aus sangat berbahaya Untuk kaca Kendaraan Pribadi. Selain tidak bisa menyapu air secara maksimal Ke Di hujan, karet wiper aus juga Akansegera membuat kaca tergores.

[Gambas:Video CNN]




Artikel ini disadur –> Cnnindonesia News: Beda Kaca Tempered dan Laminated Sebagai Kendaraan Pribadi