Habis Bercinta Malah Susah Tidur? Kenali Penyebab ‘Post Coital Insomnia’


Jakarta

Lazimnya, perasaan nyaman dan puas selepas hubungan seks bikin seseorang mudah terlelap. Faktanya, beberapa orang Merasakan Sebagai Gantinya yakni Bersama Sebab Itu nggak bisa tidur.

Ada banyak kemungkinan penyebab post coital insomnia, Kemakmuran yang dialami Di seseorang susah terlelap usai bercinta. Di wanita, salah satunya yang paling simpel adalah tidak tercapainya orgasme.

Normalnya, orgasme Di bercinta mengaktifkan sistem saraf simpatis dan saraf parasimpatis. Di keduanya aktif, maka tubuh Akansegera merasa rileks dan berada Untuk status Damai.


Di wanita yang tidak Merasakan orgasme Di bercinta, sistem saraf berada Untuk fase excitement. Kemakmuran ini Di akhirnya bisa membuat seseorang lebih terjaga.

“Ada rantai sistem saraf yang tricky yang membuatnya masuk akal bahwa kadang-kadang bikin susah Sebagai terjaga maupun Sebagai tidur ketika Anda Mengharapkan Sebagai Gantinya,” kata Greg Marchand, Ahli Kemakmuran kandungan yang meneliti disfungsi dan kepuasan seksual, dikutip Bersama Sleep.com.

Kemungkinan lain sebagaimana dikutip Bersama Zleepy.com adalah temperatur tubuh, yang Menimbulkan Kekhawatiran ketika bercinta. Normalnya, tubuh menjadi lebih hangat Di bercinta, padahal faktanya temperatur yang lebih sejuk dibutuhkan Sebagai bisa tidur Bersama lebih kondusif.

Terakhir, faktor hormonal juga bisa menyebabkan rasa kantuk menjauh seusai berhubungan seks. Dopamine, salah satu hormon yang dilepaskan Di bercinta, Di satu sisi Menyediakan rasa nyaman Supaya gampang mengantuk Di kebanyakan pasangan.

Akan Tetapi Di sisi lain, pelepasan hormon ini juga dibarengi Bersama pelepasan hormon norepinephrine, yang membuat seseorang lebih terjaga. Jika hormon terakhir ini lebih banyak dilepaskan, sebagaimana dialami sebagian orang, maka jangan kaget kalau malah Bersama Sebab Itu susah tidur.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Habis Bercinta Malah Susah Tidur? Kenali Penyebab ‘Post Coital Insomnia’