Perindo Kasih Catatan Penting Bagi Plt Ketua Lembaga Negara Mutakhir agar Pemilihan Umum Lokal 2024 Ramah Penyandang Disabilitas

Partai Perindo Menyediakan catatan penting Bagi Plt Ketua Lembaga Negara Mochammad Afifuddin yang Mutakhir saja dilantik. Beberapa catatan itu agar pelaksanaan Pemilihan Umum Lokal Serentak November 2024 ramah Penyandang Disabilitas. Foto: Dok SINDOnews

JAKARTA – Ketua DPP Bidang Inklusif dan Keberagaman Partai Perindo Anjas Pranowo Menyediakan catatan penting Bagi Plt Ketua Lembaga Negara Mochammad Afifuddin yang Mutakhir saja dilantik. Beberapa catatan itu agar pelaksanaan Pemilihan Umum Lokal Serentak November 2024 ramah Penyandang Disabilitas.

Anjas meminta Lembaga Negara menyediakan Alattulis braille Di hari pencoblosan. Jika tidak ada Alattulis tersebut penyandang Penyandang Disabilitas netra yang Akansegera mencoblos surat suara tentunya perlu pendamping Ke bilik suara.

Pendamping itu tentunya bertentangan Bersama asas Pemilihan Umum yang bersifat bebas, rahasia, jujur, dan adil. “Kita ambil contoh katakanlah, Bersama Indonesia Merdeka hingga sekarang Pemilihan Umum berlangsung Alattulis Lembaga Negara, Alattulis surat suara itu yang diproduksi Lembaga Negara tidak ada satu pun yang Alattulis braille. Nah, ini kan juga menjadi tanda tanya,” ujar Anjas, Senin (8/7/2024).

Infrastruktur sarana penyelenggaraan Pemilihan Umum yang dilakukan Lembaga Negara juga masih sangat minim atau tidak aware Di teman-teman Penyandang Disabilitas. Teman-teman tuna daksa terkadang kesulitan Ke bilik suara Lantaran keterbatasan yang dimiliki.

“Sesudah Itu, Lembaga Negara Untuk arti penyelenggara itu juga harusnya bicara Ke teman-teman daksa. Teman-teman yang Memperoleh akses terbatas sebenarnya harus Ke-push, Bagi mereka (Lembaga Negara) yang menjemput bola , teman-teman Penyandang Disabilitas Ke Tempattinggal mereka masing-masing,” ucapnya.

Menurut Anjas, penyandang Penyandang Disabilitas sebenarnya cukup antusias ikut berpartisipasi Untuk pesta Kedaulatan Rakyat lima tahunan ini. Akan Tetapi, keterbatasan terkadang menjadi penghambat.

Padahal, Badan Pusat Statistik (BPS) pernah mencatat 20 jutaan penyandang Penyandang Disabilitas masuk sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Hal-hal sederhana Untuk proses Pemilihan Umum Lokal nantinya juga perlu Bagi bahan evaluasi. Bagi Pak Plt yang Mutakhir terpilih sebagai Ketua Lembaga Negara Lantaran ini juga Akansegera berhadapan Bersama total Penduduk Dunia Penyandang Disabilitas. Data Bersama BPS tahun 2022 itu ada 20 sekian juta, itu kan angka yang sangat besar,” katanya.

(jon)

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Perindo Kasih Catatan Penting Bagi Plt Ketua Lembaga Negara Mutakhir agar Pemilihan Umum Lokal 2024 Ramah Penyandang Disabilitas