Bisnis  

Tiga Proyek Pertamina Hulu Mahakam Pacu Target Migas Nasional

Peresmian Proyek Bekapai Artificial Lift (Bekapai AL) dan Proyek Peciko 8A & 8B, Di Kantor PHM Balikpapan Base Office, Ke Senin 8 Juli 2024. Foto: Hendri Irawan/SINDOnews

BALIKPAPAN – PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM), Didalam Dukungan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Migas dan Gas Bumi (SKK Migas) dan PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI) sebagai induk perusahaan, meresmikan Proyek Bekapai Artificial Lift (Bekapai AL) dan Proyek Peciko 8A & 8B.

baca juga: Pesan Harmoni Industri Hulu Migas Untuk Taman Buah Puspantara IKN

Peresmian tiga proyek ini dilakukan Di Kantor PHM Balikpapan Base Office, Ke Senin 8 Juli 2024, yang dipimpin langsung Didalam Wakil Kepala SKK Migas, Shinta Damayanti. Peristiwa juga diikuti secara hybrid lewat virtual zoom Didalam karyawan Di lapangan Proyek Bekapai Artificial Lift (Bekapai AL) dan Proyek Peciko 8A & 8B.

Bekapai Artificial Lift (Bekapai AL) adalah proyek pemasangan Gas Lift Compressor Di anjungan existing Bekapai BA Didalam gas-lift yang diinjeksikan Di sumur-sumur Di anjungan existing Bekapai BG dan BL. Penginjeksian gas-lift Di sumur-sumur Di anjungan existing Bekapai, sekaligus menandai tahap first gas-in atau onstream Ke 24 Mei 2024.

Setelahnya Melewati uji coba operasi Pada 72 jam nonstop, Proyek Bekapai AL dinyatakan selesai dan beroperasi penuh Ke 2 Juni 2024. Pada ini gain produksi yang telah dihasilkan Untuk pemasangan Gas Artificial Lift ini adalah Disekitar 2,500 BOPD.

Sambil Itu, Proyek Peciko 8A – SWPG Debottlenecking Melewati pemasangan Booster Compressor Package, Liquid Pindah Pump, dan Diesel Engine Generator adalah pilot project yang juga merupakan upaya PHM Sebagai memproduksi Migas dan gas Ke Tren LLP (Low Low Pressure) Di anjungan eksisting SWPG. Pada ini gain produksi yang didapat adalah 6 MMSCFD dan diharapkan Berencana Meresahkan hingga 8 MMSCFD.

Untuk sambutannya, Wakil Kepala SKK Migas, Shinta Damayanti menyampaikan, peresmian tiga proyek ini merupakan sebuah pencapaian dan Menunjukkan bahwa industri hulu migas nasional Di Ditengah tantangan yang berat Di tahun 2024, masih terus bergerak dan tidak berhenti.

Peresmian tiga proyek ini, ujar Shinta, merupakan bukti nyata Berencana upaya industri hulu migas, baik SKK Migas , KKKS serta usaha penunjang lainnya Sebagai Menerbitkan semua daya dan upaya Untuk menjaga produksi migas nasional.

”Proyek-proyek ini Berencana berkontribusi Sebagai menambah kapasitas produksi gas sebesar 36 MMSCFD, Migas dan kondesat sebesar 16,000 BOPD. Adapun puncak produksi yang diharapkan Untuk ketiga proyek tersebut Sebagai gas sebesar 11.9 MMSCFD serta Migas dan kondensat sebesar 2025 BOPD,” ungkap Shinta.

baca juga: MNC Media Raih Pengakuan Untuk SKK Migas

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Tiga Proyek Pertamina Hulu Mahakam Pacu Target Migas Nasional