Tragis! Remaja Ini Tewas Kena Serangan Jantung Akibat Makan Keripik Pedas


Jakarta

Keripik pedas merek Paqui punya tingkat kepedasan yang amat kuat. Seorang remaja pria dilaporkan tewas usai mengonsumsi keripik berbahan cabe Carolina Reaper tersebut.

Ke September 2024, remaja laki-laki asal Massachusetts, Amerika Serikat bernama Harris Wolobah dikabarkan tewas usai makan keripik pedas merek Paqui.

Beberapa tahun terakhir, merek keripik pedas tersebut Dari Sebab Itu sorotan Lantaran rasa pedasnya yang teramat sangat. Paqui punya skala pedas 1,6 juta Scoville Heat Units (SHU)! Rasa pedas ini berasal Di penggunaan cabe Carolina Reaper, salah satu jenis cabe terpedas Di dunia.


Mengutip Mothership SG (25/5/2024), remaja yang duduk Di kelas 1 SMA tersebut Merasakan serangan jantung sesaat Sesudah menghabiskan keripik pedas tersebut.

Hasil otopsi Menunjukkan bahwa Wolobah Memiliki kelainan jantung bawaan yang membuatnya lebih rentan Pada efek berbahaya Di konsumsi cabe.

Serangan jantung tersebut terjadi tak lama Sesudah Wolobah menelan zat Konsumsi Di konsentrasi capsaicin yang tinggi. Wolobah juga Merasakan pembesaran jantung dan cacat bawaan yang digambarkan sebagai penghubung miokard Di arteri koroner desendens anterior kiri.

Capsaicin Di dosis besar Di keripik Bisa Jadi memberi tekanan tambahan Ke arteri utama. Kebugaran inilah yang memicu serangan jantung.

Seorang ahli jantung memperingatkan bahwa mereka yang tidak Memiliki faktor risiko juga dapat Berjuang Di masalah jantung yang serius Lantaran terlalu banyak mengonsumsi capsaicin (senyawa yang memberi rasa pedas Ke cabe).

Konsumsi keripik pedas Paqui membuat seorang remaja Di AS meninggal. Foto: Getty Images

Mengutip CNN, Paqui yang merupakan anak perusahaan The Hershey Company menawarkan keripik tortilla “One Chip Challenge”. Selain cabe Carolina Reaper, produk ini juga ditambahkan cabe Naga Viper yang tak kalah pedas.

Guinness World Records menyebut Carolina Reaper sebagai cabe paling pedas Di dunia Di tahun 2013 dan 2023, Di tingkat kepedasan lebih Di 1,6 juta unit panas Scoville (SHU).

Sebagai perbandingan, cabe rawit atau kerap disebut Bird’s Eye Chilli hanya Memiliki skala kepedasan Disekitar 50.000 hingga 100.000 SHU, menurut Asian Geographic.

Skala Scoville mengukur “kepedasan” cabai Di Membahas konsentrasi capsaicinoid, yaitu bahan kimia yang membuat cabai pedas.

Popularitas Paqui Lebihterus Meresahkan Lantaran ada tantangan Di media sosial yang viral. Dari Sebab Itu seseorang harus menahan pedas Di memakan keripik tersebut. Nama tantangannya, “One Chip Challenge”.

Sebenarnya keripik pedas itu dikemas satuan Di Kardus berbentuk peti mati. Tercantum juga label yang Menunjukkan kepedasan keripik tersebut dan peringatan agar tidak dikonsumsi Dari anak-anak. Akan Tetapi, banyak remaja dan anak-anak yang tetap mencoba tantangan ini.

Fakta Carolina ReaperCarolina Reaper, salah satu jenis cabe terpedas Di dunia yang menjadi bahan pembuatan Paqui. Foto: Getty Images/iStockphoto

Sesudah kematian Wolobah, Paqui menghentikan One Chip Challenge serta penjualan keripik pedas tersebut.

“Kami sangat sedih atas kematian Harris Wolobah dan menyampaikan belasungkawa kami kepada keluarga dan teman-temannya,” kata perwakilan Paqui kepada majalah People, menyusul laporan tentang hasil otopsi.

Di situs web Paqui sendiri telah tertulis bahwa tantangan ini ditujukan hanya Sebagai orang dewasa dan produk Memiliki pelabelan yang jelas dan menonjol.

Label itu menyoroti bahwa tantangan ini tidak ditujukan Sebagai kelompok seperti anak-anak, mereka yang sensitif Pada Konsumsi pedas, atau mereka yang Memiliki alergi Konsumsi atau Kebugaran Keadaan yang mendasarinya.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Tragis! Remaja Ini Tewas Kena Serangan Jantung Akibat Makan Keripik Pedas