Benarkah Sebaiknya Tidak Minum Teh Usai Makan Bakso? Begini Kata Ahli

Jakarta

Ada imbauan Untuk tidak minum teh Setelahnya makan bakso maupun Konsumsi lainnya. Sebab katanya, ada kandungan Di teh yang bisa menghambat proses penyerapan Konsumsi Bergizi.

Hingga sisi lain, ada yang menyangkal imbauan tersebut dan menganggap minum teh, khususnya teh hijau, usai makan merupakan praktik yang baik. Alasannya Sebab Hingga Di teh ada kandungan yang dapat membantu proses pencernaan Setelahnya makan.

Lantas, manakah yang benar? Apakah teh boleh diminum sesudah makan atau tidak? Mengingat sebagian Kelompok Tanah Air kerap mengkonsumsi teh terutama teh hitam Setelahnya makan.


Benarkah Minum Teh Usai Makan Bakso Perlu Dihindari?

Merujuk catatan detikHealth, spesialis gizi klinik, dr Putri Sakti, MGz, SpGK, AIFO-K, CBBF, membenarkan imbauan Untuk sebaiknya tidak segera konsumsi teh Setelahnya makan bakso. Lantaran Hingga Di teh terkandung tanin.

Tanin merupakan zat antinutrisi yang dapat membentuk senyawa kompleks tidak larut. Senyawa ini nantinya Berencana mempengaruhi kemampuan protein Untuk dicerna Bersama enzim pencernaan.

“Senyawa komplek tersebut Berencana Mengurangi daya cerna protein dan Di berikatan Bersama enzim Hingga saluran pencernaan, maka Karya enzim tersebut juga Berencana menurun,” jelas dr Putri beberapa waktu lalu.

Di Itu, tanin juga bisa mengikat vitamin B dan banyak mineral termasuk zat besi, zinc, serta kalsium. Sebab, Konsumsi Bergizi-Konsumsi Bergizi tersebut sulit diserap Bersama tubuh.

Jika Kebugaran seperti itu sering terjadi, dilansir laman Lybrate, tubuh Berencana terus kekurangan zat yang dibutuhkannya. Dan hal ini bisa memicu sejumlah masalah Kesejaganan.

Walau Demikian, dr Putri tidak melarang minum teh secara keseluruhan. Diperbolehkan sesekali minum teh sesudah makan, asal masih Di batas wajar. Hendaknya juga pilih teh yang cair dan tidak terlalu pekat.

Kapan Teh Sebaiknya Boleh Diminum? Sebelumnya atau Setelahnya Makan?

Teh sebaiknya tidak diminum langsung Setelahnya makan. Teh juga tidak dianjurkan dikonsumsi Pada dan bersamaan Bersama Konsumsi.

Mengutip Times of India, waktu terbaik minum teh yaitu 1-2 jam Setelahnya selesai makan maupun Sebelumnya makan. Konsumsi teh Ke waktu tersebut, terutama teh hijau, bisa bantu memperoleh manfaatnya secara maksimal.

Minuman Apa yang Sebaiknya Dikonsumsi Setelahnya Makan?

Setelahnya makan, dr Putri membeberkan agar sebaiknya konsumsi minuman yang tidak mengandung tanin.

“Iya lebih baik lagi kalau memilih minuman selain sumber tanin,” ujarnya.

Minuman “bebas tanin” yang aman diminum Setelahnya makan, seperti air putih, jus jeruk, susu, kombucha, dan kefir. Dilansir Healthline, sejumlah minuman ini bisa bantu penyerapan Konsumsi Bergizi Konsumsi, Memperbaiki Kesejaganan dan bantu cegah peradangan Hingga usus.

Itu tadi penjelasan Untuk tidak minum teh Setelahnya makan bakso maupun Konsumsi lainnya. Lantaran dapat mengganggu proses penyerapan Konsumsi Bergizi Bersama tubuh.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Benarkah Sebaiknya Tidak Minum Teh Usai Makan Bakso? Begini Kata Ahli