Kapolri dan Jaksa Agung Akrab Ke Istana, Lemkapi: Komitmen Kuat Berantas Penyuapan

Direktur Eksekutif Lemkapi Edi Hasibuan mengapresiasi keakraban Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo Didalam Jaksa Agung Sanitar Burhanuddin Ke Istana. Foto/Raka Dwi/SINDOnews

JAKARTA – Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian (Lemkapi) Edi Hasibuan mengapresiasi keakraban Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo Didalam Jaksa Agung Sanitar Burhanuddin Ke Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (27/5/2024). Menurut Edi, keakraban tersebut Menunjukkan kedua institusi itu berkomitmen pemberantasan Penyuapan.

“Keakraban Kapolri Didalam Jaksa Agung Ke Istana Bangsa patut diapresiasi. Kekompakan ini Menunjukkan kepada publik bahwa kedua tokoh pimpinan penegak hukum ini sama-sama Memperoleh komitmen yang kuat Sebagai memberantas kejahatan Penyuapan Di pertambangan,” kata Edi Di dihubungi, Senin (27/5/2024).

Pertemuan Antara Kapolri dan Jaksa Agung itu berlangsung Ke Di Topik ketegangan Antara Kejagung Didalam Polri. Topik ketegangan itu muncul Setelahnya adanya dugaan penguntitan personel Densus 88 Pada Jaksa Agung Muda bidang Pidana Khusus (Jampidsus) Febrie Adriansyah Ke sebuah restoran Prancis Ke kawasan Cipete, Jakarta Selatan, Minggu (19/5/2024).

Tetapi Edi merasa, tidak ada pertikaian Antara kedua institusi penegak hukum tersebut. Ia menilai, kekompakan Antara Sigit dan Burhanuddin Memberi kesejukan.

“Kami melihat tidak ada persoalan Antara Polri dan Kejaksaan. Kekompakan mereka membawa kesejukan dan keakraban mereka meyakinkan Komunitas bahwa Polri dan Kejaksaan sama-sama berkomitmen memberantas Penyuapan Di bidang pertambangan,” kata dosen pascasarjana Universitas Bhayangkara Jakarta ini.

Ia menilai, komitmen Polri dan Kejaksaan saling mendukung Sebagai memberantas Penyuapan Di bidang pertambangan. Semua penegakan hukum yang dilakukan Kejaksaan, menurutnya, didukung penuh Dari kepolisian, termasuk memproses secara hukum jika ada oknum anggota Polri dan pensiunan jenderal polisi sekalipun yang terlibat Di Penyuapan tambang.

“Kami yakin tidak ada yang ditutupi. Kalau ada yang terbukti pasti Berencana diproses secara hukum,” kata pemerhati kepolisian ini.

Sebelumnya, Jaksa Agung dan Kapolri tampak kompak Di Berpartisipasi Di peluncuran Government Technology (GovTech) INA Digital Ke Istana Bangsa, Jakarta, Senin (27/5/2024).

Di pertemuan tersebut, Jaksa Agung tampak menyambut jabat tangan Di Kapolri. Keduanya lalu bersalaman sambil saling tersenyum. Setelahnya itu, keduanya duduk Ke satu barisan yang sama, yaitu deretan paling Didepan yang menghadap langsung Di Kepala Negara Jokowi dan Wakil Kepala Negara Ma’ruf Amin.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Kapolri dan Jaksa Agung Akrab Ke Istana, Lemkapi: Komitmen Kuat Berantas Penyuapan