Wisata  

Aliran Piroklastik Bakalan Diusulkan Karena Itu Geopark Nasional



Sleman

Kawasan aliran piroklastik Di Kelurahan Agromulyo, Sleman diusulkan menjadi geopark nasional. Ada sejarah erupsi Gunung Merapi 2010 Di sana.

Pantauan detikJogja Di lokasi geosite, kawasan itu berbentuk museum terbuka. Lokasinya berada persis Di pinggir jalan.

Di sisi utara, terdapat bekas Rumah warga yang tinggal temboknya Sebab dilalui awan panas. Sambil Itu Di sisi selatan jalan, terdapat tumpukan material yang merupakan sisa aliran piroklastik Untuk erupsi Merapi 2010.


Komunitas pun bisa mendekat dan melihat secara langsung lapisan piroklastik yang mengubur satu Rumah Di sana. Akan Tetapi, Sebagai Di Hingga lokasi itu, warga harus melewati jalan yang kurang mulus sepanjang Di 500 meter.

Sebagai diketahui, Bakalan berada Di jarak Di 12 kilometer Untuk puncak Merapi. Di erupsi 5 November 2010, aliran awan panas mencapai jarak lebih Untuk 13 kilometer dan mengubur Dusun Bakalan.

Perencana Ahli Muda Bappeda Sleman, Boby Rozano, mengatakan aliran piroklastik Di Bakalan menjadi satu Untuk tujuh geosite yang diusulkan menjadi geopark tingkat nasional. Sebelumnya, sudah ada situs gunung Gamping yang juga diajukan.

“Sebagai pengusulan Geopark Jogja sebagai Geopark Nasional, Di Sleman terdapat tujuh geosite,” kata Boby kepada wartawan, Jumat (26/7/2024).

Boby menjelaskan, keunikan aliran piroklastik Bakalan, Untuk sisi geologi adalah sebagai bukti terkini Untuk peristiwa Kegiatan Gunung Merapi yang Merasakan erupsi dahsyat 2010.

“Dikenal Di dunia Di tipe Letusan Merapi, menghasilkan aliran material piroklastik (wedhus gembel) yang menimbun permukiman Di Dusun Bakalan yang berjarak 12 km Untuk puncak Merapi, sekaligus sebagai tonggak pentingnya upaya pengurangan risiko bencana Gunungapi Merapi,” urainya.

Boby memerinci, tujuh situs warisan geologi Di Sleman Untuk total 15 geosite yang ada Di Geopark Jogja, meliputi kompleks perbukitan intrusi Godean, kompleks batuan Merapi tua Di Turgo-Plawangan Pakem, aliran piroklastik Bakalan Di Kapanewon Cangkringan, Tebing Breksi piroklastik purba Sambirejo, rayapan tanah Nglepen Di Kapanewon Prambanan, lava bantal Berbah, dan batugamping eosen Di Kapanewon Gamping.

“Alasan pengajuan tujuh geosite Sebagai menjadi geopark nasional yaitu selain Sebagai melindungi dan melestarikan situs-situs geoheritage yang Memiliki keunikan geologi yang khas. Juga Sebagai dapat memanfaatkan taman bumi berskala nasional secara berkelanjutan, yang Di akhirnya dapat Memperbaiki Keadaan Komunitas Di Kawasan Geopark Jogja, terutama Di Kabupaten Sleman,” ujarnya.

Dia melanjutkan proses pengusulan Di ini berada Di tahap verifikasi Di Skuat Verifikasi Geopark Nasional (TVGN) yang dibentuk Di Badan Geologi, Kementerian ESDM.

“Kalau menurut jadwal, Skuat Berencana melaksanakan pleno Di bulan Oktober. Karena Itu kemungkinannya akhir tahun 2024, atau awal tahun 2025 sudah ada penetapan,” ujarnya.

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Perjalanan Hingga Luarnegeri Sleman, Ishadi Zayid mengatakan kawasan museum terbuka Bakalan Sebagai Di ini masih belum dikelola secara maksimal.

“Nanti kan pengelolaannya bisa aja itu kita kembangkan menjadi sebuah destinasi wisata Pembelajaran kan, Sebab Di museum Bakalan itu juga endapan lava Merapi itu berlapis-lapis,” kata Ishadi.

Ishadi bilang, Di ini pemerintah masih mencari skema pengelolaan, dan penambahan fasilitas.

“Iya, Sebab jalannya juga kan kalau misalnya menjadi destinasi wisata, akses jalan masuknya kan masih kayak gitu (rusak). Ya lambat laun ini, Terbaru tahun ini kita mulai intens Sebagai membicarakan bagaimana Lalu skema pengelolaannya museum Bakalan itu,” ucapnya.

****

Artikel ini telah tayang Di detikJogja.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Aliran Piroklastik Bakalan Diusulkan Karena Itu Geopark Nasional