Wisata  

Pilot Susi Air Berhasil Bebas Sesudah 1,5 Tersandera, Berikut 7 Faktanya



Jakarta

Kepuasan Pilot Susi Air, Pemimpin Philip Mark Mehrtens sempat mengkhawatirkan berbagai pihak lantaran disandera Bersama KKB Disekitar 1,5 tahun. Kini, ia berhasil bebas lewat upaya yang dilakukan Satgas Operasi Damai Cartenz gabungan TNI-Polri.

Pilot asal Selandia Mutakhir itu diculik dan disandera Sebelum 7 Februari 2023, usai pesawat milik maskapai Susi Air yang dipilotinya dibakar Di Lapangan Terbang Paro, Nduga, Papua Pegunungan. Di Disekitar 19 bulan tersandera, akhirnya Pilot Philip dibebaskan Di Sabtu (21/9/2024).

Berikut ini 7 Fakta Kejadiannya:

1. Adanya Proposal Pembebasan Pilot Philip

Polri Menginformasikan KKB sempat menawarkan proposal pembebasan pilot Susi Air, Pilot Philip. Kepala Satgas Humas Operasi Damai Cartenz 2024, Kombes Bayu Suseno, Mengungkapkan timnya mempelajari isi proposal tersebut.


“Pentingnya kami memastikan bahwa proposal ini benar-benar upaya serius Sebagai membebaskan pilot, mengingat KKB Sebelumnya Itu kerap membuat propaganda serupa yang tidak terealisasi,” kata Kombes Bayu Di keterangannya, Rabu (18/9).

Pernyataan Egianus Kogoya, pimpinan KKB, Yang Berhubungan Bersama pembebasan Pilot Philip itu juga sempat beredar Di media sosial (medsos). Di pernyataan tersebut, KKB Mengintroduksi sebuah proposal pembebasan pilot.

Proposal itu diterbitkan Di Selasa (17/9) dan menunjuk fasilitator Sebagai mediasi pembebasan Pemimpin Philip Mark Mehrtens. Menurut juru bicara KKB, Sebby Sambon, proposal ini Sebagai merespons Permintaan yang Di ini disuarakan Bersama berbagai pihak.

2. Upaya Soft Approach Membuahkan Hasil

Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah Republik Indonesia Sebagai membebaskan Pilot Philip. Kaops Damai Cartenz 2024 Brigjen Pol Dr Faizal Ramadhani mengatakan Satgas Operasi Damai Cartenz 2024 Di ini mengedepankan upaya soft approach.

“Ya benar, kami mengedepankan pendekatan Melewati tokoh agama, tokoh gereja, tokoh adat dan keluarga Didekat Bersama Egianus Kogoya. Pendekatan ini penting dilakukan Sebagai meminimalisir jatuhnya korban jiwa baik Bersama aparat, Kelompok sipil dan sekaligus menjaga keselamatan Bersama pilot itu sendiri,” kata Faizal, Sabtu (21/9).

Sesudah sekian lama melakukan pendekatan Bersama berbagai tokoh tersebut, akhirnya membuahkan hasil. Di hari Sabtu (21/9), Pilot Philip berhasil dijemput Bersama Skuat Gabungan TNI-Polri yang tergabung Di Satgas Damai Cartenz 2024.

3. Kepuasan Pilot Philip Usai Dibebaskan: Sehat

Pilot Philip berhasil dibebaskan dan dijemput Bersama Skuat gabungan yang bertempat Di Kampung Yuguru, Distrik Maibarok, Nduga, Papua Pegunungan. Sesudah itu, Pilot Philip langsung diterbangkan Hingga Mako Brimob Batalyon B/Timika.

“Ya benar sekali, hari ini kami berhasil menjemput Pilot Philip Di keadaan sehat. Pilot kami terbangkan Bersama Nduga langsung Ke Timika,” jelas Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2024, KBP Dr Bayu Suseno.

Berikutnya, Pilot Philip langsung dibawa Hingga ruangan khusus Sebagai dilakukan mitigasi medis sekaligus memastikan Kepuasan psikologisnya Di keadaan stabil. Pada ini Philip berada Di Mako Polda Papua dan kondisinya sehat.

4. Kepala Negara Jokowi Apresiasi Upaya TNI-Polri

Kepala Negara Joko Widodo (Jokowi) turut merespons soal bebasnya pilot Susi Air, Pemimpin Philip Mark Mehrtens, Bersama KKB Di Papua. Jokowi mengapresiasi TNI-Polri yang telah melakukan proses Perundingan panjang.

“Ya ini kan proses Perundingan yang sangat panjang dan kesabaran kita Sebagai tidak melakukan Bersama represif Supaya yang kita prioritaskan adalah keselamatan Bersama pilot yang disandera hingga proses panjang yang telah dilakukan TNI/Polri sudah sangat bagus, saya sangat mengapresiasi,” kata Jokowi, Sabtu (21/9/).

5. Pernyataan Bersama Menlu-PM Selandia Mutakhir

Pihak Bersama pemerintah Selandia Mutakhir mengaku lega atas pembebasan warga negaranya itu. Pejabat Tingginegara Luar Negeri (Menlu) Selandia Mutakhir Winston Peters menuturkan, pemerintah memastikan Kepuasan Mehrtens “selamat dan baik-baik saja” Sesudah berhasil dibebaskan Bersama KKB.

“Kami merasa senang dan lega mengonfirmasi bahwa Philip Mehrtens selamat dan baik-baik saja, serta dapat berbicara Bersama keluarganya,” ujar Peters Di pernyataannya, seperti dilansir AFP, Sabtu (21/9/2024).

Sambil Itu, Perdana Pejabat Tingginegara (PM) Selandia Mutakhir Christopher Luxon menyampaikan apresiasi kepada otoritas Indonesia Sesudah warga negaranya, Pemimpin Phillip, berhasil dibebaskan Bersama KKB Di Papua Sesudah 19 bulan Di penyanderaan.

“Saya bersyukur Phillip Mehrtens telah dibebaskan Sesudah lebih Bersama 19 bulan Di penyanderaan. Saya mengapresiasi semua pihak Di Indonesia dan Selandia Mutakhir yang telah mendukung hasil positif ini Bagi Philip dan keluarganya,” kata Luxon Di pernyataan via media sosial X, dilansir detikcom, Sabtu (21/9/2024).

6. Hubungi Istri, Nyatakan Kepuasan Aman-Sehat

Philip juga sempat menghubungi istrinya, Ria Lestari, Melewati video call Sesudah dibebaskan personel TNI-Polri. Nantinya Mabes Polri Akansegera menindaklanjuti soal kepulangan Philip Hingga Selandia Mutakhir. Philip sendiri juga Mengungkapkan dirinya Di “Kepuasan aman dan sehat”.

“Saya akhirnya sudah keluar,” kata Philip Di jumpa pers Di Lanud Yohanis Kapiyau, Timika, Mimika, Sabtu (21/9). Philip mengaku senang Sebab bisa bertemu lagi Bersama keluarga. “Saya senang sekali saya sudah bisa sekarang pulang dan (bersama) keluarga saya lagi,” tambahnya.

7. Pilot Philip Telah Diterbangkan Hingga Jakarta

Sesudah diadakan konferensi pers Di Lanud Yohanis Kapiyau Timika, Pilot Philip langsung diterbangkan Hingga Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta. Pilot Philip didampingi Bersama rekannya sesama pilot maskapai Susi Air, Pemimpin Hafiz.

_______________________

Baca artikel selengkapnya Di detikNews

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Pilot Susi Air Berhasil Bebas Sesudah 1,5 Tersandera, Berikut 7 Faktanya