Bisa Dari Sebab Itu Tanda Penyakit, Kenali Warna-Bentuk Lidah yang Perlu Diwaspadai

Jakarta

Perubahan Kebugaran atau warna lidah rupanya dapat menjadi salah satu tanda ada masalah Di Kesejaganan seseorang. Profesor Institut Kesejaganan Mulut Eastman, Universitas Rochester Dr Yanfang Ren menuturkan bentuk, warna, dan tekstur lidah seseorang bisa Menyediakan wawasan tentang status Kesejaganan.

“Lidah sangat penting Untuk banyak fungsi vital kita. Lidah membantu kita menelan, bernapas, berbicara, dan berpose lucu Di foto,” kata Ren dikutip Di The Guardian, Jumat (4/10/2024).

Meski begitu, tidak semua perubahan bentuk lidah menjadi sebuah tanda bahaya. Perubahan bentuk lidah juga dapat dipengaruhi Dari Minuman dan minuman yang dikonsumsi. Perubahan warna lidah juga dapat berasal Di Terapi yang Lagi digunakan.


Berikut ini adalah beberapa perubahan warna umum Ke lidah yang Mungkin Saja perlu diperhatikan:

1. Merah Cerah

Lidah Di warna merah cerah yang disertai Di tekstur bergelombang seringkali disebut sebagai ‘lidah stroberi’. Kebugaran ini dapat menandakan sejumlah Kebugaran tertentu seperti alergi, Penyakit kawasaki, sindrom syok toksik, demam berdarah, hingga kekurangan vitamin B12.

2. Bercak Putih

Kemunculan bercak putih Ke lidah dapat menandakan Kebugaran yang berbeda-beda, tergantung Di teksturnya. Bercak putih susu yang terasa sakit Di disikat bisa menjadi tanda oral thrush atau kandidiasis oral.

Kebugaran tersebut termasuk jenis Penyakit Menyebar jamur yang lebih umum terjadi Ke bayi, balita, orang berusia Ke atas 65 tahun, dan orang yang Memperoleh sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Jika bercak putih tersebut tebal dan tidak dapat dikikis, itu bisa menjadi tanda leukoplakia. Kebugaran tersebut terkadang Dikatakan sebagai Kebugaran pra-kanker.

3. Kekuningan

Warna lidah yang kekuningan atau kehijauan bisa menjadi tanda orang tersebut tidak menjaga kebersihan mulutnya Di baik. Warna kotoran ini juga cenderung lebih banyak menumpuk Ke seseorang yang merokok.

NEXT: Lidah menghitam tanda apa?

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Bisa Dari Sebab Itu Tanda Penyakit, Kenali Warna-Bentuk Lidah yang Perlu Diwaspadai