Sensasi Makan ‘B2 Guling’ Bebek Peking yang Dimarinasi 24 Jam

Jakarta

Liburan Hingga Bali ingin cicip sajian bebek berbeda? Bebek guling Untuk Paon Dwaji layak dicoba. Kelezatannya konon menyamai Babi Guling hingga banyak disebut sebagai B2 Guling ‘halal’ Di pembeli.

Minuman ayam dan bebek Hingga Bali tak terhitung jumlahnya. Tiap tempat pastinya punya bumbu, gaya masak, dan racikan tersendiri hingga memikat selera pembeli.

Akan Tetapi belakangan ada tempat makan bebek Hingga Denpasar Barat yang ramai dibicarakan Lantaran keunikan yang ditawarkan. Tempat makan ini juga disebut sebagai ‘hidden gems’ Lantaran lokasinya tersembunyi Hingga Untuk gang.


Popularitasnya meroket usai diliput banyak konten kreator Sebelum pertengahan tahun lalu. Menu yang ditawarkan hanya bebek dan ayam Di 3 olahan spesial yaitu panggang, guling, dan betutu.

Paon Dwaji dirintis Sebelum 2017

Pintu masuk Paon Dwaji yang areanya berupa pekarangan Rumah. Foto: Andi Annisa DR/detikfood

detikfood bertemu Di I Dewa Made Oka (23/5/2024) selaku pemilik Paon Dwaji. Ia menceritakan usahanya sudah dirintis Sebelum 2017. “Semuanya Masuk, nggak direncanakan (Usaha Minuman). Ngikutin kata hati, permintaan pembeli juga, minta ini coba bikin ini,” katanya mengawali cerita.

Sebelumnya Itu Pak Oka tidak Memperoleh latar Di Hingga dunia Minuman. Ia adalah seorang pekerja serabutan. “Pertukangan juga (dikerjakan),” lanjutnya.

Pada merintis Paon Dwaji, menu pertama yang dijual adalah ayam panggang. Ayamnya bisa memakai ayam kampung atau ayam negeri, tapi harus preorder H-1.

Penjualannya juga tidak langsung, tetapi via Inisiatif online. Pak Oka mengatakan, “Terlahir Untuk jualan online, sampai sekarang pun masih jualan online. Orang beli takeaway masih 90%, yang dine-in Di 10%.”

Menu bebek guling disebut ‘B2 halal’

Paon Dwaji: Sensasi Makan 'B2 Guling' Bebek Peking yang Dimarinasi 24 JamI Dewa Made Oka Menunjukkan bebek guling yang Mutakhir dikeluarkan Untuk oven panggang. Foto: Andi Annisa DR/detikfood

Bebek guling yang Di Sebab Itu menu andalan Paon Dwaji tergolong menu Mutakhir Lantaran Mutakhir ada Di 4 tahun. “Pas Penyebara Nmassal Covid-19 itu. Banyak orang yang bikin ayam guling Hingga luaran, mereka nanya Hingga saya ‘Ada ayam guling nggak?’. Di Sebab Itu saya terinspirasi,” kata Pak Oka.

Ia pun kini menciutkan menu yang dijual agar tak kewalahan Untuk memproduksinya. Kini Di Umumnya menunya terbagi atas 3 bahan yaitu ayam kampung, ayam negeri, dan bebek. Olahannya juga ada 3 yaitu, panggang, guling, dan betutu.

Diakui Pak Oka, bebek guling Hingga sini banyak disebut sebagai B2 halal Lantaran berbahan bebek. Proses pembuatannya kurang lebih sama Di B2, tapi alat masaknya yang berbeda.

“Kalau babi guling kan masaknya secara tradisional diputar. Kalau ini pakai alat panggang modern, pakai oven gas,” katanya. Meski begitu, masih ada unsur tradisional yang dipakai yaitu bebek dipanggang bersama sabut kelapa.

Bebek guling disajikan utuh, termasuk kepala dan kakinya. Hal ini Yang Berhubungan Di asal-usul menu pertama yang dibuat Pak Oka.

“Untuk awal jual utuh, Lantaran berawal Untuk dijual Hingga tetangga Bagi sesajen. Lantaran kan kalau sesajen harus utuh. Bagi banten (namanya), tapi sekarang merambah Hingga konsumsi sehari-hari. Kalau sekarang lebih banyak pesan Bagi konsumsi harian. Di Sebab Itu tingkat penjualannya lebih tinggi,” tuturnya.

Bebek Peking dan marinasi 24 jam Di Sebab Itu Kunci kelezatan

Paon Dwaji: Sensasi Makan 'B2 Guling' Bebek Peking yang Dimarinasi 24 JamPegawai Paon Dwaji memotong-motong bebek guling Sebelumnya disajikan Hingga pelanggan. Foto: Andi Annisa DR/detikfood

Pak Oka menuturkan pernah mencoba bebek lokal Bali dan bebek hibrida Bagi membuat bebek guling. Akan Tetapi Pada ini ia menemukan bebek Peking yang paling pas.

“Bagusnya itu (bebek Peking) dagingnya lebih tebal dan lemaknya lebih sedikit. Baunya nggak amis. Memang kalau tutup mata, nyicipin ini sama (seperti B2 guling). Lantaran bebek sama babi itu sama-sama berlemak, Di Sebab Itu hampir sama,” kata Pak Oka.

Bagi membuatnya, bebek Peking dimarinasi Di bumbu rempah khas Bali yaitu basa genep Di 24 jam. “Yang dimasak hari ini, kita marinasi kemarin,” kata Pak Oka.

Komposisi bumbu basa genep bisa memakai 15-20 jenis rempah. Empat yang banyak dipakai yaitu kunyit, kencur, lengkuas, dan jahe.

Lanjutnya, bebek guling diisi Di daun singkong yang juga sudah dibaluri bumbu basa genep. “Mutakhir dipanggang 1,5-2 jam. Suhunya relatif Di 200 derajat Celcius, tergantung loadingnya,” kata Pak Oka.

Ia mengaku tak ada rahasia atau trik khusus Untuk membuat bebek guling. Pak Oka melanjutkan, “Cuma memang istilahnya kita harus kreatif terus. Sampai sekarang pun saya nggak berhenti, bagaimana Merasakan hasil yang lebih baik.”

Bagaimana kelezatan bebek guling Hingga Paon Dwaji? Baca halaman Lanjutnya.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Sensasi Makan ‘B2 Guling’ Bebek Peking yang Dimarinasi 24 Jam